Impact of Corona Virus Outbreak Towards Teaching and Learning Activities in Indonesia
Abstract
Abstract
Lately, the world community was shocked by the Coronavirus outbreak that originated in the city of Wuhan, China that occurred in November 2019 last year. Coronavirus is very dangerous because until now no cure or vaccine has been found. Coronavirus attacks the human respiratory tract quickly. Transmission of this virus through, airborne and air to fellow humans. Its spread is very fast and cross-continent, WHO determined the spread of this virus over the plague and endemic, most of the countries registered at the UN contracted this virus, including Indonesia. This article aims to explain the impact of the coronavirus on teaching and learning activities, which so far teaching and learning processes are held in schools or classes but with the co-19 pandemics, teaching and learning activity is moved at home by E-Learning using various technological devices, such as smartphones, computers, and notebooks. The impact caused by the coronavirus involves various aspects, such as social, cultural, and worse, economic aspects. This study is carried out through a literature study by looking at the results of surveys and studies of literature, journals, and documents of several prints and electronic media and books relating to teaching and social society, sociology and anthropology. The conclusion of this paper shows the government's step in issuing policies to the public not to do any activities outside the home, all work is carried out from home, including teaching and learning activities.
Keywords: Impact, Plague, Virus corona, Teaching, and Learning Activities
Abstrack
Akhir-akhir ini masyarakat dunia digemparkan oleh terjadinya wabah Coronavirus yang berasal dari kota Wuhan, China yang terjadi di bulan November 2019 tahun lalu. Corona virus ini sangat berbahaya karena sampai saat ini belum ditemukan obat atau vaksin penanggulangannya. Coronavirus menyerang saluran pernapasan manusia dengan cepat. Penularan virus ini melalui, airborne dan udara kepada sesama manusia. Penyebarannya yang sangat cepat dan lintas benua, WHO menetapkan penyebaran virus ini diatas wabah dan endemic, sebahagian besar negara yang terdaftar di PBB terjangkit virus ini, termasuk juga Indonesia.Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan dampak dari virus corona terhadap kegiatan belajar mengajar, yang selama ini proses belajar mengajar diadakan di sekolah atau kelas tetapi dengan adanya pendemi covid-19, KBM dipindahkan di rumah secara E-Learning dengan mengunakan berbagai alat technologi, seperti smartphone, komputer dan notebook. Dampak yang disebabkan oleh virus corona ini menyangkut perbagai aspek, seperti aspek sosial, budaya, dan yang lebih parah adalah aspek ekonomi. Kajian ini dilakukan melalui studi pustaka dengan melihat hasil-hasil survei dan studi literatur, journal dan document beberapa media cetak maupun elektronik serta buku yang berhubungan dengan pengajaran dan sosial masyrakat, sosiologi dan antropologi. Kesimpulan dari tulisan ini menunjukkan adanya langkah pemerintah mengeluarkan kebijakan kepada masyarakat untuk tidak beraktivitas apapun diluar rumah, semua pekerjaan dilaksanakan dari rumah, termasuk kegiatan belajar dan mengajar (KBM.
Keyword: Dampak, Wabah, Viruscorona, Kegiatan Belajar MengajarFull Text:
PDFReferences
Buku:
Handbook of facilitating flexible learning during education disruptions. UNESCO International Research and Training Centre for Rural Education. The Chinese experience in maintaining disruptions learning in the COVID-19 outbreak .2020.
Hardianto, Deni. Majalah Ilmiah Pembelajaran. Vol. 1 Jakarta. 2005.
Huang, R.H., Liu, D.J., Tlili, A., Yang, J.F., Wang, H.H., et al. Handbook on Facilitating Flexible Learning During Educational Disruption: The Chinese Experience in Maintaining Undisrupted Learning in COVID-19 Outbreak. Beijing: Smart Learning Institute of Beijing Normal University.2020.
Kennedy, Paul, Menyiapkan Diri menghadapi Abad ke-21. Yayasan Obor: Jakarta. 1995.
P, M. Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung. Penerbit.Remaja Rosda Karya. ISBN 979-514-036-1. Edisi pertama. cetakan ke. XXVII. 1997.
Purwadinata, 1967, Psikologi Pendidikan dengan Pendidikan Baru. PT Remaja Rosdakarya: Bandung. 1997.
Suparno, Paul. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Penerbit Kanisius. Solso. 1991.
Suparno, Paul. Teori Perkembangan Kognitif. Public. Kanisius, Jakarta. .1997.
Media on-Line.
Audrey Azoulay, UNESCO. Dirjen UNESCO Director-General of the United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) seen on 22 Maret 2020.
Dedy Afrianto, Seminar antisipasi Dampak Covid-19 di Sektor PendidikanPandemi Covid-19 yang disebabkan virus korona baru memberikan dampak pada sektor pendidikan. 2020.
Fathan, Anggota komisi V. DPR RI, berbicara masalah penangulangan Covid-19. (Dilihat 20 MARET 2020.
Haryono. 2017. Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Abad 21. Makalah Seminar Nasional Teknologi Pendidikan dengan Tema “Inovasi Pendidikan di Era Cyber dan Peran Teknologi Pendidikan/Pembelajarann dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia” di Banjarmasin. Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Ristekdikti. 2018. Mempersiapkan SDM Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.
Hendarti, Yuli. Guru SMA Negeri 1 Pemali, Kab. Bangka, Bangka BelitungMedia online.
Hendarti, Yuli. Optimalisasi Pembelajaran Berbasis Online Selama Covid-19 https://www.rakyatpos.com/optimalisasi. (searching, 22 Maret 2020).
https://aceh.tribunnews.com/2020/03/21/pengaruh-corona-terhadap-kehidupan-sosial-masyarakat.
https://anteroaceh.com/news/corona-dan-dampak-sosial/index.html.
https://kompas.id/baca/riset/ (dilihat pada tanggal 20 /03/ 2020.
https://www.rakyatpos.com/dampak-penyebaran-virus-corona-terhadap-pembelajaran-di-sekolah.html/
Lestari Dewi, (13 “Teori-teori Belajar dan Pembelajaran”, http://biologi-lestari.blogspot.co.id
M Razi Rahman,https://today.line.me/i ntaranews.com dilihat 20 maret 2020.
Muhammad Rajab Director of Ma'had and Islamic Studies Tazkia International Islamic Boarding School, Malang. Seminar, 2020.
Nadiem makarim. (Kompasiana, 2020). 15/03/2020). Dilihat 21- maret 2020.
Prayanto, Yugi. Dalam acara Outlook Perikanan 2020 di Jakarta, Rabu (26/2. 2020. (seen on 22 Maret 2020.)
Sapto Waluyo (Center for Indonesian Reform) https://www.suara.com/
serambinews.com dengan judul Pengaruh Corona terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat,
Teori Pembelajaran”, (13 september 2016) http://joegolan.wordpress.co.id
Uffie, Direktur kelas Pinter, aplikasi pembelajaran –e –Learning. 2020.
Undang-Undang Nomor 59 berdasarkan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan
Website Pemda DKI : http://corona.jakarta.go.id.
DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15104 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.