Peran Bisnis Youtube Reyhan Entertainment Pada Pemerataan Ekonomi Islam Di Desa Tapen Bondowoso

Adelya Shinta Mashuri, Sri Abidah Suryaningsih

Abstract


This research was conducted to know the effect of the Youtube business on economic equity from the perspective of Islamic economics in Tapen Bondowoso. This study uses a descriptive qualitative approach by collecting data to get a clear picture of the problem under investigation. The result of this research is that Reyhan Entertainment's YouTube business can raise people's income in Tapen Bondowoso Village. The majority of the population in Tapen Village are high school or vocational school graduates who are still productive, do not have a job, and make a living as agricultural labourers. The Reyhan Entertainment Youtube business in Tapen Village can open jobs so that some people become employees with incomes above Bondowoso UMR. Based on economic equity in an Islamic financial perspective, the Youtube business only fulfils four of the five indicators of Islamic economic equality based on Umer Chapra's theory. The indicators that fulfilled are: (1) providing training and job vacancies; (2) distributing appropriate and appropriate wages to workers; (3) helping people with mental or physical disabilities to have a decent life; (4) obey the laws that have decided regarding the collection and utilization of zakat, infaq and shadaqoh (ZIS).

Keywords : Islamic Economics; Equity; Youtube; Tapen

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh bisnis Youtube terhadap pemerataan ekonomi dalam prespektif ekonomi islam di Desa Tapen Bondowoso. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif, dengan cara mengumpulkan data sehingga mendapatkan gambaran yang jelas mengenai masalah yang diteliti. Hasil penelitian ini yaitu bisnis Youtube Reyhan Entertainment dapat mengangkat pendapatan masyarakat di Desa Tapen Bondowoso. Mayoritas penduduk di Desa Tapen yaitu  lulusan SMA atau SMK yang masih produktif, belum memiliki pekerjaan , dan bermata pencaharian sebagai buruh tani. Berdirinya bisnis Youtube Reyhan Entertainment di  Desa Tapen  dapat membuka lapangan pekerjaan sehingga beberapa masyarakat menjadi karyawan dengan pendapatan di atas UMR Bondowoso. Berdasarkan pemerataan ekonomi dalam prespektif ekonomi islam bisnis Youtube tersebut hanya memenuhi empat indikator dari lima indikator pemerataan ekonomi islam berdasarkan teori Umer Chapra. Indikator yang terpenuhi adalah: (1) memberikan pelatihan dan lowongan pekerjaan; (2) membagikan upah yang sesuai dan pantas pada pekerja; (3) membantu masyarakat yang mengalami cacat mental ataupun fisik agar memiliki kehidupan yang layak; (4) menaati undang-undang yang sudah diputuskan mengenai pengumpulkan dan mendayagunakan zakat, infaq dan shadaqoh (ZIS).

Kata Kunci : Ekonomi Islam; Pemerataan; Youtube; Tapen 


Full Text:

PDF

References


Al-Quran Terjemahan. (2015). Departemen Agama RI. Bandung: CV Darus Sunnah.

Abdullah Abdul Husain at-Tariqi. (2004). Ekonomi Islam: Prinsip, Dasar dan Tujuan. Yogyakarta: Magistra Insania Press.

Abul Hasan Muhammad Sadeq. (1991). Economic Development in Islam. Malaysia: Pelanduk Publication.

Aidit Ghazali. (1991). Islamic Thinkers on Economics, Administration and Transactions. Kuala Lumpur: Quill Publishers.

Dwi Eko Waluyo. (2006). Studi Tentang Bentuk Kemiskinan Penduduk Di Desa Cindogo Kecamatan Tapen Kab. Bondowoso. HUMANITY, 129-141.

Feri Sulianta. (2015). Keajaiban Sosial Media. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

M. Umer Chapra. (2000). Islam dan Tantangan Ekonomi. Jakarta: Gema Insani.

Miftakhul Khasanah. (2020). Peranan Media Sosial Sebagai Agen Sosialisasi Halal dalam Membangun Kesadaran Halal: Studi Netnografi. Al-Tijary, 139-157.

Navqi, Syed Nawab Haidar. (2003). Mengagas Ilmu Ekonomi Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Agustianto. (2009). Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi dalam Prespektif Islam. Diambil dari http://agustianto.niriah.com/2008/10/04/pertumbuhan-dan-pembangunan-ekonomiprespektif-ekonomi-islam-2.

Aria W Yudhistira. (2019). Youtube, Medsos No.1 di Indonesia. Diambil dari. https://katadata.co.id/ariayudhistira/infografik/5e9a55212afab/youtube-medsos-no-1-di-indonesia

Bayu Arie Fianto. (2019) . Pengaruh Sosial Media Halal dan Hubungan Konsumen pada Kepuasan Konsumen Muslim. Diambil dari http://news.unair.ac.id/2019/12/30/pengaruh-sosial-media-halal-dan-hubungan-konsumen-pada-kepuasan-konsumen-muslim/

Databoks. (2019). Berapa Pengguna Media Sosial Indonesia?. Diambil dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/02/08/berapa-pengguna-media-sosial-indonesia

Databoks. (2020). 10 Media Sosial yang Paling Sering Digunakan di Indonesia. Diambil dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/02/26/10-media-sosial-yang-paling-sering-digunakan-di-indonesia

Gajikaryawan.com. (2020). Gaji UMR Bondowoso & Gaji UMK Bondowoso Tahun 2020. Diambil dari https://gajikaryawan.com/gaji-umr-bondowoso/

Youtube Creators. (2021). Youtube Awards. Diambil dari https://www.youtube.com/creators/awards/




DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i3.20755 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.