Dampak Pemaksaan Pembelajaran Daring Dalam Pendidikan Islam Selama Pandemi COVID-19 Perspektif Neurosains

Faturrahman 'Arif Rumata, Suyadi Suyadi

Abstract


Online learning in the midst of the COVID-19 pandemic was chosen to be a solution in replacing conventional learning which has had a serious impact on students. Limited internet access and the lack of creativity and innovation in the learning concept make students traumatized by education in undergoing the learning process. This paper wants to examine the impact of coercion in online learning during the COVID-19 pandemic as well as the impact on the brains of students. The research data comes from digital literature such as online news, journals, websites, and online documents. The collected data is then reduced and constructed into a new, whole and fresh concept. Data analysis was performed using content analysis that emphasizes intertextuality and meaning creativity. The results showed that the difficulties of online learning due to limited access and poor learning concepts created new problems for students, namely the weakening of student achievement. Students who are unable to access learning and understand learning material properly are not able to achieve competence. This condition will reduce the quality of education.

Keywords: Online Learning, the impact of coercion, COVID-19, Islamic Education

 

Abstrak

Pembelajaran daring di tengah pandemi COVID-19 dipilih menjadi solusi dalam menggantikan pembelajaran konvensional telah menimbulkan dampak serius bagi para peserta didik. Terbatasnya akses internet dan minimnya kreativitas dan inovasi dalam konsep pembelajaran membuat peserta didik menjadi trauma edukasi dalam menjalani proses pembelajaran. Tulisan ini ingin menguji seberapa besar dampak pemaksaan dalam pembelajaran daring selama masa pandemi COVID-19 serta dampak terhadap otak peserta didik. Data penelitian ini bersumber dari literatur digital seperti, berita online, jurnal, website, maupun dokumen-dokumen online. Data-data yang terkumpul, kemudian direduksi dan dikonstruksi menjadi konsep baru yang utuh dan fresh. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis isi yang mengedepankan intertekstualitas dan meaning creativity. Hasil penelitian menujukkan bahwa kesulitan pembelajaran daring akibat keterbatasan akses dan konsep pembelajaran yang buruk menimbulkan masalah baru bagi para peserta didik yakni melemahnya prestasi belajar siswa. Siswa yang tidak mampu mengakses pembelajaran dan memahami materi pembelajaran dengan baik sama dengan tidak dapat mencapai kompetensi. Kondisi ini akan menurunkan mutu pendidikan.

Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Dampak Pemaksaan, COVID-19, Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Akbar, G. “Metode Pembelajaran Alquran Melalui Media Online.” Indonesian Jurnal on Networking and Security (IJNS) 2 (2013).

Ali Sadikin, Afreni Hamidah. “Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi 6 (2020).

Awik Setiyono, Hendy Hendarto, Budi Prasetyo, Margarita M. Maramis. “Pengaruh Tingkat Stres Dan Kadar Kortisol Dengan Jumlah Folikel Dominan Pada Penderita Infertilitas Yang Menjalani Fertilisasi Invitro.” Majalah Obstetri & Ginekologi 23 (2015).

Belawati, Tian. Pembelajaran Online (BNBB). Kesatu. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2019.

Bender, Crhistian Luis, Xingxing Sun, Muhammad Farooq, Qian Yang, Caroline Davison, Matthieu Maroteaux, Yi-shuian Huang, Yoshihiro Ishikawa, and Siqiong June Liu. “Emotional Stress Induces Structural Plasticity in Bergmann Glial Cells via an AC5–CPEB3–GluA1 Pathway” (n.d.).

Daulay, Nurussakinah. “Struktur Otak Dan Keberfungsiannya Pada Anak Dengan Gangguan Spektrum Autis: Kajian Neuropsikologi.” Buletin Psikologi 25 (2017).

Diana Novita, Addiestya Rosa Hutasuhut. “Plus Minus Penggunaan Aplikasi-Aplikasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi COVID-19” (2020).

Egan, Kieran, Maureen Stout, and Keiichi Takaya. Teaching and Learning Outside the Box: Inspiring Imagination Across the Curriculum. Teachers College Press, 2007.

Herliani Dwi Putri Halim, Nurhadi Ibrahim. “Efek Neuroprotektif Ekstrak Akar Acalypha Indica 500 Mg/KgBB Terhadap Perubahan Inti Sel Saraf Hipokampus Pascahipoksia Serebri.” Efek Neuroprotektif 1 (2013).

Ibrahim. “Perpaduan Model Pembelajaran Aktif Konvensional (Ceramah) Dengan Cooperatif (Make – a Match) Untuk Menigkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan.” Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora 3 (2017).

Lestari, Sudarsri. “Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi.” Pendidikan Agama Islam 2 (2018).

Mahnun, Nunu. “Implementasi Pembelajaran Online Dan Optimalisasi Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Online Di Perguruan Tinggi Islam Dalam Mewujudkan World Class University.” IJIEM: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan 1 (2018).

Meidawati Suswandari. Pembelajaran New Normal, 2020.

Ming, Guo-li, and Hongjun Song. “ADULT NEUROGENESIS IN THE MAMMALIAN CENTRAL NERVOUS SYSTEM.” Annual Review of Neuroscience 28, no. 1 (July 21, 2005).

Pasiak, Taufiq. Revolusi Iq/eq/sq. PT Mizan Publika, n.d.

Rahmayanti, Indah, and Andi Wibowo. “Keseuaian Alat Evaluasi dengan Aspek Kognitif pada Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas XI SMA Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 Terbitan Yrama Widya (Analasis Isi)” (n.d.).

Rizqon Halal Syah Aji. “Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, Dan Proses Pembelajaran.” Jurnal Sosial & Budaya Syar-i 7 (2020).

Roman Andrianto Pangondian, Paulus Insap Santosa, Eko Nugroho. “IPTEK/TIK, Pembelajaran Daring, Aplikasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19, Plus Minus Penggunaan Aplikasi Daring.” Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (2019).

Sangkanparan, Hartono. Dahsyatnya Otak Tengah: Jadikan Anak Anda Cerdas Saat Ini Juga. VisiMedia, 2010.

Suadu, Fikri. Manusia Unggul: Neurosains dan Al-Qur’an. Penjuru Ilmu Sejati, 2017.

Subaryana. Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: IKIP PGRI Wates, 2005.

Suyadi. Pendidikan Islam Dan Neurosains. Prosiding Konferensi Nasional Ke- 6 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (APPPTMA), 2017.

———. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains. PT. Remaja Rosdakarya, 2017.

Yastab, Rezky A., Taufiq Pasiak, and Sunny Wangko. “Hubungan Kinerja Otak Dan Spiritualitas Manusia Diukur Dengan Menggunakan Indonesia Spiritual Health Assesment Pada Pemuka Agama Di Kabupaten Halmahera Tengah.” e-Biomedik (eBM) 2 (2014).

Zulissetiana, Eka Febri, and Puji Rizki Suryani. “Degenerasi Kognitif pada Stres Kronik” (n.d.).




DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i3.18573 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.