Analisis Keefektivitasan Pemanfaatan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Corona (Covid-19)
Abstract
Abstrak
Internet dapat dijadikan cara untuk mentransfer ilmu pengetahuan dari Dosen kepada mahasiswa/mahasiswi. Adapun Pembelajaran yang memanfaatkan internet salah satunya adalah media pembelajaran E-Learning. E-learning adalah pembelajaran jarak jauh (distance learning) yang memanfaatkan teknologi komputer atau jaringan komputer atau internet E-learning, sehingga dapat memungkinkan proses pembelajaran melalui komputer di tempat mereka masing– masing tanpa harus secara fisik pergi mengikuti pelajaran atau pun perkuliahan di kelas, Sistem pembelajaran e-learning adalah cara baru dalam proses belajar mengajar. E-learning sebagai media pembelajaran khususnya mata kuliah PAI memberikan peran sangat penting dan fungsi yang besar pada mata kuliah tersebut karena selama ini terdapat banyak kekurangan dan kelemahan seperti keterbatasan ruang dan waktu dalam proses belajar mengajar melalui E-learning yang mengedepankan keefisienan dalam belajar sehingga mahasiswa mendapat pengajaran yang penuh meski tidak harus bertatap muka, juga bisa di akses di mana saja, kapan saja, sesuai dengan tugas yang diberikan oleh dosen biasanya terjadwal dengan batas waktu yang di tentukan. Pengembangan pendidikan menuju e-learning merupakan suatu keharusan agar standar mutu pendidikan dapat ditingkatkan, E-learning merupakan salah satu penggunaan teknologi internet dalam penyampaian pembelajaran serta jangkauannya yang luas. E-learning juga dapat menjadi jawaban dari suatu permasalahan kesehatan yaitu Pandemi Corona (Covid-19) ini yang sangat berpengaruh juga pada setiap aspek kehidupan terutama bidang pendidikan.
Kata kunci : Keefektifitas, Pemanfaatan, Pendidikan Agama Islam, E-Learning, Covid 19.
Full Text:
PDFReferences
A.m. Dumar (2009). Swine Flu: What You Need to Know. Wildside Press LLC. hlm. 7. ISBN 9781434458322. "WHO says it no longer uses 'pandemic' category, but virus still emergency". Reuters (dalam bahasa Inggris). 24 February 2020. Diakses tanggal 29 February 2020.
Ahmadi, Abu. dkk., Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2003.
Ali, Muhammad. 2009, Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik. Jurnal Edukasi Vol. 5 No. 1. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2009.
Arsyad. Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Bisri, Khasan. 2009. Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran E-learning Berbasis Browser Based Training Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Kompetensi Pemeliharaan/ Servis Transmisi Manual dan Komponen. UNS.
Darminto, Dwi Prastowo; & Julianty, Rifka. 2002, Analisis Laporan Keuangan: Konsep Dan Manfaat. Yogyakarta: AMP YKPN
Hamzah, Arief Rifkiawan. Konsep Pendidikan Dalam Islam Persfektif Ahmad Tafsir, Jurnal At-Tajdid, Volume 1 No. 1 Januari-juni 2017, hal 73-89
Kamus Besar Bahasa Indonesia https://kbbi.web.id/efektivitas
Majid, Abdul. 2004, Pendidikan Agama Islam (KBK 2004), Bandung : Remaja Rosda Karya
Miarso, Yusuf Hadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Mukharom, M; & Aravik, H. (2020). Kebijakan Nabi Muhammad Saw Menangani Wabah Penyakit Menular dan Implementasinya dalam Konteks Penanggulangan Coronavirus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(3).
Nizar, Samsul. 2002. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pres.
Rice, William. 2006. Moodle, E‐Learning Course Development: A Complete Guide to Successful learning using Moodle, Birmingham, UK: Packt Publishing.
Rosenberg, Marc. 2007. The eLearning Guild's Handbook of e-Learning Strategy. Santa Rosa : The eLearning Guild.
Suhirman. 2018, Pengelolaan Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik, Journal Al Fitrah, Journal Of Chilhood Islamic education, Vol.2 No.1 Juli 2018, hal 159-173,
Suyanto, Asep Herman. 2005. Mengenal E-Learning. Universitas Gadjah Mada.[On-Line]. Tersedia : http:www.asep-hs.web.ugm.ac.id.
Tafsir, Ahmad. Imu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya,1992.
Triono, Lovi. 2007. Urgensi Penggunaan dan Pengembangan Teknologi Informasi Dalam Pendidikan (e-learning). (Online) http://83ngko3l3n.files. wordpress.com/2007/11/e-learning.pdf.
Zuhairini. dkk, 1993, Metodologi Pendidikan Agama 1, Solo, Ramadhani.
https://news.detik.com/berita/d-4943950/latar-belakang-virus-corona-perkembangan-hingga-isu-terkini
http://id.m.wikipedia.org/wik/Pandemi
https://www.kompas.com/global/read/2020/03/12/001124570/who-umumkan-virus-corona-sebagai-pandemi-global?page=all
https://www.inews.id/lifestyle/health/3-saran-who-agar-tidak-cemas-hadapi pandemicovid- 19
https://bebas.kompas.id/baca/riset/2020/04/18/rangkaian-peristiwa-pertamacovid-19/ https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public
https://www.cnbcindonesia.com/news/20200312075307-4-144247/who nyatakanwabah-covid-19-jadi-pandemi-apa-maksudnya
https://www.unicef.org/indonesia/id/coronavir.
https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah/article/download/1513/1296
DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i10.17371 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.