Pendidik Harus Melek Kompetensi Dalam Menghadapi Pendidikan Abad Ke-21

Maya Meilia, Murdiana Murdiana

Abstract


Pendidikan memegang peranan terpenting dalam meningkatkan eksistensi yang mengasilakan Sumber Daya Manusia berkualitas, kompetitif dalam menyongsong pembanguan pendidikan yang lebih baik di era abad ke-21. Oleh karena itu berbagai upaya peningkatan mutu atau kualitas dilakukan secara berkelanjutan. Guru memegang peranan terpenting untuk mejalankan proses pembelajaran di kalas, oleh karena itu diperlukannya guru yang profesional dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya yang dapat melak kompetensi dimana guru menguasi dan mengimplementasikan empat standar kompetensi: komptensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial, serta guru melek sertifikasi yang dituntut untuk selalu dinamis mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan informasi. Sebagai pendidik, sudah seharusnya guru harus belajar seumur hidup, membangun dan mengembangkan dirinya, sehingga mampu mempertahankan kompetensi dan profesionalitas yang dimilikinya seperti aktif dalam kajian ilmiah seperti PTK, aktif dalam pelatihan serta melakukan studi lanjut yang dapat menujang profesionalitas guru dalam jabatan dan profesinya, Pembuktian nyata yang harus dilakukan guru profesional untuk menghadapi tantangan globalisasi antara lain menguasai berbagai metode dan media pembelajaran mutakhir, seperti metode group investigation sangat cocok diterapkan untuk materi-materi yang sulit, dan abstrak sekalipun, yaitu dengan cara mengangkat topik aktual yang tejadi dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat membangkitkan rasa ingin tahu peserta didik, mengajak peserta didik berpikir kritis dan kreatif dalam menghadapi permasalahan ekonomi serta mempersipakan peserta didik yang mampu bersaing dalam kemajuan pendidikan abad ke-21.

References


Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Adimata.

Adora, N. M. (2014). Group investigation in teaching elementary science. International Journal of Humanities and Management Sciences (IJHMS) Vol : 2, Issue 3.

Aziz, F. & Akhtar, Mahar. M.S. (2014). “Impact Of Training On Teachers Competencies At Higher Education Level In Pakistan”,International Refereed Research Journal, Vol.5 No.1.

Borang, Deitje. S. (2011). “Upaya Peningkatkan Kompetensi Dan Profesionalisme Guru Smk Di Era Sertifikasi”, Seminar Internasional APTEKINDO.

Copriady, Jimmi. (2014). “Teachers Competency in the Teaching and Learning of Chemistry Practical”, Mediterranean Journal of Social Sciences, Vol.5 No. 2.

Depdiknas. (2008). Penilaian Kinerja Guru. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Doymus, K. & Akcay, N. O. (2012). The effects of group investigation and cooperative learning techniques applied in teaching force and motion subjects on students’ academic achievements. International E-Journal of Educational Sciences Research. Vol. 2 No. 1.

Hergenhahn, B.R & Olson, Matthew H. (2008). Theori Of Learning. Jakarta; Prenada Media Group.

Inayah, dkk. (2013). “Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas xii IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011∕2012”, Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, Vol.1 No.1.

Khulthau,C.,Carol. (2010).“Guided Inquiry: School Libraries in the 21st Century”. School LibrariesWorldwide.Vol.16 No. 1

Mulyasa. (2013). “Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru”, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pendidik Harus Melek Kompetensi Dalam Menghadapi Pendidikan Abad Ke-21

Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Tanui, E.K. & Kiboss, J. K. (2013). Effectiveness of e–Learning Investigation Model on Students. International Journal of Education and Practice Vol.4, No.7.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Winataputra, Udin, S. (2001). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta Pusat: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Yulianti, Rika. (2014). “Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Inggris Di SMP N 10 PADANG”, Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol.2 No.1.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/kordinat.v18i2.11501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.