MENYOAL BANGUNAN ILMU PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.15408/kordinat.v15i1.6313Abstract
Menyoal Bangunan Ilmu Prodi Pendidikan Agama Islam. Sampai saat ini, persoalan integrasi ilmu di lembaga pendidikan tinggi keagamaan Islam khususnya program studi Pendidikan Agama Islam belum tuntas dilakukan. Materi-materi perkuliahan yang diberikan pada Progam Studi PAI selain ilmu-ilmu keagamaan juga ilmu-ilmu umum, khususnya yang terkait dengan psikologi dan metodologi pengajaran. Karenanya, kedeua keilmua tersebut harus disandingkan untuk dapat menghasilkan calon-calon guru yang selain mengusai materi agama Islam dengan baik, juga menguasai cara menyampaikan materi tersebut dalam kelas pembelajaran. Tulisan ini menggambarkan bahwa secara ontologi, epistilomoli dan aksiologi bangunan keilmuan PAI sangat kokoh, sehingga tetap dapat dipertahanan menjadi satu bangunan keilmuanReferences
Abdullah, M Amin, Islamic Studies di Perguruan Pendekatan Integratif –Interkonektif. Yogjakarta: Pustaka Pelajar, 2006.
Arifin, Anwar, Memahami Paradigma Baru Pendidikan Nasional dalam Undang-Undang Sisdiknas. Jakarta: Ditjen Kelembagaan Agama Islam Kementerian Agama RI, 2003
Azra, Azumardi, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2000.
Anshari, Endang Saefuddin, Pokok-Pokok Pikiran tentang Islam. Jakarta: Usaha Interprise, 1976
Ali, Mohammad Daud, Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006
Arifin, M., Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bina Aksara, 1987
Bakker, Anton, Metode-Metode Filsafat. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1982
Bakar, Osman, Hierarki Ilmu Menurut Al Farabi, Al Gazali, Quth al Din al Syirazi. Bandung: Mizan, 2006
Buchori, Mochtar, dkk., Reorientasi Ilmu Pendidikan di Indonesia. Jakarta: IKIP Muhammadiyah Jakarta Press, 1995
Dawud, Abu, Sunan Abu Dawud . Beirut: Al Maktabah As Syamilah, tt Fadjar, A. Malik, Reorentasi Pendidikan Islam. Jakarta: Fajar Dunia, 1999
Freud, Sigmund, The Ego and The Id. New York : Norton, 1962
Hasbullah, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia; Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan perkembangan. Jakarta, PT Raja Grafindo Persada, 1999
Hidayat, Komaruddin dan Hendro Prasetyo (Ed.), Problem dan Prospek IAIN Antologi Pendidikan Tinggi Islam. Jakarta: Direktorat Pembinaan
Perguruan Tinggi Agama Islam Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI, 2000
Husaini, Adian dan Abdurrahman al Baghdadi, Hermeneutika Tafsir Al Qur’an. Jakarta: Gema Insani Press, 2004
Kartanegara, Mulyadhi, Integrasi Ilmu Sebuah Rekonstruksi Holistik. Bandung: Arasy Mizan, 2003
Langgulung, Hasan, Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisa Psikologi dan Pendidikan. Jakarta: Pustaka Al Husna, 1989
Maslow H, Abraham, Motivation and Personality. New York: Harper, 1945
Moleong, Lexy J., Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006
Nahlawi, Abdurrahman, Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam.
Bandung: CV Diponegoro, 1992
Noer, Deliar, Gerakan Modern Islam Indonesia 1900-1942. Jakarta: LP3ES, 1984
Nolan, Smite, dan Titus dkk, Persoalan-Persoalan Filsafat, penerjemah HM Rasjidi. Jakarta: PT Bulan Bintang, 1984