Strategi Pengurus Masjid dalam Memakmurkan Masjid Al-Furqon di Haurgeulis Indramayu
Abstract
To prosper the mosque requires a good strategy, with a good strategy the program of mosque activities can run effectively and efficiently to achieve the goal of broadcasting Islam and its prosperity. The purpose of the study was to find out how the mosque management strategy in prospering the Al-Furqon mosque in Haurgeulis Indramayu. This research is a field research. This study uses a qualitative research method, with a literature and empirical approach, interview data collection techniques, observation and documentation. The results of the research on the strategies used by mosque administrators in prospering the Al-Furqon Mosque are using socialization strategies for the congregation through a door-to-door approach, and social programs for the congregation so that the congregation can be directed to participate in activities held in the congregation. Al-Furqon Mosque.
Keywords: Strategy; Mosque Management; Prospering Mosque.
Abstrak
Untuk memakmurkan masjid memerlukan strategi yang baik, dengan strategi yang baik program kegiatan masjid dapat berjalan efektif dan efisien untuk mencapai tujuan dalam menyiarkan Islam dan kemakmurannya. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana strategi pengurus masjid dalam memakmurkan masjid Al-Furqon di Haurgeulis Indramayu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif, dengan pendekatan literatur dan empiris, teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian strategi yang digunakan oleh pengurus masjid dalam memakmurkan Masjid Al-Furqon adalah menggunakan strategi sosialisasi pada jama’ah melalui pendekatan dari rumah ke rumah, dan program sosial terhadap jama’ah sehingga jama’ah dapat diarahkan untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan di masjid Al-Furqon.
Kata Kunci: Strategi; Pengurus Masjid; Memakmurkan Masjid
Full Text:
PDFReferences
Al-Faruq, Abdullah. (2010). Mengelola & Memakmurkan Masjid, Jawa Tengah: Pustaka Arafah.
Putra, Ahmad; dan Rumondor, Prasetio. (2019) Eksistensi Masjid Di Era Rasulullah Dan Era Millenial, (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, vol, 17, Desember).
Ismail, Asep Usman; dan Castrawijaya, Cecep. (2010). Manajemen Masjid, Bandung: Angkasa.
Sutarmadi, Ahmad. (2012). Manajemen Masjid Kontemporer, Jakarta: Media Bangsa.
Sutarmadi, Ahmad. (2012). Manajemen Masjid Kontemporer, Jakarta: Penerbit Media Bangsa.
Aminarti, Dina; Misbach, Irwan; Hasaruddin, (2020). Manajemen Strategi Dalam Meningkatan Kemakmuran Masjid Besar Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto, Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassarjurnal, Washiyah, Vol, 1, Juni.
Suherman, Eman. (2012). Manajemen Masjid. Bandung: Alfa Beta.
Effendy, Onong Uchjana. (2011). Ilmu Komunikasi. Teori dan Praktek, Bandung, Rosda.
Hunger, J. David & Thomas L. Wheelen, (2006). ManajemenStrategis (Cetakan II), Yogyakarta: Andi.
Ayub, M. (2001). Manajeme Masjid Petujuk Praktis Bagi Para Pengurus. Jakarta: Gema Insani Press.
Anwar, Muh. (2017). Manajemen Masjid Dan Aplikasinya, Cet. I; Gowa Sulawesi Selatan: Pusaka Almaida.
Hentika, Niko Pahlevi; Suryadi; Rozikin, Mochammad. (2013). Meningkatkan Fungsi Masjid Melalui Reformasi Administrasi (Studi Pada Masjid Al Falah Surabaya) Administrasi Publik (Jap), Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang, Jurnal, Vol. 2, Januari.
Rachmat, (2015). Manajemen Strategik, Bandung: Alfabeta.
Chaniago, Siti Aminah. (2014). Perumusan Manajemen Strategi Pemberdayaan Zakat, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam STAIN Pekalongan Jurnal Hukum Islam (JHI), Vol. 12, Juli.
Wibowo, Susatyo Budi. (2010). Jalan Menuju Surga Menurut Al-Qur’an dan Al Hadits Yogyakarta:, Gava Media.
Mulyasih, Silvia. (2019). Pengorganisasian Unit Pemakmuran Masjid (UPM) Keputrian Di Masjid Fatimatuzzahra Grendeng Purwokerto Utara. Skripsi. (Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri.
DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v9i1.24525 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.