Analisis Minat Beli Halal Branding Skincare Safi

Khairunnisa Permata Sari, Alfatih Manggabarani, Rusdi Musa Ishak

Abstract


Penelitian ini meneliti tentang minat beli masyarakat terhadap produk skincare Safi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel apa saja yang mempengaruhi minat beli masyarakat terhadap produk sincare Safi, penelitian ini mencangkup variabel halal branding, endorser non-selebrity serta brand trust. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan pendekatan Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS). Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) halal branding tidak berpengaruh terhadap minat beli dengan nilai thitung 1,774 < ttabel 1,985 dan nilai signifikan sebesar 0,077 > 0,05; (2) halal branding berpengaruh positif secara signifikan terhadap brand trsut dengan nilai thitung 5,594 > ttabel 1,985 dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05; (3) endorser non-selebrity berpengaruh positif terhadap minat beli dengan nilai thitung 3,480 > ttabel 1,985 dan nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05; (4) endorser non-selebrity berpengaruh positif terhadaap Brand Trust dengan nilai thitung 3,984 > ttabel 1,985 dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05; (5) Brand Trust berpengaruh positif terhadap minat beli dengan nilai thitung 7,932 > ttabel 1,985 dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi.

 

Kata Kunci : Halal Branding, Endorser Non-Selebrity, Brand Trust, Minat Beli, Produk Skincare Safi


 


Full Text:

PDF

References


Abhishek Dwivedi A,⇑, Lester W. Johnson. (2013) ‘Trust–Commitment As A Mediator Of The Celebrity Endorser–Brand Equity Relationship In A Service Context’.

Ali Afzaal, Ali Adnan & Sherwani Mehkar. (2017) ‘Shaping Halal Into A Brand? Factors Affecting Consumers’ Halal Brand Purchase Intention’.

Aziz Mubarok Dadan Abdul. (2016) ‘Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Minat Beli Konsumen, Studi Pada Konsumen Mahasiswa Kelas Reguler Sore Stie Inaba Bandung’.

Belch, George E Dan Belch Michael A. (2009) ‘Advertising And Promotion: An Integratedmarketing Communication Perpective’ 8th Edition, Mcgraw-Hill, New York.

Bungin, B. H. M. (2014). ‘Metodologi Penelitian Kuantitatif’ Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Delgado, Ballester E. (2004) ‘Does Brand Trust Scale Across Product Categories: A Multigroup Invariance Analysis. European Journal Of Marketing’.

Dharmayana Made Arya Dan Bayu Rahanatha Gede. (2017) ‘Pengaruh Brand Equity, Brand Trust, Brand Preference, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Niat Membeli Kembali’.

Dwi Septiani1 Indriana, Sampurno, Derriawan. (2019) ‘Pengaruh Endorser Non-Selebriti Terhadap Brand Image Dan Brand Trust Serta Berdampak Pada Minat Beli Konsumen Produk Pond’s Instabright Tone Up Milk Cream Melalui Media Sosial Instagram’.

Dwi Wahyu Pril Ranto. (2013) ‘Menciptakan Islamic Branding Sebagai Strategi Menarik Minat Beli Konsumen’

Ferdinand, A. (2006) Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, Dan Disertasi Ilmu Manajemen’, Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hardilawati1wan Laura, Diane Binangkit Intan, Perdana Riky. (2019) ‘Endorsement: Media Pemasaran Masa Kini’.

Imam Ghozali, (2014) Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS).

Jesslyn, Eko H. S. (2018) ‘Analisis Penggunaan Label Halal Pada Produk Kecantikan Brand Safi Dalam Menarik Minat Beli Masyarakat’

Karina Indah Rohmatun, Citra Kusuma Dewi. (2017) ‘Pengaruh Pengetahuan Dan Religiusitas Terhadap Niat Beli Pada Kosmetik Halal Melalui Sikap’.

Karina Indah Rohmatun, Citra Kusuma Dewi. (2017) ‘Pengaruh Pengetahuan Dan Religiusitas Terhadap Niat Beli Pada Kosmetik Halal Melalui Sikap’.

Keller, Kevin Lane. (2013) ‘Strategi Brand Management’ (Building, Measuring And Managing Brand Equity), Fourth Edition, Practice Hall, New Jersey.

Kotler, Philip & Armstrong. (2012) ‘Marketing Management’ 14th Edition New Jersey: Pretice Hall.

Kotler, Philip & Gerry Armstrong. (2014) ‘Principle Of Marketing’ 15th Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Kotler, Philip Dan Armstrong, Garry. (2008) ‘Prinsip-Prinsip Pemasaran’ Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip Dan Keller Kevin Lane. (2009) ‘Manajemen Pemasaran’ Jilid 1 Edisi Ke 13, Jakarta.

Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keller. (2012) ‘Marketing Management’ Edisi 14 New Jersey: Global Edition, Person Prentice Hall.

Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keller. (2016) ‘Marketing Management’ 15th Edition, Pearson Education, Inc.

Kotler, Philip Dan Nancy Lee. (2007) ‘Pemasaran Di Sektor Publik’ Jakarta: Pt. Macanan Jaya Cemerlang.

Manap, Abdul. (2016) ‘Revolusi Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama’ Mitra Wacana Media, Jakarta.

Maya Anggraeni, Asnawati. ‘Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening, Studi Kasus Iklan Produk Perawatan Kecantikan Wardah’.

Mohd Yusof, Y, Wan Jusoh, W. (2014) ‘Islamic Branding: The Understanding And Perception.

Morissan, M.A. (2010) ‘Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Kencana Prenada Media Group, Jakarta. 2010

Nasrullah Muhammad, (2015) ‘Islamic Branding, Religiusitas Dan Keputusan Konsumen Terhadap Produk’.

Nasrullah Muhammad. (2015) ‘Islamic Branding, Religiusitas Dan Keputusan Konsumen Terhadap Produk.

Ni Made Arie Ismayanti, I Wayan Santika (2017) ‘Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Kualitas Produk Terhadap Niat Beli Sepatu Olahraga Nike Di Kota Denpasar’.

Noor, J. (2014). Analisis Data Penelitian Ekonomi dan Manajemen, Jakarta: Penerbit PT Grasindo

Nor Pujawati Dan Wan Noraini. (2015) ‘Celebrity And Non-Celebrity Endorsement Effectiveness On Consumers’ Attitude Towards Advertisement’.

Schiffman Dan Kanuk. (2010) ‘Perilaku Konsumen’ Pt. Indek, Jakarta.

Semuel Hatane, Suryanata Liant Adi. (2014) ‘Analisis Ewom, Brand Image, Brand Trust Dan Minat Beli Produk Smartphone Di Surabaya’.

Shimp, Terence A. (2010) ‘Advertising, Promotion & Other Aspects Of Integrated Marketing Communication’ 8th Edition. Cengage Learning, South-Westem.

Sugiono. (2013) ‘Statistika Untuk Penelitian’ Alfabeta, Bandung.

Sugiono. (2014) ‘Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D’, Alfabet.

Sugiono. (2017) ‘Statistic Untuk Penelitian’, Alfabet.

Sugiyono, 2010. ‘Metode Penelitian Bisnis’ Edisi 5 Bandung: Alfabeta.

Swastha, Bashu Dan Sukotjo, Ibnu (2010) ‘Pengantar Bisnis’, Yogyakarta: Liberti.

Tjiptono, F. (2011) ‘Strategi Pemasaran’, Yogyakarta.

Vita Briliana, Nurwanti Mursito. (2017) ‘Exploring Antecedents And Consequences Of Indonesian Muslim Youths' Attitude Towards Halal Cosmetic Products: A Case Study In Jakarta’

Industry kosmetik nasional tumbuh 20%, diakses tanggal 22 Mei 2020 https://kemenperin.go.id/artikel/18957/Industri-Kosmetik-Nasional-Tumbuh-20

Nilai pangsa pasar dan pertumbuhan pangsa pasar kosmetik tahun 2010-2015, diakses tangga 22 Mei 2020 https://i2.wp.com/duniaindustri.com/wp-content/uploads/2015/12/nilai-pasar-industri-kosmetik.jpg

Badan POM RI dukung daya saing produk kosmetik Indonesia, diakses tanggal 22 Mei 2020 https://www.pom.go.id/new/view/more/pers/387/SIARAN-PERS-Badan-POM-RI-Dukung-Daya-Saing-Produk-Kosmetik-Indonesia.html

Berbagai macam produk halal di Indonesia dari tahun 2014-2018, diakses tanggal 22 Mei 2020 https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-49261085

Keunggulan yang ditawarkan skincare Safi, diakses tanggal 24 Mei 2020 https://www.safiindonesia.com/

Kunjungan beberapa selebgram ke Safi Research Institute Malaysia, diakses tanggal 24 Mei 2020 Https://Www.Safiindonesia.Com/Gallery/Photo/Safi-Research-Institute-Visit




DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i1.19054 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.