KONSEP BAIK DAN BURUK MENURUT MURTADHA MUTHAHHARI

Busriyadi Busriyadi

Abstract


Abstrak:

Murtadha Muthahhari merupakan filsuf muslim adab ke-20 dengan pemikirannya yang mengkritik pandangan para pemikir barat tentang perbuatan manusia. Cara pandang para pemikir barat dianggap kurang tepat karena tidak menyertakan pengetahuan teologis sebagai dasar perbuatan manusia, sehingga dalam pengaplikasiannya, perbuatan baik tidak akan bisa abadi hingga hari ini. Dalam penulisan ini, penulis ingin mengetahui konsep perbuatan baik dan buruk bagi manusia secara mendalam. Dengan cara melakukan penelitian studi pustaka dengan menguraikan, menganalisa dan mengambil hasil dengan data yang ada baik dari referensi primer maupun referensi sekunder yang dapat menunjang penelitian ini.

Maraknya tindakan tidak manusiawi yang sering terjadi menunjukkan bahwa manusia kehilangan eksistensinya sebagai manusia. Murtadha Muthahhari mencoba menguraikan konsep perbuatan baik pada manusia dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, serta hal-hal yang melatar belakangi munculnya perbuatan buruk pada manusia. Sehingga dengan mengetahui hal tersebut maka manusia mampu memaksimalkan perbuatan baik dan meminimalisir perbuatan buruk.

Kata Kunci: Baik, Buruk, Akhlak, Etika


References


Daftar Pustaka

Asmoro, Filsafat Umum, Jakarta; RAJAWALI PERS, 2010

Algar, Hamid , “Hidup dan Karya Murthada Muthahhari,” Dalam Haidar baqir Penyunting

Amin, Ahmad. Ilmu Akhlak, Terj. K.H. Farid Ma’ruf dari judul Asli al-akhlak, Jakarta; Bulan Bintang, 1975

Alfan, Muhammad. Filsafat Etika Islam, Bandung; Pustaka Setia, 2011

Abd Haris, Etika Hamka, Yogyakarta; LKis, 2001

Baqir, Haidar. Murthada Muthahhari Sang Mujahid Sang Mujtahid, Bandung; Yayasan Muthahhari, 1993

Dahlan, Abdul, Aziz, Pemikiran Falsafi dalam Islam, (jakarta; Karya Unipers, 2003)

Hasan, Musthofa. Sejarah Filsafat Islam, Bandung; Pustaka Setia, 2015

Ibn Miskawaih, Menuju Kesempurnaan Akhlak, Terj. Helmi Hidayat Bandung; Mizan, 1994

Kartanegara, Mulyadhi. Lentera Kehidupan, Bandung; MIzan, 2017

K. Bertens, Etika, Jakarta; Gramedia Pustaka Utama, 2011

Khomeini, Imam. Islam dan Revolusi, Terj. Hamid Algar Berkeley; Mizan Press, 1981

Muthahhari , Murtadha. Filsafat Akhlak, Jakarta, Rausyan Fikr, 2014

Muthahhari, Murtadha. Manusia Seutuhnya, Jakarta; Sadra Press, 2012

Muthahhari, Murtadha. Pengantar Ilmu-Ilmu Islam, Terj. Ibrahim Jakarta; Pustaka Zahra, 2003

Muthahhari, Murtadha. Sang Mujahid, Sang Mujtahid, Bandung; Yayasan Mutahhari, 1988

Muthahhari, Murthada. Kritik Islam Terhadap Materialisme, Terj. Akmal Kamil Jakarta; Al-Huda, 2001

Muthahhari, Murtadha. Filsafat Hikmah. Terj. Akmal Kamil Jakarta; Islamic Center Jakarta al-huda, 2001

Muthahhari, Murtadha. Manusia Sempurna, Yogyakarta; Rausyanfikr, 2012

Muthahhari, Murtadha. Fitrah, Jakarta; Penerbit Lentera, 1998

Muthahhari, Murtadha. Masyarakat dan Sejarah, Bandung; Mizan, 1986

Muthahhari, Murtadha. Islam Agama Keadilan, Jakarta: Pustaka Hidayah, 1988

Muthahhari, Murtadha. Filsafat Perempuan dalam Islam, Yogyakarta; RausyanFikr, 2012

Muthahhri, Murtadha. Keadilan Ilahi, Bandung; Mizan, 2009

Muthahhari,fMurtadha.dWacanadSpritual,dJakarta;dFirdaus,c1999

Mustofa, Filsafat Islam. Bandung; Pustaka Setia, 2007

N. Atiyeh, George. Rawalpindi, AL-Kindi: Tokoh Filosof Muslim, Bandung; PUSTAKA, 1983 M

Nasution, Hasyimsyah. Filsafat Iskam, Jakarta; Gaya Media Pratama, 1999

Rahmat, Jalaluddin. “Kata Pengantar”, Dalam Murthada Muthahhari, Perspektif Al-Quran

Syafi’I, Teologi Syi’ah Murthada Muthahhari, Semarang; Rasail, 2004

Syukur, Suparman. Etika Religius, Yogyakarta; Pustaka Pelajar, 2004

Supriyadi, Dedi. Pengantar Filsafat Islam, Bandung; Pustaka Setia, 2009

Salam, Burhanuddin , Etika Individual,Jakarta; Rineka Cipta, 2000

Sobur, Alex, Kamus Besar Filsafat, Bandung; CV PUSTAKA SETIA, 2017

Zulkifli, Jamaluddin. Akhlak Tasawwuf, Yogyakarta; Kalimedia, 2018

http://www.definisimenurutparaahli.com/pengertian-sopan-santun-dan-ramah-tamah/


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/paradigma.v2i02.26785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.