Efektifitas Penggunaan Poster Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa Madrasah Ibtidaiyah Swasta Darussalam Sukaslamet Indramayu
Abstract
From several research results, it is known that there is a tendency for students to have low skills in writing narrative essays as part of Indonesian language learning materials in elementary schools, including Madrasah Ibtidaiyah. This is suspected to have something to do with the method used. Therefore, it is necessary to renew the use of appropriate methods or strategies. One method that can be used is the examples non-examples method, where poster media is used as a means of delivering material. This study aimed to determine the effect of poster media on narrative essay writing skills in odd semester fifth-grade students at Madrasah Ibtidaiyah Swasta Darussalam Sukaslamet, Indramayu. This research was conducted from February to August 2018. The type of research used was quasi-experimental, with 16 research subjects, consisting of 12 men and 4 women. The design used is the Kemmis & Mc model. Taggart with 4 (four) stages, namely planning, implementation, observation, and reflection. The results showed: 1) The control class, which consisted of 16 people, 5 people (31.25%) of whom got a score of 7.5 or according to the Minimum Completeness Criteria (KKM) standard; 2) The experimental class, which consisted of 16 people, 11 people (68.75%) of whom scored above 7.5 or above the KKM standard. It can be concluded that the use of poster media in learning Indonesian in class V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Darussalam Sukaslamet, Indramayu has an effect on students' skills in writing narrative essays.
Keywords: Effectiveness; Write; essay; Narrative; Media; Poster
Abstrak
Dari beberapa hasil penelitian diketahui adanya kecenderungan rendahnya keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi sebagai bagian dari materi pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah tingkat dasar, termasuk Madrasah Ibtidaiyah. Hal ini diduga ada kaitannya dengan metode yang digunakan. Oleh karena itu diperlukan adanya pembaharuan penggunaan metode atau strategi yang tepat. Salah satu metode yang dapat digunakan yaitu metode examples non examples, di mana media poster digunakan sebagai alat penyampai materi. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh media poster terhadap keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V semester gasal di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Darussalam Sukaslamet, Indramayu. Penelitian ini dilaksanakan mulai Februari sampai Agustus 2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu, dengan subjek penelitian berjumlah 16 orang, terdiri atas laki-laki 12 orang dan perempuan 4 orang. Desain yang digunakan adalah model Kemmis & Mc. Taggart dengan 4 (empat) tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kelas kontrol, yang berjumlah 16 orang, 5 orang (31,25%) di antaranya mendapat nilai 7,5 atau sesuai dengan standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM); 2) Kelas eksperimen, yang berjumlah 16 orang, 11 orang (68,75%) diantaranya mendapat nilai di atas 7,5 atau di atas standar KKM. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media poster dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Darussalam Sukaslamet, Indramayu berpengaruh terhadap keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi.
Kata kunci: Efektivitas; Menulis; Karangan; Narasi; Media; Poster
Full Text:
PDFReferences
Sumber Jurnal:
Bachri, B. 2012. Meyakinkan Validasi Data Melalui Triangulasi. www.yusuf.staff.ub.ac.id, hal. 56. Pdf—. [27 April 2018 03:15 WIB].
Dewi, A. S. 2016. Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Konawa Selatan. Jurnal HUMANIKA, Vol. 1, No. 16, hal. 2.
Dinarti, D. 2013. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Metode Peta Pikiran dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal UNTAN, hal. 7& hal. 21.
Dwi, G. 2012. Deskripsi Teori. Hal. 7. Pdf—. [ 9 Maret 2018. Jam 01.10 WIB].
Hartati, S. 2015. Peningkatan Keterampilan Menulis Berita dengan Pendekatan Terpadu dan Media Gambar pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Teras. Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 10, No. 2, hal. 130.
Hundayani, A. 2017. Kelayakan Media Pembelajaran Poster Kandungan Gizi Buah Alpukat dan Buah Naga pada Sub Materi Zat Makanan. Jurnal UNTAN, hal. 2.
Kosim, M. 2007. Madrasah di Indonesia (Pertumbuhan dan Perkembangan). Jurnal Tadris, Vol. 2, No. 1, hal. 2; 42—43.
Kumbara, A. N. 2018. Kultural. Jurnal Studi Kultural, Vol. 3, No. 1, Hal. 38.
Mawaddah, Siti. 2015. Pembelajaran Geometri Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (TNT). Jurnal Pendidikan Matematika Banjar masin, Vol. 3, No. 1, haal. 30—37.
Megawati. 2017. Pengaruh Media Poster Terhadap Hasil Belajar Kosakata Bahasa Inggris. Getsempena English Education Journal (GEEJ), Vol. 4, No. 2, hal. 111.
Mukri, S.G.; Aji, A.M.; Yunus, N.R. (2016). "Implementation of Religious Education in the Constitution of the Republic of Indonesia," Salam: Sosial dan Budaya Syar-i, Volume 3 No. 3.
Mukri, S.G.; Aji, A.M.; Yunus, N.R. (2017). Relation of Religion, Economy, and Constitution In The Structure of State Life, STAATSRECHT: Indonesian Constitutional Law Journal, Volume 1, No. 1.
Munirah, M. M. 2015. Sistem Pendidikan Di Indonesia: antara keinginan dan realita. Jurnal UIN Alauddin Makasar, Vol. 2, N0.2, hal. 234.
Prabowao, A. 2013. Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik (E-BOOK) Oleh Pemustaka di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, Vol. 2, No. 2, hal. 6.
Rahmat, P. S. 2009. Penelitian Kualitatif. Jurnal Equilibrium, Vol. 5, hal. 2.
Rahmawati, R. 2015. Penggunaan Media Poster untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VB SDN 6 Langkai Palangkaraya. Jurnal Pendidikan, Vol. 10, No. 2, hal 60.
Ruhaimi. 2013. Peningkatan Minat Siswa dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Model Kooperatif Jigsaw Pada Kelas VI SDN 04. Jurnal Untan, hal. 3.
Sulistyono, Y. 2015. Penyusunan Media Pembelajaran Poster Berbasis Teks: Studi Kasus Media Pembelajaran Poster Karya Mahasiswa Semeter 5 Pendidikan Bahasa Indonesia UMS. Jurnal Varia Pendidikan, Vol. 27, No. 2, hal. 2210.
Ula, M. 2016. Keterampilan Menulis. Pdf.digilib.uinsby.ac.id. pdf —[9 Maret 2018 Jam 02:35 WIB].
Wachidah, K. 2017. Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Anak Gifted With Disynchronous Development (Studi Tunggal Pada Satu Subjek). Jurnal Pendidikan, Vol. 6, No. 1, hal. 69—70.
Yunus, N.R.; Anggraeni, RR Dewi.; Rezki, Annissa. (2019). "The Application of Legal Policy Theory and its relationship with Rechtsidee Theory to realize Welfare State," 'Adalah, Volume 3, No. 1.
Sumber Buku:
Asfiati. 2016. Pendidikan Humanis Dalam Pengembangan Kurikulum. Medan: Perdana Publishing.
Damsar. 2011. Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Daryanto. 2012, 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Daulay, H.P. 2014. Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat. Jakarta: KENCANA.
Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Eduka, T. G. 2015. Fresh Update Mega Bank (Soal Bahasa Indonesia SMP Kelas 1, 2, & 3. Jakarta: KAWAH media.
FIP – UPI. 2007. Ilmu & Aplikasi Pendidikan Bagian 3 Pendidikan Disiplin Ilmu. Bandung: PT. IMTIMA.
Firdaus, F., Fakhry Zamzam. 2018. Aplikasi Metodologi Penelitian. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
FIT – UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Tidak. Bandung: PT. IMTIMA.
Gani, Ramlan A., Mahmudah Fitriyah Z.A. 2011. Disiplin Berbahasa Indonesia. Jakarta: FITK PRESS.
Hidayah, N. 2016. Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Garudhawaca.
Jalmur, N. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: KENCANA.
Julia, J., et al. 2017. Prosiding Seminar Nasional Membangun Generasi Emas 2045 Yang Berkarakter. Sumedang: UPI Sumedang PRESS.
Kusrini, I. A. 2008. Bahasa Indonesia 2 SMP Kelas VIII. Bandung: Yudhistira.
Kusuma, Y. 2009. Trik Paten Poster Keren. Jakarta: PT. Grasindo.
Lintang, B. 2015. Buku Pintar Bimbal SD Kelas 4, 5, 6. Jakarta: Lembar Langit Indonesia.
Mais, A. 2016. Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK): Buku Referensi untuk Guru. Jember: Pustaka Abadi.
Nasrullah, R. 2016. Teori dan Riset Media Siber (CYBERMEDIA). Jakarta: Kencana.
Nuraeni, E. 2010. Buku Pintar Bahasa Indonesia Untuk Kelas 4, 5, & 6 SD. Jakarta: PT. Wahyumedia.
Rajab, W. 2009. Epidemiologi Untuk Mahasiswa Kebidanan. Jakarta: EGC.
Rosidi, I. 2009. Menulis.....Siapa Takut? Panduan bagi Penulis Pemula. Yogyakarta: KANISIUS.
Ruminiati. 2016. Sosio Antropologi Pendidikan Suatu Kajian Multikultural. Malang: Gunung Samudera.
Saefuddin. 2014. Pengelolaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Deepublish.
Salman, M. S. 2015. Menjadi Guru Yang Dicintai Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Siyoto, M. A. Sandu. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.
Sanjaya, H. W. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana Prenadamedia Group.
Simamora, N. R. 2009. Buku Ajar Pendidikan Dalam Keperawatan. Jakarta: EGC.
Simanjuntak, I. 1973. Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sumantri, H. Arif. 2015. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Kencana.
Sandayana, H. R. 2015. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Suprihatiningsih. 2016. Keterampilan Tata Busana di Madrasah Aliyah. Yogyakarta: Deepublish.
Susanato, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Suwendra, W. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif (Dalam Ilmu Sosial, Pendidikan Kebudayaan, Dan Keagamaan. Bandung: NILACAKRA.
Tarigan, H. G. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung. Angkasa.
Tim Guru Indonesia. 2015. Buku Pintar Pasti (Kisi-kisi Akurat UN 2016 SD/MI. Jakarta: HB Lembar Langit.
Tim Guru Indonesia. TOP NO 1 Ulangan Harian SMP/MTS Kelas 8. Jakarta: Bintang Wahyu.
Tilaar, H. A. R. 2010. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: NUANSA.
Tim SIGMA. 2016. Top Book SMP Kelas VIII. Jakarta: Gramedia Widiasarana.
Tukan, P. 2007. Mahir Berbahasa Indonesia 2 Sekolalh Menengah Atas Kelas XI Program IPA dan IPS. Bandung. Yudhistira Ghalia Indonesia.
Tulungagung, T. A. 2014. VERBA-LITERA Menyelam dalam Belukar Aksara. Yogyakarta: Garudhawaca.
Tumijan, A. P., et. al. 2017. Aku Juara kelas SD/MI Kelas 5. Jakarta: Graamedia Widiasarana.
Ulian, Barus S. 2015. Pemanfaatan Candi Bahal sebagai Media Pembelajaran Alam Terbuka dalam Proses Belajar Mengajar. Medan: Perdana Mitra Handalan.
Upi, T. P. 2007. Ilmu & Aplikasi Pendidikan Bagian 2 Ilmu Pendidikan Praktis. Bandung: PT. Imperial Bhakti Utama.
Wicaksono, A. 2014. Menulis Kreatif Sastra Dan Beberapa Model Pembelajaran. Yogyakarta: Garudhawaca.
Widodo, C. S. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasisi Kompetensi. Jakarta: Kompas Gramedia.
Yaumi, M. & M. Hum. 2018. Media & Teknologi Pembelajaran. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.
Yusuf, A. M. 2014. METODE PENELITIAN: Kualitatif, Kuantitatif, & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Sumber Skripsi:
Darti, A. 2018. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita dengan Media Poster Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V MI Ma’arif Babatan Jati Sidoarjo. [Skripsi]. Surabaya. UIN Sunan Apel Surabaya.
Ekayani, N. L. 2017. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. [Skripsi]. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Hikmawati, L. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Poster Dalam Menulis Karangan Narasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 04 Jember Kidul, Kaliwaten, Jember. [Skripsi]. Jember: Universitas Jember.
Kusumah, A. T. 2014. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Kwaren Kecamatan Ngawon, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. [Skripsi]. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Nurlatifah, P. 2013. Penggunaan Metode Poster Comment Dalam Pembelajaran Menulis Tegak Bersambung Siswa Kelas I MI Pasirangin 1 Sukabumi. [Skripsi]. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Perantauwaty, Meike. 2015. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Teknik Tebak Kata Dan Parafase Terhadap Iklan Di Radio Pada Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 1 Sukorejo Kabupaten Kendal. [Skripsi]. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Sari, P. 2014. Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Melalui Penggunaan Gambar Seri Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar Negeri 04 Bingin Kering. [Skripsi]. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
Sumber Internet:
Alwi, Z. 2016. Motivasi Menulis. https://picture.001.jpg-eprints-unsri. (27 April 2018 03:07 WIB).
Nilasari, K. E. 2009. Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Aspek Keterampilan Menulis dengan Model Hypnotea. https://bdkpadang.kemenag.go.id. (9 Maret 2018 00:35 WIB).
Riadi, M. 2015. Media Pembelajaran Poster. https://www.kajianpustaka.com. (29 Oktober 2018 14:59WIB).
Wikipedia. (t.thn.). Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas Narasi. https://id.m.wikipedia.org. (27 April 2018 03:15WIB).
DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v9i1.24711 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.