Analisis Dampak Penggunaan Gadget Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Persatuan Ummat Islam (PUI) Haurgeulis

Latifah Deviana, Abdur Rahim

Abstract


Gadgets are not only a tool to communicate but can also make it easier to do other activities. One of them happened during the COVID-19 pandemic, gadgets were used as a means to learn online. Where teachers and students carry out the process of teaching and learning activities using an application in the form of WhatsApp contained in the gadget. This study aims to determine the practice of using gadgets in the learning process of fifth-grade students of the Haurgeulis Islamic Community Elementary School and to determine the impact of using gadgets in the learning process of fifth-grade students of the Haurgeulis Islamic Community Association Elementary School. The method used in this research is a descriptive qualitative approach. Data collection techniques using interviews, observation, and documentation. The findings of this study indicate that the use of gadgets looks very large during the Covid-19 pandemic. Students are required to use gadgets for online learning activities, namely using the WhatsApp Group application. In addition, gadgets have several positive and negative impacts.

Keywords: Impact; Gadget; Students; Elementary School.

 

Abstrak

Gadget tidak hanya sebagai alat untuk berkomunikasi namun juga dapat mempermudah melakukan aktivitas lainnya. Salah satunya yang terjadi pada masa pandemi covid-19 ini, gadget digunakan sebagai sarana untuk belajar secara daring. Dimana guru dan siswa melakukan proses kegiatan belajar mengajar menggunakan salah satu aplikasi berupa WhatsApp yang terdapat di dalam gadget tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik penggunaan gadget dalam proses pembelajaran siswa kelas V Sekolah Dasar Persatuan Ummat Islam Haurgeulis serta mengetahui dampak penggunaan gadget dalam proses pembelajaran pada siswa kelas V Sekolah Dasar Persatuan Ummat Islam Haurgeulis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan gadget terlihat sangat besar penggunaannya di masa pandemi Covid-19. Siswa diharuskan menggunakan gadget untuk kegiatan belajar secara daring, yaitu menggunakan aplikasi WhatsApp Group. Selain itu, gadget memiliki beberapa dampak positif dan dampak negatif.

Kata Kunci: Dampak; Gadget; Siswa; Sekolah Dasar.


Full Text:

PDF

References


Budiman, Jumardi. Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Indonesia Selama masa Pandemi Covid-19. Lembaran Ilmu Kependidikan, Journal of Educational Research. Vol.50 No 1 (2021): 45-50.

Firman & Sari. 2020. Pembelajaran online di tengah pandemi covid-19. Indonesian Journal Of Educational Science (IJES), Volume 02 No 02.

Hasanah, dkk. 2020. Analisis Aktivitas Belajar daring Mahasiswa Pada Pandemi Covid-19. Jurnal pendidikan. Volume 1 No. 1

Herdah. 2020. Berkarya bersama ditengah covid- 19 (cetakan 1; Herdah, ed.). Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press.

Nugraha, Ameliola, S, D. 2013. Perkembangan Media Informasi Dan Teknologi Terhadap Anak Dalam Era Globalisasi. Universitas Brawijaya. Http://Icssis.Files.Wordpress.Com

Putria, Hilna.,dkk. 2020. Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan Masa Pandemi Covid-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu : Vol. 4, No.4

Rigianti, Henry Aditia. Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Banjarnegara. Elementary School, Jurnal Pendidikan dan ke-SD-an:Vol,7 No 2 (2020)

Rohani, Siti, N. 2021. Pengaruh Gadget Bagi Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Negeri 174/ix Rantau Harapan. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Http://repository.uinjambi.ac.id/7187/1/SITI%20NUR%20ROHANI.pdf

Windhiyana, E. 2020. Dampak covid-19 terhadap kegiatan pembelajaran online di Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan. Volume 34, No 1, 1-8.




DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i5.23408 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.