Pengaruh Pandemi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah Anwarussalam Padalarang

Yulianti Yulianti, Abdur Rahim

Abstract


Science holds a significant place in Islam, as evidenced by Qur'anic passages that speak of intelligent individuals holding a high and honourable status. Education will foster the development of an environmentally friendly community. Indonesia is currently battling a COVID-19 pandemic. This has ramifications in many sectors of life, including education. Online schooling is being used to combat the COVID-19 pandemic (remotely). Because learning will take place online during the COVID-19 epidemic, it will undoubtedly alter how learning takes place and student learning results. The purpose of this study was to ascertain the pandemic's effect on the learning outcomes of students in class III studying fiqh at Madrasah Ibtidaiyah Anwarussalam Padalarang. This research use quantitative approaches, including surveys, interviews, and observation, to collect data. Techniques for data analysis in research utilizing the normalcy test The Kolmogorov-Smirnov and hypothesis testing procedures used in this study are straightforward linear regression analysis. The findings indicated that the data in this investigation had a normal distribution. The coefficient of determination calculation reveals that the R2 of 0.757% indicates that the pandemic has an effect on student learning outcomes in the subject of jurisprudence. With a value of 0.000 0.05 for the simple linear regression test, it is established that the influence of pandemic (X) has an effect on student learning outcomes in fiqh topics (Y).

Keywords: Pandemic; The Results of The Learning.

 

Abstrak:

Ilmu dalam ajaran Islam memiliki kedudukan yang penting, hal ini terlihat dari banyaknya ayat Al-Qur’an yang memandang orang berilmu dalam posisi yang tinggi dan mulia. Pendidikan akan membentuk masyarakat yang bermanfaat untuk lingkungan sekitar. Indonesia saat ini sedang mengalami pandemi COVID-19. Hal ini berdampak pada segala bidang kehidupan, salah satunya bidang pendidikan. Pelaksanaan pendidikan di masa pandemi COVID-19 dilakukan daring (jarak jauh). Karena pembelajaran selama pandemi COVID-19 dilakukan secara daring maka tentunya akan memengaruhi cara belajar dan hasil pembelajaran siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pandemi terhadap hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran fikih di Madrasah Ibtidaiyah Anwarussalam Padalarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner,  wawancara, dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan uji normalitas Kolmogorov Smirnov dan teknik pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan data pada penelitian ini berdistribusi normal. Hasil perhitungan koefisien determinasi menunjukkan bahwa R2 sebesar 0,757% artinya pandemi mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih. Nilai uji regresi linear sederhana sebesar 0,000 < 0,05, sehingga disimpulkan bahwa pengaruh pandemi (X) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih (Y).

Kata Kunci: Pandemi, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Dewi, W.A.F. 2020. “Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar”. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol.2, No.1.

Fitri, Nurhaida dan Idris, Mahsyar. 2019. “Nilai Pendidikan Islam dalam Al- Quran Surah Luqman Ayat 1-19: Tinjauan Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik”. Al-Musannif: Journal of Islamic Education and Teacher Training. Vol.1, No. 1.

Hardani et al. 2020. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Ilmu.

Jannah, M., Ruwaida, H. dan Mauizdati N. 2021. "Problematika Pembelajaran Daring di Madrasah Ibtidaiyah", Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 5, No. 2, 183-194. 10.35931/am.v5i2.610

Mawardani, I.D. dan Ningsih, S.S. 2022. "Pembelajaran Matematika Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Masa Pandemi Covid-19", Jurnal Basicedu, Vol. 6, No. 2 2681-2686. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Prawiyogi, Anggy Giri et al. 2020. “Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Pembelajaran Siswa di SD IT Cendekia Purwakarta”. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol.11, No. 1.

Purwanto, Agus et al. 2020. “Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar”. Journal of Education, Psychology, and Counseling, Vol.2, No.1.

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Saleh, N.R, Syaikhon, M. dan Machmudah. 2022. "Efektivitas Pembelajaran Daring dalam Pembelajaran Fikih di Kelas III MIN 1 Pasuruan Desa Gunung Gangsir Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan". Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Vol. 18, No. 1, 60-71. http://www.jurnal.staidagresik.ac.id/index.php/attaqwa/article/view/214/136

Siahaan, Matdio. 2020. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan”. Jurnal Kajian Ilmiah, Vol. 20, No. 2.




DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v9i2.25603 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.