Pengelolaan Wakaf Ditinjau Dari Hukum Islam dan Hukum Positif; Studi Kasus Yayasan Taman Mandiri Syari’ah Tangerang Banten

Heru Birowo, Irvan Iswandi

Abstract


Taman Mandiri Syari'ah Foundation is an organization in the social, humanitarian and religious. The foundation aims to raise the social dignity of orphans and poor people with zakat, infaq, shodaqoh, and waqf that are permitted by the Shari'a and legal funds from individuals, companies, community groups, or other institutions. The study uses Qualitative method with literary and empirical approach. The findings of this study are state waqf management of Taman Mandiri Syari'ah Foundation, based on the perspective of Islamic Law and Positive Law, the waqf process of Taman Mandiri Syari'ah Foundation, the provisions of the waqf have required the pillars and conditions. Yet the waqf letter, YTS as Nadzir for land waqf in Depok, has not completed the waqf document by register to National Land Agency. The waqf management has doing are land waqf and cash waqf.

Keywords: Waqf, Management, Law.

 

Abstrak

Yayasan Taman Mandiri Syari’ah merupakan lembaga yang bergerak di bidang sosial, kemanusiaan dan keagamaan. Yayasan ini dibangun dengan tujuan mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum yatim dan dhuafa dengan dana zakat, infak, shodaqoh serta wakaf dan dana-dana yang dihalalkan oleh syariat dan legal, baik dari perorangan, perusahaan, kelompok masyarakat, atau sumber lembaga lainnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif, dengan pendekatan literatur dan empiris. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Pengelolaan wakaf di Yayasan Taman Mandiri Syari’ah, berdasarkan tinjauan Hukum Islam dan Hukum Positif, proses perwakafan di Yayasan Taman Mandiri Syari’ah, ketentuan wakafnya sudah memenuhi rukun dan syarat. Namun dalam kelengkapan surat wakaf, YTS sebagai Nadzir atas wakaf tanah di Depok, belum melengkapi surat wakaf yang seharusnya didaftarkan ke Badan Pertanahan Nasional (BPN). Pengelolaan wakaf yang sudah berjalan di Yayasan Taman Mandiri Syari’ah berupa wakaf tanah dan wakaf tunai.

Kata Kunci: Pengelolaan, Wakaf, Hukum


Full Text:

PDF

References


Abbas, Ahmad Sudirman. 2006. Wakaf Perspektif Ulama Mazhab dan Hukum Positif. Bandung: Yayasan Nuansa Cendikia.

Al-Shan’ani, Muhammad bi Ismail. Subul al-Salam, Juz 3. Mesir: Dar Salam, 115.

Faisal, Haq A. Saiful Anam. 1992. Hukum Wakaf dan Perwakafan di Indonesia. Surabaya: PT. GBI anggota IKADI. Cet. Ke-1. Hal 24-27.

Fatwa MUI Tentang Wakaf.

Hasymi, Sherafat Ali. 1987. “Management of Waqf: Past and Present,” dalam Hasmat Basyar (ed.). Management and Development of Auqaf Properties. Jeddah: Islamic Research and Training Institute and Islamic Development Bank.

Kompilasi Hukum Islam, Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 1991.

Lubis, Suhrawardi K. dkk. 2010. Wakaf dan Pemberdayaan Umat. Jakarta: Sinar Grafika dan UMSU Publisher.

M.A. Mannan. 2001. Sertifikat Wakaf Tunai: Sebuah Inovasi Instrumen Keuangan Islam. Jakarta: PKTTI-UI.

Nazir M. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nurdin Zainal Arifin. 1988/1989. Perwakafan Tanah Milik di Indonesia. (Badan Pembina Perwakafan DKI Jakarta. Hal 6.

Peraturan Pemerintah RI Nomor 28 Tahun 1977, tentang Perwakafan Tanah Milik.

Peraturan Pemerintah RI Nomor 42 Tahun 2006.

Rozalinda. 2015. Manajemen Wakaf Produktif. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Suryadi Niryad Muqisthi (10100113034). 2017. Strategi Pengelolaan Wakaf Produktif dalam Rangka Pemberdayaan Umat di Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep [Skripsi]. Makassar: Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Undang-Undang Pokok Agraria Nomor 5 Tahun 1960.

Undang-undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf

Usman Suparman. 1994. Hukum Perwakafan di Indonesia. Jakarta: Darul Ulum. Cet. ke-1.

Wadjdy, Farid dan Mursyid. 2007. Wakaf dan Kesejahteraaan Umat: Filantrofi Islam yang Hampir Terlupakan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Warsun, Ahmad, Kamus al-Munawwir. 1997. Cet. 14, Surabaya: Pustaka Progresif.




DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i1.19655 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.