Penerapan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas V Sekolah Dasar Persatuan Umat Islam Haurgeulis
Abstract
The 21st century is a different era from the previous era. In this century there are rapid developments and changes, especially in the field of increasingly sophisticated technology and information, so that various information can be obtained by anyone and anywhere quickly. Changes that occur can be a challenge for each individual, both students, and teachers. This study aims to determine the application of 21st-century skills in planning and implementing learning during the Covid-19 pandemic in class V SD PUI Haurgeulis. This study uses a qualitative approach with the type of case study research that aims to collect and analyze data related to a case that occurred. In this study, two research results were obtained, namely; (1) planning for the implementation of class 5 learning at SD PUI Haurgeulis applies 21st-century skills by designing lesson plans that can support 4C skills, such as developing PBL learning methods and daily tasks. (2) the application of 21st-century skills in the implementation of learning in class V SD PUI Haurgeulis during the Covid-19 pandemic using limited face-to-face learning (limited PTM) and distance learning (PJJ) by applying modern learning media such as Whatsapp groups and videos as well as PBL learning methods and daily tasks that incorporate 21st-century skills into learning implementation. Although in practice the teacher encounters obstacles, these can be overcome properly.
Keywords: 21st-century skills; Implementation of Learning; Covid-19 pandemic
Abstrak:
Abad ke-21 merupakan zaman yang berbeda dengan zaman sebelumnya. Pada abad ini terjadi perkembangan dan perubahan yang pesat terutama pada bidang teknologi dan informasi yang semakin canggih, sehingga berbagai informasi dapat diperoleh siapapun dan dimanapun dengan cepat. Perubahan yang terjadi dapat menjadi sebuah tantangan untuk setiap individu baik peserta didik maupun guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan keterampilan abad ke-21 dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di kelas V SD PUI Haurgeulis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang bertujuan untuk menghimpun dan menganalisis data yang berkaitan dengan suatu kasus yang terjadi. Dalam penelitian ini diperoleh dua hasil penelitian yaitu; (1) perencanaan pelaksanaan pembelajaran kelas V SD PUI Haurgeulis menerapkan keterampilan abad ke-21 dengan merancang komponen RPP yang dapat menunjang keterampilan 4C seperti dengan menyusun metode pembelajaran PBL dan tugas-tugas harian. (2) penerapan keterampilan abad ke-21 dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas V SD PUI Haurgeulis selama pandemi Covid-19 menggunakan pembelajaran tatap muka terbatas (PTM terbatas) dan pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh (PJJ) dengan menerapkan media pembelajaran yang modern seperti Whatsapp group dan video serta metode pembelajaran PBL dan tugas-tugas harian yang menyisipkan keterampilan abad ke-21 dalam pelaksanaan pembelajaran. Meskipun dalam pelaksanaannya guru menemukan hambatan-hambatan, namun hal itu dapat teratasi dengan baik.
Kata Kunci: Keterampilan abad ke-21; Pelaksanaan Pembelajaran; Pandemi Covid-19
Full Text:
PDFReferences
Astini, N. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Lampuyang, 15.
Boboy, Y.P., & Wiyono, A. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajara Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan Kelas XI TGB di SMK Negeri I Mojokerto. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 96.
Hasanah, N. U. (2021). Mekar Beseri di Masa Pandemi. Yogyakarta: Deepublish.
Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hidayat, R., Muhammad, V. D., & Ulya, H. (2019). Kompetensi Kepala Sekolah Abad 21: Sebuah Tinjauan Teoritis. JKPS (Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah), 64-65.
Hidayat, T., & Yudha, R. (2020). Analisis Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pembelajaran PPKN Materi Hak Asasi Manusia. Yogyakarta: UNY Pres.
Kurniawan, C., & Kuswandi, D. (2021). Pengembangan E-Modul Sebagai Media Literasi Digital Pada Pembelajaran Abad 21. Lamongan: Academia Publication.
Mulyasa. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi dalam Era Revolusi Industri 4.0. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Muyasaroh, M., Tantowie, T. A., & Meidawaty, S. (2019). Pendidikan Anak Usia SD/MI Dalam Perspektif AlQur'an Surat An-Nisa Ayat 9 (Analisis Tafsir AlMishbah Karya M. Quraish Shihab). Tarbiyah al-Aulad, 89-92.
Nurhabibah, & Indrajat, R. (2021). Cyber Pedagogy: Guru sebagai Fasilitator & Coach dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Yogyakarta: Andi (Anggota IKAPI).
Patliana, & Purwati, T. (2020). Pengaruh Pemberian Tugas Rumah secara Daring di Masa Pandemi Wabah Covid-19 terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII di SMP IT Darul Ikhsan NW Balik Batang Tahun Ajaran 2019/2020. Prosiding Seminar Nasional Ikip Budi Utomo, 451.
Putri, A. R. (2019). Meningkatkan Profesionalisme Guru Sebagai Aktor Utama dalam Dunia Pendidikan. INA-Rxiv, 2-3.
Sihotang, K. 2019. Berpikir Kritis: Kecakapan Hidup di Era Digital. Yogyakarta: PT Kanisius.
DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v9i1.24612 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.