Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pendidikan, Peribadatan Dan Perilaku Masyarakat; Studi Kasus Desa Jumputrejo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo

Siti Ngaiinur Rohmah, Vivi Nur Maulidiyawati, Umdah Izzatil Islam, Moch. Gumelar Alam, Nur Laila Fitriani, Lindung Isma Wangi, Hizbul Malik, Aulina Karomi, Dina Fitri, Firda Al-Hikmah

Abstract


Covid-19 has been declared a global pandemic by the World Health Organization because this virus has infected most of the countries in the world. Almost all countries have been affected by this disease outbreak, including Indonesia. Covid-19 has had a serious impact on various aspects of life. This study aims to determine the impact of the Covid-19 pandemic in the fields of education, worship, and behaviour of the people of Jumputrejo Village, Sukodono District, Sidoarjo Regency. This study uses a qualitative method. Research data was obtained by field observations and interviews. The results of this study indicate that public education is seriously affected, namely the feeling of boredom experienced by students due to online learning. The level of saturation of students in online learning affects the quality of learning because when students are bored they tend to find it difficult to respond to information. In terms of community worship, it is hampered, so they need religious guidance to be able to carry out worship in accordance with the Health protocol. In addition, people's behaviour is getting more positive, people's attitudes and awareness to comply with health protocols are voluntarily getting used to it over time.

Keywords: Impact of the Covid-19 Pandemic; Education; Worship; Community Behavior

 

Abstrak

Covid-19 telah dinyatakan sebagai pandemi global oleh Organisasi Kesehatan Dunia karena virus ini telah menginfeksi sebagian besar negara-negara di dunia. Hampir semua negara terkena dampak dari wabah penyakit ini, termasuk Indonesia. Covid-19 membawa dampak yang serius dalam berbagai aspek kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pandemi Covid-19 di bidang pendidikan, peribadatan, dan perilaku masyarakat desa Jumputrejo Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data penelitian diperoleh dengan observasi di lapangan dan interview. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan masyarakat terdampak serius, yaitu adanya rasa jenuh yang dialami oleh siswa akibat pembelajaran daring. Tingkat kejenuhan siswa dalam belajar daring mempengaruhi kualitas belajar, sebab ketika siswa jenuh cenderung sulit untuk merespon informasi. Dari segi peribadatan masyarakat terhambat, sehingga mereka membutuhkan bimbingan keagamaan untuk dapat melaksanakan ibadah sesuai dengan protokol Kesehatan. Selain itu, perilaku masyarakat bertambah positif, sikap dan kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan pun secara sukarela   mulai terbiasa seiring berjalannya waktu.

Kata Kunci: Dampak Pandemi Covid-19; Pendidikan; Peribadatan; Perilaku masyarakat


Full Text:

PDF

References


Bangun, D. (2008). Hubungan Persepsi Siswa Tentang Perhatian Orang Tua, Kelengkapan Fasilitas Belajar, Dan Penggunaan Waktu Belajar Di Rumah Dengan Prestasi Belajar Ekonomi. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 5(1), 75.

BPK RI. (2020). Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Retrieved from JDIH BPK RI DATABASE PERATURAN: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/135058/keppres-no-11-tahun-2020

Budi Agus Sumantri dan Nurul Ahmad. (2019). Teori Belajar Humanistik dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 8-9.

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidoarjo. (2021, September 2). Pusat Informasi dan Komunikasi COVID-19 KABUPATEN SIDOARJO. Retrieved from COVID-19 SIDOARJO: https://covid19.sidoarjokab.go.id/Welcome#top

Fanani, A. (2010). Ice Breaking Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Buana Pendidikan, 6(11), 68.

Ilham Mohamad, Rijal Arosyd, dan Rizman Usman. (2020). Analisis Kelemahan dan Kekuatan dalam Pembelajaran Daring di Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Jurnal Deutsch als Fremdsprache in Indonesien, 4(2), 16.

Kahar. (2021, April 14). Tujuan Pembelajaran Daring, Pahami Komponen, Aplikasi, dan Layanan yang Direkomendasikan. Retrieved from MIN 1 Kota Batu: http://www.min1kotabaru.sch.id/berita/detail/tujuan-pembelajaran-daring-pahami-komponen-aplikasi-dan-layanan-yang-direkomendasikan

Purwanto, Agus, et.al. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Phycology, and Counseling, 2(1), 5.

Putri, G. S. (2020, 03 12). WHO Resmi Sebut Virus Corona Covid-19 sebagai Pandemi Global. Retrieved from Kompas.com: https://www.kompas.com/sains/read/2020/03/12/083129823/who-resmi-sebut-virus-corona-covid-19-sebagai-pandemi-global?page=all

Rif’at Ayu Wijdan Irham, A. Khawarizmi Siregar, dan Hasse Jubba. (2020). Dampak Wabah Corona Virus Disease erhadap Budaya Ibadah Umat Muslim dan Kebijakan Pemerintah. Poros Onim: Jurnal Sosial Keagamaan, 1(2), 133.

Rindam Nasruddin dan Islamul Haq. (2020). Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah. Salam: Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, Vol. 7(7), 639-641.

Satuan Tugas Penanganan COVID-19. (2021, 08 31). Data Sebaran. Retrieved from Covid19.go.id: https://covid19.go.id/

Setiawan, Johaan, dan Albi Anggito. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. . Sukabumi: CV Jejak.

Suheriadi. (2020, Oktober 30). Ini Panduan Protokol Kesehatan Saat Sholat di Masjid. Retrieved from infobanknews.com: https://infobanknews.com/nasional/ini-panduan-protokol-kesehatan-saat-sholat-di-masjid/

Sujito, A. (2020). New Normal Perubahan Sosial Ekonomi Politik Akibat Covid-19. Yogyakarta: Gajah Mada University Pers.

Sulistiyawati, E. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah Negeri 2 Surakarta. Surakarta: Institut Agama Islam Negeri Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i6.23344 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.