KONSEP TUHAN DALAM ILUMINASI SUHRAWARDI

Puji Lestari, Humaidi Humaidi

Abstract


Berbicara tentang Tuhan dalam dunia kefilsafatan adalah sesuatu yang tidak asing lagi. Hal ini terbukti dari awal kemunculan filsafat yang mempertanyakan asal muasal alam semesta ini kemudian siapa yang telah menciptakan ala mini. Dalam filsafat islam, pembahasan tentang Tuhan topik utama yang dilakukan oleh filsuf awal. Diantara filsuf awal tersebut diantaranya al-Kindi, al-Farabi, Ibn Sina, al-Ghazali dan juga Suhrawardi, orang yang pertama mengembangkan filsafat iluminasi. Suhrawardi menganalogikan Tuhan dengan cahaya. Dimana cahaya suatu wujud yang jelas yang di dalamnya tidak lagi membutuhkan definisi lagi. Selain itu dalam memperkenalkan Tuhan, Suhrawardî lebih mengedepankan metode intuisi atau pengalaman batin. Hal ini berbanding terbalik dengan kaum Peripatetik yang lebih mengedepankan akal daripada intuisi. Dalam memperoleh pengetahuan yang dimana metodenya melalui intuisi ini termasuk kedalam ilmu hudhuri (kehadiran). Kemudian bentuk sederhana dari ilmu hudhuri adalah kesadaran diri. Kata Suhrawardi, untuk mengenal Tuhan dapat melalui kesadaran diri. Dan untuk sampai pada kesadaran diri ada bebrapa tahapan yang harus dicapai. Dalam penelitian ini penulis hanya fokus pada pembahasan konsep Tuhan dalam filsafat iluminasi Suhrawardi, hal ini agar pembahasannya tidak melenceng dari topik utamanya.

Keywords


Suhrawardi, Cahaya, dan Tuhan.

References


Abdullah, Miswar, “Dasar-Dasar Filsafat Israqiyyah Suhrawardi”, Jurnal Ilmu-ilimu

Keislaman dan Kemasyarakatan, Vol. 2, No. 1 (Juni 2020).

Abidin, Zainal, Pengantar Filsafat Barat (Jakarta: Rajawali Pers, 2012).

____________, Analisis Eksistensial, (Jakartan: PT. Raja GrafindoPersada, 2007).

Abqari, “Epistemologi Ilmu Hudhuri dan Hushuli”. Alif.id, 23 Februari 2021.

Ahmad Atabik, “Telaah Pemikiran Al-Ghazali Tentang Filsafat” Jurnal Fikrah, Vol.2 No.1

(Juni 2014).

Al-Ghazali, Kerancuan Filsafat (Tahafut al-Falasîfah) Imam Al-Ghazâlî, Penerjemah Achmad

Maimun (Yogyakarta: Grup Relasi Inti Media, 2015).

_________, The Niche Of Lights: Misykat Al-Anwar, Penerjemah David Buchman (New York:

Brigham Young University Press, 1998).

Amin, Khairul, “Teosofi al-Suhrawardi al-Maqtul dan Mahzab Iluminasionisme dalam Filsafat

Islam”, dalam Jurnal Al- Kawakib, Vol. 2, No. 2 (2021).

Amirudin, “Memahami Otentisitas Konsep Tuhan: Kajian Konsep Emanasi, Ontologi Dan

Kosmologi Filosof Muslim” Jurnal Kaca Jurusan Ushuluddin STAI AL FITHRAH,

Vol. 9 No. 1 (Februari 2019).

Anwar, Dessy, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, (Surabaya: Amelia,2003).

Ardiansyah, Andri , “Pemikiran Filsafat Al-Farabi dan Ibnu Sina” Jurnal Pemikiran Keislaman

dan Kemanusiaan, Vol. 4 No. 2, Oktober 2020, h. 181.

Arifin, Muhammad dan Amiruddin, “Suhrawardi Al-Maqtul: Analisis Hakikat Kebenaran

Dalam Tasawuf”, Jurnal Fikrah Vol. 7 No. 1 (2018) h. 11-12.

Asy’ari, Hasyim,”Renaisans Eropa dan Transmisi Keilmuan Islam ke Eropa” Jurnal Sejarah

Peradaban Islam, Vol . 2 No. 1, (2018).

Bakhtiar, Amsal, Filsafat Ilmu (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011).

Budi, Irwan Setia, “Dialektika Tiga Pilar Hubungan Filsafat Islam, Teologi, dan Tasawuf”

Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam.

Drajat, Amroeni, Suhrawardi: Kritik Falsafah Peripatetik (Yogyakarta: LKiS, 2005).

Fakhry, Majid, Sejarah Filsafat Islam: Sebuah Peta Kronologis, Diterjemah dari A Short

Introduction to Islamic Philosopy, Theology and Mysticism, (Bandung: Mizan, 2001).

Haidar, Baqir, Buku Saku Filsafat Islam (Bandung: Mizan Media Utama, 2005).

Hasbunallah, Afifi, Epistemologi Metafisika Suhrawardi: Kajian Atas Simbolisme Cahaya

dalam Hikmah al- Israq, Tesis, Sekolah Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Jakarta,

Juli 2018.

Hidayatullah, Syarif, “Relasi Filsafat dan Agama :Perspektif Islam”, Jurnal Filsafat, Vol. 40,

No. 2 (Agustus 2006).

https://kbbi.web.id/iluminasi.

Ibrahim, Duski, Filsafat Ilmu: Dari Penumpang Asing Untuk Para Tamu, cet. 1 (Palembang:

Noerfikri Offset, Maret 2017).

Indayani, Wuri, Studi Komparasi Konsep Cahaya Menurut Al-Ghazali Dan

Suhrawardi,(Skripsi S1, Jurusan Aqidah Dan Filsafat Islam, Fakultas Ushuluddin dan

Studi Agama, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2021).

Iqbal, Muhammad, The Development of Metaphysics in Persia (Lahore: Bazm Iqbal, 1964).

Junaidi, Luqman, Ilmu Hudhuri: Konsep Ilmu Pengetahuan dalam Filsafat Iluminasi

Suhrawardi,(Tesis, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Program Studi Magister

Humainiora, Universitas Indoneisa Depok, 2009).

Kartanegara, Mulyadhi, Gerbang Kearifan: Sebuah Pengantar Filsafat Islam (Jakarta: Lentera

Hati. 2006).

Ma’lu, Luwis,f, Al-Munjid fi Lugha Wal A’lam (Beirut: Dar al -Masyriq, 1986).

Madani, Abubakar, “Pemikiran Filsafat Al-Kindi” Jurnal Lentera, Vol. IXX, No. 2, (Desember

.

Maskhuroh, Lailatul, “Suhrawardi: Konstruktor Filsafat Iluminasi”, Jurnal Kopertais4 (2013).

Mufid, Fatkhul, “Perkembangan Ontologi Dalam Filsafat Islam”, Jurnal Penelitian, Vol. 7 No.

(Agustus 2013).

Muslim, Aziz, Konsep Ilmu Suhrawardi,(Skripsi S1, Fakultas Ushuluddin, Universitas Islam

Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 21 Januari 2010).

Nasr, Sayyed Hossein, “Shihab al-Din Suhrawardi”, Mehdi Amin Razavi, The Islamic

Intellectual Tradition In Persia (New Dehli: Curzon Press, 1996).

________________, Tiga Pemikir Islam, Ibn Sina, Suhrawardi, Ibn Arabi, Penerjemah Ahmad

Mujahid (Bandung: Risalah, 1986).

Natsir, Muhammad, “Komparasi Pemikiran Ibnu Sina dan Suhrawardi: Telaah terhadap Teori

Emanasi dan Teori jiwa”, Jurnal Wahana Akademika, Vol. 1, No. 2 (Oktober 2014).

Rahman, Fazlur, Islam, Penerjemah Ahsin Muhammad (Bandung: Pustaka, 1986).

Rizal, Mustansyir dan Misnul Munir, Filsafat Ilmu (Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 2011).

Sabri, Muhammad, “Metafisika Cahaya Suhrawardi” Jurnal Al-Fikr, Vol. 14 No.3 (2010).

Sholeh, A. Khudori, “Filsafat Isyraqi Suhrawardi” Jurnal Esensia vol. 12 no. 1 (Januari 2011).

_______________, Wacana Baru Filsafat Islam (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012).

Subki, Hirarkhi Alam Menurut Suhrawardi,(Skripsi S1, Fakultas Ushuluddin, Institut Agama

Islam Negeri Walisongo Semarang, 2008).

Suhrawardi, Hikmah Al-Isyraq: Teosofi Cahaya dan Metafisika Huduri Penerjemah

Muhammad Al-Fayyadl, cet. 1 (Yogyakarta: Islamika. 2003).

Sulaiman, Asep, Mengenal Filsafat Islam. Cet. 1 ( Bandung: Yrama Widya, 2016).

Sumadi, Eko, “Teori Pengetahuan Israqiyyah (Iluminasi) Shihabuddin Suhrawardi”, Jurnal

Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan, Vol. 3, No. 2 (Desember 2015).

Takwin, Bagus, Filsafat Timur: Sebuah Pengantar Ke Pemikiran-Pemikiran Timur, ed.1

(Yogyakarta: Jalasutra, 2015).

Tehrani, Kazem Mystical in Four Treatises of Suhrawardī, Disertasi Columbia University,

Tjahjadi, Simon Petrus Lili, Petualangan Intelektual (Yogyakarta: Kanisius, 2004).

______________, Tuhan para Filsuf dan Ilmuwan (Yogyakarta: Kanisius. 2007).

W. Dillistone, The Power of Symbols Penerjemah A. Widyamartaya, (Yogyakarta: Kanisius,

.

Yazdi, Mehdi Ha’iri, Ilmu Hudhuri, Prinsip-prinsip Epistemologi dalam Filsafat Islam,

Penerjemah Ahsin Muhammad (Bandung: Mizan, 1994).

Ziai, Hossein, “Tradisi Iluminasionis”, Sayyid Hossein Nasr & Oliver Leaman(ed.),

Ensiklopedi Tematis Filsafat Islam,Vol. I (Bandung: Mizan. 2003).

_________, ”Shihab al-Din Suhrawardi: Founder of The Illuminationist School”, SH. Nasr and

Oliver Leaman (ed.), History of Islamic Philosophy (London and New York:

Routledge, 1996).

__________, Suhrawardi dan Filsafat Iluminasi, Penerjemah Alif Muhammaddan Munir,

(Bandung: Zaman, 1998).


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/paradigma.v5i01.31818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.