Analisis Standar Isi Terhadap Buku Teks Bina Akidah Akhlak Siswa Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Kurikulum 2013

Sukino Sukino, Abdur Rahim

Abstract


Books are the main tool for humans as a means of information and research for human education. The position of textbooks is considered important in the learning process, because books are included as learning resources and learning materials for students in the learning process. The existence of textbooks in Indonesian educational practice is still the main source of learning. The purpose of this study was to determine the appropriateness of the content and language according to the National Education Content Standards for the textbooks for building aqidah morals for the first grade students of Madrasah Ibtidaiyah Curriculum 2013. This study used a qualitative method with a normative and empirical approach. The data obtained are in the form of government regulations, books, and textbooks. The results of the study stated that overall the material had met the requirements of the National Education Content Standards for accuracy, both from the content aspect and the references used which led to the achievement of KI and KD. In the aspect of language feasibility, this textbook is in accordance with the standards, because it is in accordance with the level of development of students, simple, effective, and efficient.

Keywords: Content Feasibility; Textbook; Content standards; 13 curriculum

 

Abstrak

Buku adalah alat utama bagi manusia sebagai sarana informasi dan riset untuk pendidikan manusia. Buku teks pelajaran kedudukannya dianggap penting dalam proses pembelajaran, karena buku termasuk ke dalam sumber belajar dan bahan belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Keberadaan buku ajar dalam praktik pendidikan Indonesia masih merupakan sumber belajar yang paling utama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan isi dan bahasa menurut Standar Isi Pendidikan Nasional terhadap buku teks bina akidah akhlak siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan normatif dan empiris. Data yang didapat berupa peraturan pemerintah, buku, dan buku teks. Hasil penelitian menyatakan bahwa secara keseluruhan materi telah memenuhi syarat Standar Isi Pendidikan Nasional keakuratan, baik dilihat dari aspek isi maupun rujukan yang digunakan yang mengarah pada tercapainya KI dan KD. Pada aspek kelayakan bahasa, buku ajar ini telah sesuai dengan standar, karena telah sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, sederhana, efektif, dan efisien.

Kata Kunci: Kelayakan Isi; Buku Teks; Standar isi; Kurikulum 13


Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Usaha Rosdakarya.

Arsyad, A. 2006.Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arsyad, A. 2014.Media Pembelajaran, Edisi Revisi Cet 17. Jakarta: Rajawali Pers.

Dokumen, Kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2013.

Fadlillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kurniasih, I dan Sani, B. 2014.Implementasi Kurikulum 2013: Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Learner’s, O. 2008. Pocket Dictionary. New York: Oxford University Press Inc.

Muslich, M. 2010. Textbook Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Rohani, A. 2010.Pengelola Pengajaran: Sebuah Pengantar Menuju Guru Profesional. Jakarta: Rineka Cipta.

Suwarno, W. 2011.Perpustakaan & Buku: Wacana Penulisan & Penerbitan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Tarigan, H. G, Djago, T. 2009. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 11 Tahun 2005 Tentang Buku Teks Pelajaran, Pasal 3 Ayat (1), (Print).

Pohan, R. 2007. MetodologiPenelitianPendidikan. Yogyakarta: Ar Rijal Institut.

Purwono, 2008.Pemaknaan Buku Bagi Masyarakat Pembelajar. Jakarta: CV. Agung Seto.

Salinan Peraturan Pemerintah No 15 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, (Jakarta: 2005).




DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i5.22875 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.