MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS SEBAGAI ALAT ETIKA KOMUNIKASI DALAM BISNIS ISLAM

Yuke Rahmawati

Abstract


Abstract: Public Relations Management as a Tool of Business Communication Ethics Islam. Public relations is as an intermediary between the head of the organization and its publics. In an effort to foster good community relations, internal and external. Public relations profession generally believed to be a facilitator, motivator, and even become agents of change. One definition says PR is a method of communication to create a positive image of the partner organization on the basis of respecting mutual interests. Management of public relations in the business of Islam, does not give a different sense, because basically the concept of PR is highly recommended in Islam. If the analogy meaning of public relations as a procedure for communicating the good, true and effective, then the concept of Islam has clearly explain to some verses in the Koran.

 

Keywords: Public Relations, Islamic Business, Management, Methods

 

Abstrak: Manajemen Public Relations Sebagai Alat Etika Komunikasi Dalam Bisnis Islam. Public relations merupakan sebagai perantara antara pimpinan organisasi dengan publiknya. Baik dalam upaya membina hubungan masyarakat internal, maupun eksternal. Profesi public relations pada umumnya diyakini akan menjadi fasilitator, motivator, bahkan menjadi agen perubahan. Salah satu definisi menyebutkan PR adalah metode komunikasi untuk menciptakan citra positif dari mitra organisasi atas dasar menghormati kepentingan bersama. Manajemen public relations pada bisnis Islam, tidak memberikan pengertian yang berbeda, karena pada dasarnya konsep PR ini sangat direkomendasikan dalam Islam. Bila dianalogikan makna public relation sebagai tata cara berkomunikasi yang baik, benar dan efektif, maka konsep Islam telah jelas menerangkannya pada beberapa ayat dalam Alquran.

 

Kata Kunci: public relation, bisnis Islam, manajemen, metode

DOI:10.15408/sjsbs.v1i2.1537


Full Text:

PDF

References


Andini Marta, Manajemen dan Public Relations, dalam http://strategikomunikasi. blogspot.com/2012/02/ manajemen-dan-public-relations.html, diunduh pada tanggal 6 feb 2013

Ani Yuningsih, Peran Sstrategis Profesi Public Relation Dalam Membangun Kemintraan Berbasis Nilai Spiritual; Studi Deskriptif Analitis terhadap Peran Strategis Profesi PublicRelations Sebagai Fasilitator Kemitraan Antara Pemerintah, Komunitas Sipil dan Komunitas Bisnis dalam Meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Jawa Barat, Jurnal Mimbar, Volume XXII No. 4 Oktober – Desember 2006

F. Rachmad, Public Relations dalam Teori dan Praktek, (Jakarta, Pt. Gramedia Pustaka Utama, 1993, hal 111. Lihat juga Redi Panuju, Komunikasi Bisnis, (Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama, 2000), Cet-ke 2.

Irmulan Sati, Manajemen Public Relations, dalam http://kk.mercubuana.ac.id/files/99006-3-549085894829.doc, di unduh pada tanggal 8 februari 2013.

Lucy Indrawati, Analisis Strategi Internal Public Relations Dalam Mengembangkan Komunikasi Dengan Pihak Investor (Studi Kasus Pada PT Barito Pasivic Tbk) dalam http://library.binus.ac.id/eColls/eThesis/Bab2/2011-2-00638-MC%20Bab2001.pdf , diunduh pada tanggal 18 Februari 2013.

Mike Beard, Manajemen Departemen Public Relations, (Jakarta: Penerbit Erlangga, 2001), Edisi Kedua.

Patricia J. Parson, Etika Public Relations; Panduan Praktik Terbaik (terj), (Jakarta:Esesnsi Erlangga Group, 2006).

Redi Panuju, Komunikasi Bisnis, (Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama, 2000), Cet-ke 2.

Rosady Ruslan, Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi, (jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2003).

S.K. Bonar, Hubungan Masyarakat Modern, (Jakarta : penerbit Rineka Cipta, 1993), Cetakan -3.

Sutrisna Dewi, Komunikasi Bisnis, (Yogyakarta, Penerbit : ANDI Yogyakarta, 2007).

Admin, Public Relations dan Komunikasi Publik, dalam http://www.duniaesai.com/index.php?option=com_content&view=article&id=470:pr-dan-komunikasi-publik&catid=41:komunikasi&Itemid=93 , diunduh pada tanggal 18 Februari 2013

Admin, Tantangan dan Kompetensi Profesi Public Relations, dalam http://operadewa.wordpress.com/2011/12/11/tantangan-dan-kompetensi-profesi-public-relations/ , di undunh pada tanggal 18 Februari 2013

Admin, Teladan rasul dalam Bisnis Masa Kini, dalam http://www.uin-malang.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=377:teladan&catid=27:gema-edisi-37&Itemid=182 , di unduh pada tanggal 18 feb 2013.




DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v1i2.1537 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.