Kontribusi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Gerakan Hijab Syar-i Di SMAN 2 Kota Bogor

Santi Santi, Syarifah Gustiawati Mukri

Abstract


Abstract:

This study aims to determine the role of the teacher of Islamic education in building awareness of the veiled and to determine the extent to which the awareness of schoolgirls in headscarves. This research uses qualitative method with descriptive approach. The subjects in this study were teachers of Islamic religious education, deputy curriculum and students in grade 11 mathematics 2 which amounts to 5 people. Techniques in this research is using interviews, observation, documentation and triangulation. The results of this study are the Role of teachers in the learning of the teacher as mentor, teacher as an example or a role model, teacher as advisor, teacher as coach, teacher as reformer, teacher as mediator and facilitator, the teacher as the evaluator.

Keywords: Role of Teachers, The consciousness of the veiled

Abstrak:                                                  

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam dalam membangun kesadaran berjilbab dan untuk mengetahui sejauh mana kesadaran siswi dalam berjilbab. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif.  Subyek dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam, wakasek kurikulum dan siswa kelas 11 mipa 2 yang berjumlah 5 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Peran guru PAI dalam pembelajaran yaitu sebagai guru pembimbing, yangdicontoh atau diteladani, guru sebagai penasehat, guru sebagai pelatih, guru sebagai pembaharu, guru sebagai mediator dan fasilitator, guru sebagai evaluator.

Kata kunci: peran guru PAI, kesadaran berjilbab.


References


Abidin, Zainal. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bogor: Graha Widia Sakti, 2012.

Aji, Ahmad Mukri. Urgensi Maslahat Mursalah Dalam Dialektika Pemikiran Hukum Islam, Bogor: Pustaka Pena Ilahi, 2012.

Asmani, Jamal Ma’mur. 7 TIPS APLIKASI PAKEM. Jogjakarta: DIVA PRESS, 2013.

Bakr, Zaid. Menjagaa Kesucian Wanita Muslimah, Rembang: Pustaka Anisa, 2004.

Barizi Ahmad, Menjadi Depok,Guru Unggul, Depok: Ar-Ruzz Media, 2009.

Departemen Agama RI, Al-Hikmah Al-Qur’an dan terjemahnya. Bandung: Diponegoro, 2010.

Ivo, Aatrie. Bukti Cintaku Padamu. Bandung : Pt. Mizan Pustaka, 2008.

Mukri, Syarifah Gustiawati. “Pendidikan Seks Usia Dini Dalam Perspektif Hukum Islam,” Mizan: Jurnal Ilmu Syariah, Vol.3, No. 1 (2015).

Mulyasa. Menjadi Guru Profesional, Bandung: Pt.Remaja Rosdakarya, 2006.

Raco, J.R. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik, Dan Keunggulannya, Jakarta: Pt. Gramedia Widiasarana Indonesia, 2010.

Slameto, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010.

Subky Badruddin, Tafsir II Pendidikan Islam, Depok: Indie Publishing, 2015.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2016.

Sukadi. Guru Powerfull Guru Masa Depan, Bandung: Kalbu, 2007.

Tubagus Arief. The Secret Of Inner Power Psychotronica Inner Power Managemen, Jakarta: Edsa Mahkota, 2007.

Umar Nasaruddin, Fikih Wanita Untuk Semua, Jakarta: Pt. Serambi Ilmu Semesta, 2010.

Yunus, Nur Rohim. Restorasi Budaya Hukum Masyarakat Indonesia, Bogor: Jurisprudence Press, 2012.




DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v4i3.10304 Abstract - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.