Strategy of The Service of Cooperatives and UKM Province of Sumsel Province in The Development of the Micro, Small and Medium Business Sector (UMKM) During The Covid-19 Pandemic
Abstract
The Covid-19 pandemic has had an impact on economic instability, including Micro, Small, and Medium Enterprises (UMKM). In general, the majority of UMKMs experienced a decline in income and even went bankrupt due to the Covid-19 pandemic. Facing this, a strategy is needed for UMKMs to survive and be able to develop their business amid the Covid-19 pandemic. One of the main aspects that have an impact on UMKM actors is the decline in the number of sales which makes UMKMs' financial condition in a crisis. Restrictions on social activities make it difficult for UMKMs to move to develop a business scale if they only use these conventional methods. Business actors have taken various ways to respond to these difficult conditions to maintain their business. The lack of mass mobility around the market certainly hampers the promotion rate which affects the level of sales. Overcoming this, online marketing through the media is the right step that must be taken by business actors.
Keywords: Strategy; Department of Cooperatives; UKM; Development of The Micro; Small and Medium Enterprise (Umkm) Sector; During The Covid-19 Pandemic
Abstrak
Pandemi Covid-19 memberi dampak pada ketidakstabilan ekonomi, termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Secara umum, mayoritas dari pelaku UMKM mengalami penurunan pendapatan bahkan kebankrutan akibat pandemi Covid-19. Menghadapi hal demikian diperlukan strategi bagi UMKM untuk tetap bertahan dan dapat mengembangkan bisnisnya di tengah pandemi Covid-19. Aspek utama yang sangat berdampak bagi pelaku UMKM salah satunya adalah penurunan jumlah penjualan yang membuat kondisi keuangan UMKM dalam kondisi krisis. Pembatasan kegiatan sosial membuat UMKM sulit untuk bergerak mengembangkan skala usaha jika hanya memanfaatkan metode konvensional tersebut. Pelaku usaha telah melakukan berbagai cara merespon kondisi sulit ini untuk mempertahankan usahanya. Kurangnya mobilitas massa di sekitar pasar tentu menghambat laju promosi yang berpengaruh kepada tingkat penjualan. Mengatasi hal tersebut, pemasaran secara online melalui media merupakan langkah tepat yang harus dilakukan oleh para pelaku usaha.
Kata Kunci: Strategi; Dinas Koperasi; UKM; Pengembangan Sector Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM); Masa Pandemic Covid-19
Full Text:
PDFReferences
Adisasmita, R. 2013. Pembangunan Perdesaan. Makasar (ID): Graha Ilmu.
Aji, A.M. 2010. Rasionalitas ijtihad Ibn Rusyd: kajian atas fiqh jinayat dalam kitab "Bidayat al-Mujtahid wa Nihayat al-Muqtashid, Bogor: Pustaka Pena Ilahi.
Alyas, Rakib, M. 2017. Strategi Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah Dalam Penguatan Ekonomi Kerakyatan (Studi Kasus pada Usaha Roti Maros di Kabupaten Maros). Sosiohumaniora. 19 (2): 114–120. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v19i2.12249
Bryson, John. M.. 2007. Perencanaan Strategis Bagi Organisasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Bustam, N. H. 2016. Pengaruh Jumlah Unit, Pdb Dan Investasi Umkm Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Di Indonesia Periode 2009-2013. Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan. 19 (2): 250–261.
Cahya Nabila, Tuah Nur dan M. Rizal. jurnal ilmiah Muqoddimah (Jurnal Ilmu Sosial, Politik dan Humaniora) Volume 5 Nomor 2 Agustus 2021. Dari Universitas Tapanuli Selatan.
Elisa, A. F., & Santoso, E. B. 2017. Penentuan Faktor – Faktor yang Berpengaruh di Kelurahan Kemasan Kecamatan Krian Pengembangan Ekonomi Lokal. Jurnal Teknik ITS. 6 (2): C471–C476
Lia Fitriani. 2021 dengan judul Tesis Efiktifitas strategi Pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dimasa Pandemi Covid-19 tahun 2020 pada Dinas Koperasi dan UKM Provinsi NTB dari Universitas Muhammadiyah Mataram. http://repository.ummat.ac.id/2403/.
Mukri, S.G.; Aji, A.M.; Yunus, N.R. (2016). "Implementation of Religious Education in the Constitution of the Republic of Indonesia," Salam: Sosial dan Budaya Syar-i, Volume 3 No. 3.
Mukri, S.G.; Aji, A.M.; Yunus, N.R. (2017). Relation of Religion, Economy, and Constitution In The Structure of State Life, STAATSRECHT: Indonesian Constitutional Law Journal, Volume 1, No. 1.
Muta’ali, L. 2006. Pengembangan Wilayah Perdesaan (Prespektif Keruangan). Yogyakarta(ID): Badan Penerbit fakultas Geografi (BPFG-UGM
Putra, T. G. 2015. Peran Pemerintah Daerah Dan Partisipasi Pelaku Usaha Dalam Pengembangan UMKM Manik-Manik Kaca di Kabupaten Jombang. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik. 3(1): 1–10.
Rian Hidayat. 2021 dengan judul skripsi Strategi Pengembangan Umkm Di Masa Pandemic Covid-19 dari Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang.
Sam’un Jaja Raharja dan Sari Usih Natari Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Soleh, A. 2017. Strategi Pengembangan Potensi Desa. Jurnal Sungkai. 5(1): 32–52.
Sugiarti, Y., Sari, Y., & Hadiyat, M. A. (2020). Peranan E-Commerce untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sambal di Jawa Timur. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 298–309. https://doi.org/https://doi.org/10/24198/kumawula.v3i2.28181
Sunariani, N. N., Suryadinata, A. O., & Mahaputra, I. I. R. 2017. Pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (umkm) melalui program binaan di provinsi Bali. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis. 2(1): 1–20.
Suswanto, P dan Setiawati,S. D., (2020). Membangun Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Positioning di Tengah Pandemi Covid-19 di Indonesia. Lini Masa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), hal 16-29.
Tambunan, T. 2009. UMKM di Indoneisa. Jakarta (ID): Ghalia Indonesia
Tarigan, R. 2007. Ekonomi Regional Teori dan Aplikasi. Jakarta (ID): Bumi Aksara
UndangUndang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah
UUD No.32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah yang membawa perubahan besar terhadap sistem pemerintahan di Indonesia.
Yunus, N.R.; Anggraeni, RR Dewi.; Rezki, Annissa. (2019). "The Application of Legal Policy Theory and its relationship with Rechtsidee Theory to realize Welfare State," 'Adalah, Volume 3, No. 1.
DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v9i1.24654 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.