Metode Pendidikan Kontekstual, Persuasif dan Komprehensif
Abstract
The method of education and teaching conveyed by the Prophet Muhammad in a contextual and comprehensive manner is an integral part contained in the Koran. So that Muslims can make it as an example in carrying out educational and teaching activities. The educational behavior of the Prophet has drastically changed the lives of people in the Arabian Peninsula and then spread and influenced people all over the world. The research method in this paper uses qualitative research methods with a literature approach. The results of the study state that contextual, persuasive and comprehensive education methods are needed in shaping the character of mankind.
Keywords: Method; Contextual; Persuasive, Comprehensive
Abstrak:
Metode pendidikan dan pengajaran yang disampaikan Nabi Muhammad secara kontekstual dan komprehensif merupakan bagian integral yang tertuang dalam al-Quran. Sehingga umat Islam dapat menjadikannya sebagai teladan dalam melakukan kegiatan pendidikan dan pengajaran. Perilaku mendidik yang dilakukan Nabi telah merubah secara drastis kehidupan masyarakat di Jazirah Arabia dan kemudian menyebar dan mempengaruhi masyarakat di seluruh penjuru dunia. Metode penelitian dalam tulisan ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan literatur. Hasil penelitian menyatakan bahwa metode pendidikan kontekstual, persuasif dan komprehensif sangat dibutuhkan dalam membentuk karakter umat manusia.
Kata Kunci: Metode; Kontekstual; Persuasif, Komprehensif.
Full Text:
PDFReferences
Al Mubarakfuri, Syaikh Shafiyyurrahman. (1997). Sirah Nabawiyah, terjemah: Jakarta, Pustaka al-Kautsar.
Al-Ghazali, Imam. “Ihya’ Ulum al-Din, II, hal 194, 196.
Haekal, Muhammad Husain. Sejarah Hidup Muhammad, Jakarta, Litera antar Nusa.
Hafiun, Muhammad. (2017). Zuhud Dalam Ajaran Tasawuf, HISBAH Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam 14(1):77-93. DOI: 10.14421/hisbah.2017.141-07
Halmar, Mustopa. (2012). Metode Komprehensif Dalam Pendidikan Karakter, Majalah Ilmiah Sultan Agung, Vol 50, No 128.
Harun, Makmur Haji HarunMakmur Haji. (2015). Pendidikan Sebagai Warisan Islam: Kajian dalam Perspektif Sejarah. October 2015. DOI: 10.13140/RG.2.1.4272.8400
Junaidi, Maqsood. (2016). Perang Dan Jihad Dalam Perspektif Fiqh Siyasah Dauliyah (Telaah Historis Berbasis Teks Suci). Law and Justice 1(1):65. DOI: 10.23917/laj.v1i1.2861
Kastolani. (2016). Ibadah Ritual Dalam Menanamkan Akhlak Remaja, Inject, Interdisciplinary Journal of Communication, Vol. 1, No. 2, Desember: 127-144
Maulida, Ali. (2015). Metode dan evaluasi pendidikan akhlak dalam hadits nabawi. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam Vol. 04, Januari.
Syafi’fi, Antonio, (2015). Muhammad SAW the Super Leader dan Super Manager, ProLM & Tazkia Pubilishing.
Triana, Rumba. (2018). Internalisisi Jihad Dalam Pendidikan Karater, Edukasi Islam, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 07, Nomor 1. DOI: 10.30868/ei.v7i01.208
Wijaya, Aksin. (2016), Sejarah Kenabian, Dalam Prespektif Tafsir Nuzuli Muhammad Izzat Darwazah, Mizan.
DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v9i2.25579 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.