Manajemen Bimbingan Manasik Haji dan Umrah pada Kelompok Bimbingan Manasik Haji dan Umrah (KBIHU) Daarul Istiqoomah Bogor

Mujiono Edi Purwito, Sobirin Sobirin, Ahmad Asrof Fitri

Abstract


KBIHU Daarul Istiqoomah Bogor is a non-governmental organization dedicated to guiding and assisting pilgrims on their Hajj and Umrah journeys. Of course, guidance to prospective pilgrims for Hajj and Umrah cannot be isolated from management applications, one of which is guidance for Hajj and Umrah rites. This study employs a qualitative methodology in conjunction with a descriptive approach. The findings indicated that the Hajj and Umrah rituals were well managed at KBIHU Daarul Istiqoomah Bogor. KBIHU Daarul Istiqoomah Bogor manages itself through four management functions: planning, organizing, mobilizing, and supervising. The supporting factor in terms of management is the well-planned manasik guidance, which has been carried out well due to its effective and efficient guidance methods, on-time scheduling, and KBIHU Daarul Istiqoomah Bogor's reputation as a trusted hajj and umrah guidance group in the surrounding community. The impediment to guidance activities for Hajj and Umrah rituals is that certain pilgrims are not of productive age, necessitating an adjustment in the application of their advice.

Keywords: Manasik, KBIHU, Management, Hajj, Umrah.

 

Abstrak

KBIHU Daarul Istiqoomah Bogor adalah salah satu lembaga non pemerintah yang bergerak di bidang penyelenggaraan bimbingan dan pendampingan ibadah haji dan umrah. Dalam menjalankan penyelenggaraan bimbingan kepada calon jamaah haji dan umrah tentunya tidak lepas dari penerapan manajemen, salah satunya manajemen bimbingan manasik haji dan umrah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif.  Hasil penelitian menunjukkan manajemen bimbingan manasik haji dan umrah pada KBIHU Daarul Istiqoomah Bogor sudah baik. Pada penerapan fungsi manajemennya KBIHU Daarul Istiqoomah Bogor menerapkan empat fungsi manajemen yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Faktor pendukung dalam segi manajemen adalah perencanaan bimbingan manasik yang dilakukan sudah baik karena memiliki metode bimbingan yang efektif dan efisien, penjadwalan tepat waktu, dan KBIHU Daarul Istiqoomah Bogor dikenal oleh masyarakat sekitar sebagai kelompok bimbingan haji dan umrah yang terpercaya. Faktor penghambat dalam kegiatan bimbingan manasik haji dan umrah adalah sebagian jama’ah sudah tidak dalam usia yang produktif sehingga penerapan bimbingannya harus menyesuaikan.

Kata Kunci: Manasik, KBIHU, Manajemen, Haji, Umrah.


Full Text:

PDF

References


Asmani. J.M. (2010). Panduan Efektif Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta:

Diva Press.

Dwiyama, Fajri. (2018). Unsur Manajemen Dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 7, No. 1.

Gesi, Burhanudin et al. 2019. "Manajemen dan Eksekutif". Jurnal Manajemen. Vol. 3, No. 2.

Japeri. (2017). "Pengaruh Prediket Haji Mabrur terhadap Motivasi Manasik Calon Jamaah Haji". Maqdis: Jurnal Kajian Ekonomi. Vol. 2, No. 1

Miti Yarmumida. (2017). Fiqih Haji dan Umrah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moleong, L. J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munir dan Wahyu Ilaihi. (2015). Manajemen Dakwah. Jakarta: Kencana.

Nidjam, A., & Hanan, A. (2003). Manajemen Haji. Jakarta: Zikrul Hakim.

Noor, M. 2018. "Haji dan Umrah". Jurnal Humaniora dan Teknologi. Vol. 4, No. 1.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sukarna. (2011). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: CV Mandar Maju.

Sukayat, T. (2016). Manajemen Haji, Umrah, dan Wisata Agama. Bandung; Simbiosa Reaktama Media.

Supomo, R. (2019). Pengantar Manajemen. Bandung: YRAMA WIDYA.

Tim Syaamil Quran. (2011). Al-Qur'an Fadhilah Terjemah dan Transliterasi Latin. Bandung: Sygma.

Torang. (2015). Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Tuntunan Manasik Haji Kemenag RI, 2020.

Usman, Sinaung. (2016). Fungsi Manajemen dalam Prakteknya. Jakarta: Rineka Cipta.

Winkel, W.S. (2005). Bimbingan dan Konseling di Intitusi Pendidikan, Edisi Revisi. Jakarta: Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v9i2.25452 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.