SIKAP POLITIK PARTAI PERSATUAN PEMBANGUAN DALAM SUKSESI KEPEMIMPINAN NEGARA PADA PEMILU 2014

Ade Hikmatul Fauziah

Abstract


 

Abstract: Unity Development Party in Succession of National Leadership in 2014’s Election. Unity Development Party has a strategic role in canalizing the inspiration and the interest of Muslim people and nation as a whole, especially in ensuring that the Act promulgated will not against Islamic values. To win the 2014’s election, the Party has launched the strategic champagne “go back to its khittah”, and also to struggle to realize the democratic nation. In Addition, the Unity Development Party also highlighted the importance to adhere Islamic values in national level embodied in Five Principle of the State (Pancasila)

Key Words: 2014’s Election, Unity Development Party, Succession of National leadership

 

Abstrak: Partai Persatuan Pembangunan Dalam Suksesi Kepemimpinan Negara Pada Pemilu 2014. Partai Persatuan Pembangunan memiliki peran membawa aspirasi dan kepentingan umat dan bangsa, terutama dalam menjaga agar produk-produk peraturan perundang-undangan tetap berada dalam nafas dan tidak bertentangan dengan asas Islam. Untuk memenangkan pemilu 2014, PPP memiliki strategi mengedepankan isu bahwa PPP telah kembali ke fitrah dan berjuang untuk mengisi kehidupan bangsa dengan nilai-nilai akhlakul karimah, serta memperjuangkan kehidupan bangsa yang demokratis. Bagi PPP pemilu 2014 memiliki makna yang lebih strategis, tidak hanya sekedar memenuhi persyaratan demokrasi yang telah menjadi pilihan pemerintahan yang ditegakkan, tetapi mengandung nilai perspektif bagi peran PPP guna menegakkan kepemimpinan bangsa, menuju terwujudnya nilai-nilai syariat Islam dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila.

Kata Kunci: Pemilu 2014, PPP, Suksesi Kepemimpinan Negara


DOI: 10.15408/sjsbs.v2i1.2249


Full Text:

PDF

References


Amir, Zainal Abidin, Peta Islam Politik: Pasca Soeharto, Jakarta: Pustaka LP3ES, 2003.

Anshari, Endang Saifuddin, Wawasan Islam: Pokok-Pokok Pikiran Tentang Islam Dan Umatnya, Bandung: Perpustakaan Salman ITB, 1983.

Budiman, Ahmad, Eksistensi Parpol Islam Dalam Pemilu 2004, Dalam Sali, Ed., Susiana, Pemilu 2004 : Analisis Politik, Hukum Dan Ekonomi, Jakarta: Tiga Putera Utama, 2003.

Chumaidy, Chozin, Merebut Kembali Kepercayaan Umat, (Jakarta. DPP PPP, Cet.1 Tahun 2013.

Darwis, Fernita, Pemilihan Spekulatif Mengungkap Fakta Seputar Pemilu 2009, (Bandung: Alfabeta Cv, 2011, Cet. 1.

Effendy, Bahtiar, Islam Politik Pasca Soeharto Di Indonesia, Refleksi: Jurnal Kajian Agama Dan Filsafat III, No. 5, Agustus 2003.

Feith, Herbert, The Decline Of Constitutional Democracy In Indonesia.

Ketetapan Muktamar VI Partai Persatuan Pembangunan, Tentang Khittah Dan Program Perjuangan Partai Persatuan Pembangunan, Jakarta, 2007.

Panduan Parlemen Indonesia, Jakarta: Yayasan API, 2001.

Ranuwihardjo, A. Dahlan, Pergerakan Pemuda Setelah Proklamasi Beberapa Catatan, Jakarta: Yayasan Idayu, 1979.

Rosyada, Dede, Pendidikan Kewargaan (Civic Education) Demokrasi, Hak Asasi Manusia Dan Masyarakat Madani, Jakarta: Prenada Media, 2003.

Salim, Arskal, Partai-Partai Islam Dan Relasi Agama Negara, Jakarta: Puslit IAIN, 1999.

Siddiq, M Dja’far, PPP Menggagas Reformasi Membangun Indonesia Baru, Jakarta, 2003.

Sumarno, Megawati Dan Aspirasi Politik Islam, dalam Rusdi Muhtar Dkk, Megawati Soekarno Putri: Presiden Republik Indonesia, Jakarta: Rumpun Dian Nugraha, 2002.

Maggalatung, A.S.; Aji, A.M.; Yunus, N.R. How The Law Works, Jakarta: Jurisprudence Institute, 2014.

Tebba, Sudirman, Islam Pasca Orde Baru: Perubahan Politik Dan Keagamaan, Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 1993, Cet.1.

Tim Litbang Kompas, Partai Partai Politik Indonesia, Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara, 1999.

Umar, Musni, Islam Dan Demokrasi Di Indonesia Kemenangan Abangan dan Sekuler, Jakarta: Insed Bersama Lembaga Pencegah Korupsi, 2004, Cet. 1.

Wilopo, Zaman Pemerintahan Parai-Partai Dan Kelemahan-Kelamahannya, Jakarta: Yayasan Idayu, 1976.




DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v2i1.2249 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.