Media Sosial Instagram @Sports.Indosiar PT. Surya Citra Media Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Penyiaran Televisi

Muhammad Fariz Rachman, Azwar Azwar

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang pentingnya pengelolaan media sosial dalam strategi komunikasi untuk menaikan tingkat keterlibatan audiens (engangements) di Instagram @sports.indosiar. Penelitian ini berfokus pada pentingnya penggunaan media sosial Instagram sebagai strategi komunikasi untuk meningkatkan engagement. Para peneliti terdahulu sepakat bahwa penggunaan media sosial sebagai sarana strategi komunikasi sangat efektif untuk dilakukan pada saat ini. Peneliti berasumsi bahwa dalam meningkatkan audiens jumlah penonton, dibutuhkan platform yang sesuai dan yang paling banyak diminati oleh masyarakat, seperti media sosial Instagram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus. Hasil penelitian ini adalah tim media sosial @sports.indosiar menyusun strategi komunikasi secara teliti dan detail. Tim media sosial @sports.indosiar sudah menggunakan pendekatan POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling). Selain itu tim media sosial @sports.indosiar sudah menerapkan cara menyusun strategi komunikasi di media sosial Instagram dengan baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan hasil penelitian ini bahwa strategi komunikasi program sport yang dilakukan oleh PT. Surya Citra Media meliputi berbagai tahapan yaitu planning, organizing, actuating dan controlling, membuat akun menjadi humanis, menyesuaikan bentuk konten, gaya bahasa, bentuk campaign sesuai dengan target audiens yang ada.

 


Keywords


Media sosial, strategi komunikasi, Indosiar, POAC.

References


Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., &

Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus

dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal

Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–

https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951

BRI Liga 1. (2017, November 12). PSSI.

https://www.pssi.org/competitions/liga-1

Cahyono A.S. (2016).

Indosiar. (2023). Indosiar Visual Mandiri.

Ivanovich Agusta. (2003). Teknik Pengumpulan dan

Analisis Data Kualitatif 1 Oleh Ivanovich

Agusta.

Kusmarni, Y. (2012). Studi Kasus (John W.

Creswell) Oleh Yani Kusmarni. Kustiawan,

W., Siregar, K., Alwiyah, S., Lubis, R. A.,

Fatma, Z., Gaja, S., & Pakpahan.

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel

Purposive Dan Snowball Sampling Info

Artikel Abstrak. 6(1), 33–39.

Https://Doi.Org/10.31764/Historis.Vxiy.40

Ngalup. (2023, July 24). Apa itu Social Media

Officer? Job Desk, Gaji dan Skillnya.

Ngalup Collaborative Network.

Permassanty, T. D., & Muntiani, M. (2018). Strategi

Komunikasi Komunitas Virtual dalam

Mempromosikan Tangerang Melalui Media

Sosial. Jurnal Penelitian Komunikasi, 21(2),

–186.

https://doi.org/10.20422/jpk.v21i2.523

Pratama, R. Y., Jenderal, U., & Yani, A. (2020).

Fungsi-Fungsi Manajemen “P-O-A-C.”

Prihatsanti, U., Suryanto, S., & Hendriani, W.

(2018). Menggunakan Studi Kasus sebagai

Metode Ilmiah dalam Psikologi. Buletin

Psikologi, 26(2), 126.

https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38

Rahardjo, M. (2011a). Metode Pengumpulan Data

Penelitian Kualitatif.

Sabillah, H. A. (2022). The Role of The Production

Team for Live Streaming of BRI League 1

Sports Broadcast on Vidio.com.

Propaganda, 2(2), 185–194.

https://doi.org/10.37010/prop.v2i2.751

Surokim, Rakhmawati, Y., Suratnoaji, C., Wahyudi.

Muhtar, Handaka, T., Dartiningsih, B. E.,

Julijani, B. M., Rachmawati, F. N.,

Kurniasari, N. D., Trisilowati, D.,

Suryandari, N., Cholil, H. A., Quraisyin, D.,

Moertijoso, B., Rachmad, T. H., Arifin, S.,

Rozi, F., & Camelia, A. (2016). Riset

Komunikasi: Surokim Diterbitkan oleh:

Pusat Kajian Komunikasi Publik Prodi Ilmu

Komunikasi, FISIB-UTM & Aspikom Jawa

Timur.

Wijaya Hengki. (2018). Ringkasan dan Ulasan Buku

Analisis Data Penelitian Kualitatif (Prof.

Burhan Bungin).


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/jsj.v6i1.39812

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.