Komparasi Framing Berita Pembatalan Kenaikan Uang Kuliah Tunggal Perguruan Tinggi Negeri Pada Media Garuda TV dan Tempo.co

Bayu Aji Pamungkas, Fatimah Malinda Utami, Reynaldi Agustin, Shintia Rahayu Safitri, Abdul Muis Sobri

Abstract


Kebijakan kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) di perguruan tinggi negeri Indonesia telah memicu reaksi beragam dari masyarakat dan mahasiswa. UKT bertujuan memastikan akses pendidikan tinggi berdasarkan kemampuan finansial mahasiswa dan keluarganya. Namun, kenaikan UKT sering disebabkan oleh peningkatan biaya operasional, yang menyebabkan ketidakpuasan dan protes. Pemerintah dan universitas memutuskan untuk membatalkan kenaikan UKT setelah negosiasi. Penelitian ini menganalisis bagaimana Garuda TV dan Tempo.co membingkai berita pembatalan kenaikan UKT menggunakan model analisis framing William A. Gamson dan Andre Modigliani. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, fokus pada kualitas, nilai, dan makna dalam pemberitaan. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan dalam framing pemberitaan di Garuda TV dan Tempo.co, mempengaruhi persepsi publik terhadap kebijakan pendidikan dan akses pendidikan tinggi di Indonesia.


Keywords


Uang Kuliah Tunggal, Framing Media, Kebijakan Pendidikan

References


Aulia A, Ikhtiono G, Nirwan. 2022. Berita Aksi Reuni 212 2019 dalam Framing Tempo.co. Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(3).

Eriyanto. 2021. Analisis Framing: Konstruksi Ideologi dan Politik Media. Yogyakarta: Lkis.

Gunawan, I. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Buku Aksara.

Herman, A. 2023. Framing Analysis of Social Criticism Mural News in Online Media. Global Journal of Art Humanity and Social Sciences, 3 (8).

Nanang. 2013. Analisis Kebijakan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pratiwi, E., Yusanto, F., Ismail, Oki,. 2021. Proses Pengadaan Vaksin (Covid-19) di Indonesia dalam Program Rosi di Kompas TV dan Indonesia Town Hall di Metro TV. e-Proceeding of Management, 8 (5).

Qadri, M. 2020. Pengaruh Media Sosial dalam Membangun Opini Publik. Jurnal Hukum Tata Negara, 1(1).

Shinta, Adelia. 2023. Analisis Framing Murray Edelman dalam Berita “Dampak PT. Medco Terhadap Masyarakat Lingkar Tambang” Pada Media AJNN.net. Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi, 7(2).

Universitas Negeri Gorontalo. (2024, September 12). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Ilmiah Menuju Anak Merdeka Belajar, diakses pada jumat 12 Juli 2024 pukul 17:37 dari https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSI/article/viewFile/395/358.

Z, Pan., & Kosicki. 1993. Framing Analysis: An Approach to News Discourse. Journal Political Communication, 10(1).


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/jsj.v6i1.40266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.