KOSMOLOGI ISLAM PERSPEKTIF SACHIKO MURATA

Ika Nurlita, Kholid Al Walid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memahami pandangan Sachiko Murata mengenai Kosmologi Islam Adapun metodologi yang digunakan adalah deskriptif analitis dengan kajian pustaka (library research) sebagai teknik pengumpulan datanya. Peneliti menggunakan buku karya Sachiko Murata yang berjudul The Tao of Islam Kitab Rujukan tentang Relasi Gender dalam Kosmologi dan Teologi Islam sebagai sumber primer. Selain itu peneliti juga mengumpulkan sumber sekunder berupa jurnal, skripsi, artikel serta karya ilmiah lainnya sebagai data penunjang pemahaman bagi penelitian ini. Sachiko Murata menggunakan pendekatan Taoismeuntuk menjelaskan kosmologi Islam. Ia menerjemahkan Tao sebagai حق (haqq/Yang Nyata) dan dipahami sebagai ُم إسال(islâm/jalan). Sedangkan Yin memiliki kedekatan dengan Nama- nama Allah yang bersifat pengasih dan kualitas Yang dekat dengan Nama-nama Allah yang bersifat keagungan. Pada penelitian ini peneliti menganalisis unsur Yin dan Yang pada setiap bab dalam bagian kosmologi yang terdapat pada buku The Tao of Islam. Sehingga hasil yang didapat menunjukkan bahwa Yin Yang dalam segala unsur yang ada pada kosmos tergantung dari sudut pandang dan dengan siapa ia berhubungan, sesuatu pada satu sisi bisa menjadi Yang dan di sisi lain bisa menjadi Yin.

 

Kata Kunci: Kosmologi, Taoisme, Yin, Yang, dan Sachiko Murata.


References


Daftar Pustaka

Abdullah, Syamsuddin. Fenomenologi Agama. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, 1983/1984.

Anshoriy, Nasruddin, DAN Sudarsono. Kearifan Lingkungan dalam Perspektif Budaya Jawa. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008.

Bagir, Haidar. Semesta Cinta Pengantar Kepada Pemikiran Ibn 'Arabi. Disunting oleh Azam Bahtiar. Jakarta: Mizan, 2015.

Bakker, Anton. Kosmologi dan Ekologi Filsafat tentang Kosmos.Yogyakarta: Kanisius, 1995.

Bertens, K. Sejarah Filsafat Yunani. Yogyakarta: Kanisius, 1999. Blackburn, Simon. Kamus Filsafat. Dialihbahasakan oleh Yudi

Santoso. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Bryan, Kim, Ian Crofton, Whit Gibbons, and Jen Green. Teori Evolusi. Disunting oleh Henny Purnawati. Dialihbahasakan oleh Rudiyanto. Bandung: Pakar Raya, 2019.

Ghazali, Abu Hamid Muhammad Al. Tahafut al-Falasifah. 3. Disunting oleh Irwan Kurniawan, & Mathori Elwa. Dialihbahasakan oleh Ahmad Maimun. Bandung: Penerbit Marja, 2012.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/paradigma.v4i01.30400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.