KONSEP TAUHID DALAM ALAM SEMESTA, STUDI ATAS PEMIKIRAN MURTADHA MUTHAHHARI

Muhammad Nur Risky

Abstract


Abstrak:

Dalam pandangan Islam, alam semesta adalah segala sesuatu selain Allah SWT. karenanya, alam semesta bukan hanya Langit dan Bumi, tetapi meliputi segala sesuatu yang ada dan berada di antara keduanya. Alam semesta tidak hanya mencakup hal-hal yang kongkrit atau dapat diamati melalui pengindraan manusia, tetapi mencakup juga segala sesuatu yang tidak dapat diamati oleh penginderaan manusia. Dalam Islam, segala sesuatu selain Allah SWT, yang dapat di dekati melalui penginderaan manusia disebut sebagai Alam Syahadah. Ia merupakan Fenomena. Sementara itu, segala sesutu selain Allah SWT, yang tidak dapat di amati atau di dekati melalui penginderaan manusia disebut sebagai alam Ghaib. Karenanya ia adalah Noumena.Menurut Murtadha Muthahhari, Konsepsi Tauhid merupakan satu- satunya konsep yang memiliki semua karakteristik dan kualitas ini. Konsepsi Tauhid merupakan kesadaran akan fakta bahwa alam semesta ada berkat suatu kehendak arif, dan bahwa sistem alam semesta ditegakkan di atas rahmat dan kemurahan hati Pencipta. Tujuannya adalah membawa segala yang ada menuju kesempurnaannya sendiri. Konsepsi Tauhid artinya adalah bahwa alam semesta ini bersumber dari “dari Allah dan akan kembali pada Allah”.

Kata kunci: Tauhid, alam semesta, Murtadha Muthahhari.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Baqir, Haidar, Murtadha Muthahhari sang Mujahid, Sang Mujtahid, (Bandung, Yayasan Muthahhari, 1998).

Esai yang ditulis oleh Prof. Mulyadi Kartanegara pada seminar Internasional, Pemikiran Murtadha Muthahhari, 8 Mei 2004 di Jakarta.

Geertz, Cliffort, Agama sebagain Sistem Budaya, (Yogyakarta: Qalam, 2001).

Gunandar, Arif, “Akhlak Menurut Murtadha Muthahhari (Suatu Tinjauan Filosofis)”, (Skripsi Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, UIN Ar- Raniry Banda Aceh 2015).

Hanafi, Ahmad, Pengantar Filsafat Islam, (Jakarta: Bulan bintang, 1990).

Kartanegeara, Mulyadi, Gerbang Kearifan: Sebuah Pengantar Filsafat Islam, (Jakarta, Lentera Hati, 2006).

Khudori soleh, Ahmad, wacana baru filsafat islam, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2004).

Muthahhari, Murtadha, Al-‘Adl al- Ilahiy, (Kum: Al-Khiyam, 1405 H).

Muthahhari, Murtadha, Fundamentals of islamic Thought: God, Man and the Universe, Bab “the world view of tauhid”. Diterjemahkan oleh Agus Effendi (Bandung, Yayasan Muthahhari, 1985).

Muthahhari, Murtadha, Keadilan Ilahi: Asas Pandangan Dunia Isl, (Bandung, Mizan, 1992).

Muthahhari, Murtadha, Kritik Islam terhadap Materialisme, terj. Ahmad Kamil (Jakarta: al-Huda,2001) Muthahhari, Murtadha, manusia dan alam semesta : konsepsi islam tentang jagat raya, terj. Man an Universe, oleh Ilyas Hasan, (Jakarta, lentera basritama, 2002).

Muthahhari, Murtadha, Mengapa Kita Diciptakan?: Dari Etika Agama dan Mazhab Pemikiran Menuju Penyempurnaan Manusia, (Yogyakarta, Rausyan Fikr Institute, 2012).

Muthahhari, Murtadha, Pandangan Dunia Tauhid, (Bandung: Mizan, 1993).

Nasution, Harun, Teologi Islam, (Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia: UI Press, Sabiq, Sayid, Aqidah al-Islamiyyah, (Bandung: Diponegoro, 1993).

Tafsir, Ahmad, filsafat ilmu: mengurai Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi, (Bandung: Rosdakarya, 2012).

Thayyarah, Nadiah, Buku Pintar Sains dalam al-Qu’an: Megerti Mukjizat Nikmat Allah, terj. M. zainal Arifin, dkk, (Jakarta, Zaman, 2013).


Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.