URGENSI INOVASI PENDIDIKAN ISLAM: MENYATUKAN DIKOTOMI PENDIDIKAN

Naif Naif

Abstract


Pendidikan adalah salah satu faktor terpenting dalam usaha pembangunan yang dilakukan oleh sebuah negara. Pendidikan merupakan upaya pengembangan potensi manusiawi dari para peserta didik, baik berupa fisik, cipta maupun karsa agar potensi tersebut menjadi nyata dan dapat berfungsi bagi perjalan kehidupan. Sejarah mencatat bahwa Negara yang memiliki perhatian yang tinggi pada dunia pendidikan, maka negara tersebut akan mengalami kemajuan yang lebih tinggi dibandingkan dengan negara lain yang menomorduakan masalah pendidikan. Namun, perhatian yang besar dari negara saja tidaklah cukup, karena praktisi dan akademisi harus berupaya keras untuk melakukan inovasi tiada henti dalam mengelola dan mengembangkan pendidikan, inovasi pendidikan tersebut haruslah didasarkan pada tujuan pendidikan guna meningkatkan kualitas pendidikan, yang pada akhirnya akan mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk insan yang kompetitif dan bermartabat

References


Arifin, M Ilmu Pendidikan Islam Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Jakarta: Bumi Aksara, 1994

Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Umum dan Agama Islam,Jakarta: Rajawali Pers, 2009

Ihsan, Fuad Dasar-dasar Pendidikan, Jakarta, Rineka Cipta, 1995

Johnson, Laine B, Contexual Teaching & Learning – Menjadikan Kegiatan

Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna, Bandung: MLC, 2007

Made Pidarta, Landasan Kependidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2000

Muchlash, Imam. Al-Qur’an Berbicara, Surabaya: Pustaka Progresif, 1996

Salahuddin, Anas, Filsafat Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2011

Salam, Burhanuddin, Pengantar Pedagogik: Dasar-dasar Ilmu Mendidik,Jakarta: Rineka Cipta, 1997

Sa’ud, Udin Syaefudin,Inovasi Pendidikan, Bandung: Alvabeta, 2010

Shohih Muslim, Juz 2, t.t

Wijaya, Cece, Upaya Pembahruan dalam Pendidikan dan Pengajaran,Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/kordinat.v15i1.6304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.