DAYA SAING TEH HITAM EKSPOR INDONESIA DI PERDAGANGAN INTERNASIONAL

Elpawati Elpawati, Bahagio Utama

Abstract


Black tea is one of the preparations of the tea plant that comes from the fermentation of tea leaves and is one of the leading commodities in the Indonesian plantation sub-sector, however Indonesian black tea has experienced a decline in export value in the last 10 years. The purpose of this research is to analyze the structure of the world black tea market, the comparative and competitive advantages of Indonesian black tea in the world market and the position of Indonesia's trade in black tea commodities in the world in the 2010-2019 period. The analytical tools used are the Herfindahl Hirschman Index (HHI), Concentration Ratio (CR), Revealed Comparative Advantage (RCA), Trade Specialization Index (TSI) and Export Dynamic Product (EPD). The comparison countries are Kenya, Sri Lanka, India and China, while the export destinations for black tea are Malaysia, Russia, Pakistan, Germany and the United States. The results of this study are (1) The structure of the world black tea market is a moderate oligopoly (2) Indonesia has the comparative advantage of black tea in the export destination country. (3) Indonesia’s black tea does not have a competitive advantage in the export destination country. (4) Indonesia's trade position in black tea commodity as an exporting country.


Keywords: Black Tea, Market Structure, Comparative Advantage, Competitive Advantage, Trading Position.



Abstrak

Teh hitam merupakan salah satu olahan dari tanaman teh yang berasal dari fermentasi daun teh serta menjadi salah satu komoditas unggulan subsektor perkebunan Indonesia, tetapi teh hitam Indonesia mengalami penurunan nilai ekspor dalam 10 tahun terakhir. Tujuan dari penelitian adalah menganalisis struktur pasar teh hitam dunia, keunggulan komparatif dan kompetitif teh hitam Indonesia di pasar dunia dan posisi perdagangan Indonesia pada komoditas teh hitam di dunia dalam periode 2010-2019. Alat analisis yang digunakan adalah Herfindahl Hirschman Index (HHI), Concentration Ratio (CR), Revealed Comparative Advantadge (RCA), Trade Specialization Index (TSI) dan Export Dynamic Product (EPD). Negara pembandingnya adalah Kenya, Sri Lanka, India dan Cina, sedangkan negara tujuan ekspor teh hitam adalah Malaysia, Rusia, Pakistan, Jerman dan Amerika Serikat. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Struktur pasar teh hitam dunia adalah oligopoli moderat. (2) Indonesia memiliki keunggulan komparatif teh hitam di negara tujuan ekspor. (3) Teh hitam Indonesia tidak memiliki keunggulan kompetitif di negara tujuan ekspor. (4) Posisi Perdagangan Indonesia pada komoditas teh hitam sebagai negara eksportir.


Kata Kunci: Teh Hitam, Struktur Pasar, Keunggulan Komparatif, Keunggulan Kompetitif, Posisi Perdagangan.



Full Text:

PDF

References


Aminursita, O dan Abdullah. M.F. (2018). Identifikasi Struktur Pasar Pada Industri Keramik di Kota Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi. Vol.2 (3) : 409-418.

Bhakti, R.T.A. (2015). Analisis Yuridis Dampak Terjadinya Pasar Oligopoli Bagi Persaingan Usaha Maupun Konsumen di Indonesia. Jurnal Cahaya Keadilan. Vol. 3 (2) : 64-78.

Briliantina, A., Purnomo, B.H dan Suryaningrat, I.B. (2018). Sistem Dinamis Penilaian Kinerja Produksi Teh Kebun Bantaran PT. Perkebunan Nusantara XII. Jurnal Agroteknologi. Vol. 12 No.1 : 58-63.

Bustami, B.R dan Hidayat, P. (2013). Analisis Daya Saing Produk Ekspor Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Ekonomi dan Keuangan. Vol. 1 (2) : 56-71.

[FAO], Food Agriculture Organizations of United Nations. (2016). Report of The Working Group on Climate Change of the FAO Intergovernmental Group on Tea. Roma (ITA): United Nations.

Hamdy, H. (2001). Ekonomi Internasional: Teori dan Kebijakan Perdagangan Internasional. Jakarta (ID): Ghalia Indonesia.

International Trade Centre. [ITC]. (2020). List Of Importers For The Indonesia’s Black Tea (HS Code 0902030 and 0902040). United Nations: Trade Map Databese.

International Trade Centre. [ITC]. (2020). List Of Importers For the World’s Black Tea Unit Values (HS Code 0902030 and 0902040). United Nations: Trade Map Databese.

Khavidhurrohmaningrum. (2013). Strategi dan Perilaku Industri Pengolahan di Kota Semarang Tahun 2007-2011. Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol. 2(3) : 220-233.

Marliani, L.E. (2017). Analisis Struktur Pasar Industri Perbankan Syariah di Indonesia Tahun 2015. Lembaga Penelitian,Pengembangan Pembelajaran dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 1 (1) : 522- 529.

Miar dan Batubara, K.R. (2019). Analisis Konsentrasi Rasio Industri Besar Dan Sedang Di Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017). Jurnal Ilmiah Manajemen. Vol. 16 (2) : 121-132.

Mutia, Y dan Trimo, L. (2019). Beberapa Faktor Penyebab Ketidaksesuaian Proses Produksi Teh Hitam Orthodox di Pabrik XYZ. Jurnal Agroindustri. Vol, 9 No. 2 : 83-93.

Nugroho, L.S.W., dan Susilo, Y.S. (2007). Struktur Pasar dan Perilaku Industri Semen di Indonesia Tahun 2004-2005. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. Vol. 22 (1) : 23-42.

Prayoga, A. (2019). Implementasi Model Berlian Porter Dalam Penyusunan Arsitektur Strategik Untuk Pengembangan Pembiayaan Pertanian Pada BMT. Journal of Halal Product and Research. Vol. 2 (2) : 86-105.

Salvatore, D. (2007). Ekonomi Internasional edisi 9 jilid 1. Jakarta (ID): Salemba Empat.

Sita, K dan Rohdiana, D. (2021). Analisis Kinerja dan Prospek Komoditas Teh. Radar Analisis dan Opini Perkebunan. Vol.2 No.1 : 1-12.

Wardani., M.A dan Mulatsih., S. (2017). Analisis Daya Saing dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi Ekspor Ban Indonesia ke Kawasan Amerika Latin. Journal Ekonomi dan Pembangunan. Vol. 6 (1) : 81-100

Wibowo, A.J.I. (2019). Analisis Industri Makanan Tradisional Berbasis Concentration Ratio, Herfindahl Hirschman Index dan Minimum Efficient Scale. Journal of Economics and Business Mulawarman. Vol. 15 (1) : Hal 26-43.

Wulandari, S., Lubis, A.S. (2019). Analisis Perkembangan Ekspor Impor Barang Ekonomi di Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 8 (1) : 31-36.

Wardani, N.W.G dan Sudirman, W. (2014). Pengaruh Harga, Produksi, Luas Lahan dan Kurs Dollar Terhadap Volume Ekspor Teh Indonesia Serta Daya Saingnya Periode 2000-2012. Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana. Vol. 4 (1) : 1-11.

Warni, G.S dan Setyari, N.P.W. (2019). Analisis Daya Saing Ekspor Pakaian Jadi Indonesia ke Pasar Jerman Periode Tahun 2013-2018. Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol. 8 (11) : 2656-2688.

Zakariyah, M.Y., Anindita, R dan Baladina, N. (2014) Analisis Daya Saing Teh Indonesia Di Pasar Internasional. Jurnal Pertanian Berbasis Keseimbangan Ekosistem. Vol. 4 (8) : 29-37.




DOI: https://doi.org/10.15408/saj.v1i2.22283 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.