Etika Bisnis Unit Usaha Pesantren (Studi Kasus Pondok Pesantren Sahid Bogor dan Pondok Pesantren Ummul Qura’ Al-Islami Bogor)
Abstract
Abstract
Ethics in Islamic business cannot be separated, because without it there will be confusion in determining the truth in doing business and there will be many crimes in business, thus the purpose of this study is to determine the application of business ethics in the pesantren business unit. The research methodology used is qualitative descriptive with a case study of the Sahid Bogor modern Islamic boarding school and also the Ummul Qura al-Islami Islamic boarding school in Bogor. The results of the study indicate that Islamic boarding school is able to apply business ethics through Islamic boarding school business unit as a place for Islamic teaching values and values as well as the principles of business ethics as materials that can be taught to teacher, student and the community around Islamic boarding school.
Key words: Islamic business ethics, business units, Islamic boarding school
Abstrak
Etika dalam bisnis Islam tidak dapat terpisahkan, karena tanpanya akan menjadikan kerancuan dalam menentukan kebenaran dalam berbisnis serta akan terjadi banyak kejahatan dalam bisnis. Dengan begitu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan etika bisnis pada unit usaha pesantren. Metodologi penelitian yang digunakan berupa kualitatif deskriptif dengan studi kasus pondok pesantren modern Sahid Bogor dan juga pondok pesantren Ummul Qura al-Islami Bogor. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pesantren mampu menerapkan etika bisnis melalui unit usaha pesantren sebagai wadah dan nilai ajaran Islam serta prinsip etika bisnis sebagai bahan yang dapat diajarkan kepada asatidz dan santri serta masyarakat sekitar pesantren.
Kata kunci: Etika bisnis Islam, Unit usaha, Pesantren
Full Text:
PDFReferences
Afandi, Z. (2019). Strategi Pendidikan Entrepreneurship di Pesantren Al-Mawaddah Kudus. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 7(1), 55. https://doi.org/10.21043/bisnis.v7i1.5191
Ana Siti Sarpina Saripuddin, C. O., & Zulkifli, C. M. (2015). Concept of Business Ethics in Islam - Approach To the Entrepreneur 2 . Sources of Islamic Business Ethics. Journal of Asian Business Strategy, 5(1), 13–18. https://doi.org/10.18488/journal.1006/2015.5.1/1006.1.13.18
Annam, R. (2015). Etos kerja dan produktivitas kerja dalam upaya menjawab permasalahan ekonomi islam (perilaku mendapatkan uang/harta). Al-Masharif, 3(2), 36–54.
Anti Wulan Agustini. (2017). Distribusi kekayaan dalam ekonomi syariah. Keislaman, Kemasyarakatan, Dan Kebudayaan, 18(2), 129–146.
Ar Rahmah, R. (2017). etika dan manajemen bisnis islam (studi kasus di waroeng steak and shake cabang sm raja medan). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(2), 1–25. https://doi.org/10.32505/jebis.v2i2.183
Ardi, M. (2015). Etika Bisnis Dalam Ekonomi Islam. Jurnal Syari’ah, 3(1), 75–89. https://doi.org/10.30603/ab.v13i2.896
Arslan, Z. (2009). Islamic Business Ethics and Its Impact on Strategic Business Decision Making Process of Muslims. Tesis, Business Administration, Simon Fraser University, 77. http://summit.sfu.ca/item/770
Barus, E. E. (2017). Tauhid Sebagai Fundamental Filsafah Ekonomi Islam. Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, 2(1), 69–79. https://doi.org/10.24815/jped.v2i1.6648
Darussalam, A. (2019). Paradigma Bisnis Islam Perspektif Hadis. Tahdis: Jurnal Kajian Ilmu Al-Hadis, 6(1), 23–42.
Desiana, R., & Afrianty, N. (2017). Landasan Etika Dalam Ekonomi Islam. Al-Intaj, 3(1), 119–135.
Elbadriaty, B. (2018). Implikasi nilai-nilai etika pada bisnis perspektif al-Qur’an dan Al-Hadits. Profit: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan, 2(1), 19–34.
Elkarimah, M. F. (2016). Etos Kerja Islami Dalam Mewujudkan Kesejahteraan Sosial. Jurnal Nuha, 3(1), 93–108. ejournal.staimadiun.ac.id/index.php/annuha/article/download/.../65
Fadli, S. (2017). Kritik Seyyed Hossein Nasr. Jurnal Nalar, 1(1), 69–81.
Falah, R. Z. (2018). Membangun karakter kemandirian wirausaha santri melalui sistem pendidikan pondok pesantren. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 15(2). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v15i2.853
Fatmasari, D. (2014). Peran Kewirausahaan Dalam Pemberdayaan Ekonomi Pesantren (Sekilas Tentang Pesantren Ainurrafiq) Desa Panawuan, Kecamatan Cigandamekar Kabupaten Kuningan. Al-Amwal : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah, 6(2), 367–388. http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/amwal/article/view/263
Fauroni, L. (2009). Rekonstruksi Etika Bisnis: Perspektif Al-Qur’an. Iqtisad, 4(1), 91–106. https://doi.org/10.20885/iqtisad.vol4.iss1.art6
Febriyarni, B. (2016). Fiqh al-Hadis Etika Bisnis (Tinjauan Kesahihan dan Pemahaman). Al Istinbath : Jurnal Hukum Islam, 1(2), 141–160.
Hasan, A. (2012). Menyusuri Hakikat Kebenaran: Kajian Epistemologi atas Konsep Intuisi dalam Tasawuf al-Ghazali. Jurnal At-Ta’dib, 7(2), 189–203.
Hasbi, M. (2009). Konsep Tauhid sebagai Solusi Problematika Pendidikan Agama bagi Siswa Madrasah. Jurnal Insania, 14(2), 1–22.
Ichsan, N. (2015). Kerja, Bisnis, dan Sukses Menurut Islam. The Journal of Tauhidinomics, 1(2), 167–182. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/tauhidinomics/article/view/8434
Irsadunas, Afrida, Y., & Khairani, R. (2018). Tinjauan Etika Bisnis Islam Dalam Pengelolaan Corporate Social Responsibility. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 3(2), 145. https://doi.org/10.15548/jebi.v3i2.174
Issoufou, C. (2015). Significance of Islamic Business Ethics. International Journal of Current Research, 7(11), 23362–23363.
Khuza’i, R. (2005). Etika Bisnis dalam Persektif Islam. Mimbar: Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 21(1), 36–48. https://www.neliti.com/publications/154164/etika-bisnis-dalam-persektif-islam
Maghfur, I. (2016). Membangun ekonomi dengan prinsip tauhid. Malia, 7(2), 213–240.
Maharani, D. (2017). Penerapan kejujuran dan tanggung jawab dalam etika bisnis syariah pada wirausaha muslim di kecamatan medan marelan. Intiqad: Jural Agama Dan Pendidikan Islam, 9(1), 21–29.
Muthmainnah, & Nursyamsu. (2017). Landasan Hukum Islam : Etika Bisnis Syariah dan Faktor Pengembangannya. Jurnal Syariah, V(1), 53–78.
Nasyiah, I. (2014). Prinsip Keadilan Dan Keseimbangan Dalam Penentuan Nilai Tukar Barang (Harga) Perspektif Islam Dan Hukum Perlindungan Konsumen. Journal de Jure, 6(2), 117–127. https://doi.org/10.18860/j-fsh.v6i2.3205
Nawawi, H. (2013). Islamic business ethics between reality and history. Karsa, 21(1), 96–99. https://doi.org/10.4324/9781315406466-5
Norvadewi. (2014). Profesionalisme Bisnis Dalam Islam. Mazahib : Jurnal Pemikiran Hukum Islam, 13(2), 175–188. https://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/mazahib/article/view/391/307
Oktari, D. P., & Kosasih, A. (2019). Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri di Pesantren. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 42. https://doi.org/10.17509/jpis.v28i1.14985
Rahim, A. B. A. (2013). Understanding Islamic Ethics and Its Significance on the Character Building. International Journal of Social Science and Humanity, 3(6), 508–513. https://doi.org/10.7763/ijssh.2013.v3.293
Rofiah, K. (2014). Urgensi etika di dalam sistem bisnis islam. Justicia Islamica, 11(2).
Rohmah, elfi yuliani. (2016). Mengembangkan Karakter Tanggungjawab Pada Pembelajar. Al-Murabbi, 3(1), 36–54.
Saifuddin. (2008). Kajian Agama Dan Filsafat Tentang Kebenaran. Islam Futura, VII(2), 73–83.
Saleem, M., Khan, A., & Saleem, M. (2014). Business ethics in Islam. The Dialogue, xiii(3), 1–256. https://doi.org/10.4337/9781781006733
Suhadi, & Mursal. (2015). Implementasi Prinsip Islam Dalam Aktivitas Ekonomi: Alternatif Mewujudkan Keseimbangan Hidup. Jurnal Penelitian, 9(1), 67–92. https://doi.org/10.21043/jupe.v9i1.851
Sujianto, A. E. (2011). Modernitas Kyai Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Kewirausahaan Di Pondok Pesantren. Millah, 11(1), 153–170. https://doi.org/10.20885/millah.vol11.iss1.art7
Suwandi, A. (2017). Commerce Ethics of Muhammad PBUH’ and Universal Values in Era of Prophet Hood. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 7(1), 49. https://doi.org/10.21927/jesi.2017.7(1).49-60
Tiakoly, K., & Wahab, A. (2019). Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Usaha Pedagang Barang Campuran di Pasar Tradisional Gamalama. Jurnal Iqtisaduna, 5(1), 102–123.
Wakhidah, Z. (2017). Pengaruh penerapan etika bisnis islam terhadap customer retention pada baitul mal wat tamwil (BMT) Tumang boyolali. Tesis Magister Ekonomi PASCASARJANA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SURAKARTA.
Wartoyo. (2018). Etika Bisnis Islam: Konstruksi Nilai Keseimbangan Dan Kemanusiaan. Al-Amwal : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah, 10(2), 229–243. https://doi.org/10.24235/amwal.v10i2.3369
Windari. (2015). Perdagangan dalam islam. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 3(2), 19–34.
DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i1.19383 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.