KONSEP PRIBADI MANUSIA DAN KESEMPURNAANNYA DALAM ASRAR-I KHUDI MUHAMMAD IQBAL

Sipahtul Hidayah, Wawan Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemaujudan pribadi dan untuk menjadikan manusia mengenal pribadinya, untuk mengetahui tingkatan pribadi manusia dari perspektif Muhammad Iqbal, juga bagaimana manusia bisa mencapai ke tahap sempurna dalam pribadinya agar senantiasa berada di dekat Tuhannya. Dengan menggunakan metode penelitian analitis deskriptif, model penelitian yang digunakan adalah historis faktual mengenai naskah atau buku. Menggunakan teknik penelitian library research dan menjadikan salah satu buku karya Muhammad Iqbal, yaitu Asrar-i Khudi, sebagai fokus dalam penelitian ini. Maka hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa bagi Iqbal tujuan terakhir dari kehidupan manusia adalah mencapai Tuhan. Jika pribadi dari manusia tersebut tidak dapat mencapai Tuhan itu artinya ia gagal mencapai pada taraf kesempurnaan. Dimana untuk mencapai taraf kesempurnaan tersebut sang pribadi mesti menjalani kehidupan yang produktif dan mampu menjadi pribadi yang kreatif dan inovatif. Pribadi sempurna bagi Iqbal adalah pribadi yang dapat berpikir dan bertindak secara positif dan pribadi yang mampu meningkatkan dan mengetahui potensi-potensi dan kemaujudan dari kediriannya. Selain dari itu, pribadi yang sempurna adalah pribadi yang mampu menciptakan sebuah perdamaian dunia, dengan menjadikan dirinya sebagai khalifah Tuhan.


Keywords


Pribadi, Manusia, Sempurna, Muhammad Iqbal, Asrar-i Khudi.

References


Al-Qur’an Al-Karīm, Terjemahan Departemen Agama-RI.

Abdillah, Aam dan Bachrun Rifai. 2019. Perkembangan Pemikiran Konsep Pendidikan Diri Dalam Perspektif Tasawuf Muhammad Iqbal. Jurnal al- Tsaqafah. Vol.16 No.01.

Abidin, Zainal. 2000. Filsafat Manusia (Memahami Melalui Filsafat). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ahmad, Undang Kamaluddin. 2012. Filsafat Manusia (Sebuah Perbandingan antara Islam dan Barat). Bandung : Pustaka Setia Bandung.

Alba, Cecep. 2014. Tasawuf dan Tarekat Dimensi Esoteris Ajaran Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ali, Yunasril. 1997. Manusia Citra Ilahi: Pengembangan Konsep Insan Kamil Ibn ‘Arabi Oleh al-Jilli. Jakarta: Paramadina.

Abdul Wahhab Azzam. 1985. Filsafat dan Puisi Iqbal. Ahmad Rofi’ Usman.. Terjemahan dari: Iqbal: Siratuh wa Falsafatuh wa Syi’ruh. Bandung: Pustaka

Bertens, K. 2014. Filsafat Barat Kontemporer: Inggris dan Jerman. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Bertens, K. 2014. Filsafat Barat Kontemporer:Prancis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Bilgrami. 1982. Iqbal Sekilas Tentang Hidup dan Pikiran-pikirannya. Jakarta: Bulan bintang.

Bunga, Hanika. 2009. Skripsi: “Aspek Estetika Dalam Puisi-Puisi Muhammad Iqbal”. Depok: Universitas Indonesia.

Collinson, Diane. 2001. Lima Puluh Filosof Dunia, Ilzamudin, dkk,. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Terjemahan dari: Fifty Major Philosophers.

Dahlan, Abdul Aziz. 2003. Pemikiran Falsafi dalam Islam. Jakarta: Djambatan.

Djamaluddin, Mahbub. 2015. Al-Ghazāli Sang Ensiklopedia Zaman. Perpustakaan Nasional: Katalog Dalam Terbitan.

Effendi, Djohan. 1986. Iqbal Pemikir Sosial Islam dan Sajak-sajaknya, Jakarta: Pantja Simpati

Enver, Ishrat Hasan. 2004. Metafisika Iqbal. Muh Fauzi Arifin.. Terjemaham dari: The Metaphysics of Iqbal. Yogyakarta (ID): Pustaka Pelajar

Fakhry, Madjid. 1987. Sejarah Filsafat Islam. Terjemahan: R. Mulyadhi Kartanegara, Jakarta: Pustaka Jaya.

Fu’ad Abdul Baqi, Muhammad. 2017. Shahih Bukhari Muslim, Al-Lu’lu’ Wal- Marjan. Terjemahan Muhammad Ahsan bin Usman. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Hakiki, Kiki Muhamad. 2018. Insan Kamil dalam Perspektif Abd al-Karim al-Jilli dan Pemikirannya dalam Konteks Kekinian. Bandar Lampung: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya.

Hilal, Abdul Aleem. 1995. Social Phylosophy of Sir Muhammad Iqbal. India: Adam Publisher.

Imam Al-Ghazāli. 1965. Ihya’ ‘Ulumuddin. Terjemahan: Menghidupkan Ilmu-ilmu Agama, jilid ke-3. Medan.

Iqbal, Muhammad. 2002. Rekonstruksi Pemikiran Agama dalam Islam. Ali Audah, dkk. Terjemahan dari: The Recognition of Thought in Islam.

Iqbal, Muhammad. 1953. The Mysteries of Selflessness. Arthur J. Arberry. Terjemahan dari: Rumuz-i Bekhudi. London: John Murray, Albemarle Street.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/paradigma.v3i02.30896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.