Media Sosial Instagram @Sports.Indosiar PT. Surya Citra Media Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Penyiaran Televisi
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang pentingnya pengelolaan media sosial dalam strategi komunikasi untuk menaikan tingkat keterlibatan audiens (engangements) di Instagram @sports.indosiar. Penelitian ini berfokus pada pentingnya penggunaan media sosial Instagram sebagai strategi komunikasi untuk meningkatkan engagement. Para peneliti terdahulu sepakat bahwa penggunaan media sosial sebagai sarana strategi komunikasi sangat efektif untuk dilakukan pada saat ini. Peneliti berasumsi bahwa dalam meningkatkan audiens jumlah penonton, dibutuhkan platform yang sesuai dan yang paling banyak diminati oleh masyarakat, seperti media sosial Instagram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus. Hasil penelitian ini adalah tim media sosial @sports.indosiar menyusun strategi komunikasi secara teliti dan detail. Tim media sosial @sports.indosiar sudah menggunakan pendekatan POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling). Selain itu tim media sosial @sports.indosiar sudah menerapkan cara menyusun strategi komunikasi di media sosial Instagram dengan baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan hasil penelitian ini bahwa strategi komunikasi program sport yang dilakukan oleh PT. Surya Citra Media meliputi berbagai tahapan yaitu planning, organizing, actuating dan controlling, membuat akun menjadi humanis, menyesuaikan bentuk konten, gaya bahasa, bentuk campaign sesuai dengan target audiens yang ada.
Keywords
References
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., &
Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus
dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal
Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–
https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951
BRI Liga 1. (2017, November 12). PSSI.
https://www.pssi.org/competitions/liga-1
Cahyono A.S. (2016).
Indosiar. (2023). Indosiar Visual Mandiri.
Ivanovich Agusta. (2003). Teknik Pengumpulan dan
Analisis Data Kualitatif 1 Oleh Ivanovich
Agusta.
Kusmarni, Y. (2012). Studi Kasus (John W.
Creswell) Oleh Yani Kusmarni. Kustiawan,
W., Siregar, K., Alwiyah, S., Lubis, R. A.,
Fatma, Z., Gaja, S., & Pakpahan.
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel
Purposive Dan Snowball Sampling Info
Artikel Abstrak. 6(1), 33–39.
Https://Doi.Org/10.31764/Historis.Vxiy.40
Ngalup. (2023, July 24). Apa itu Social Media
Officer? Job Desk, Gaji dan Skillnya.
Ngalup Collaborative Network.
Permassanty, T. D., & Muntiani, M. (2018). Strategi
Komunikasi Komunitas Virtual dalam
Mempromosikan Tangerang Melalui Media
Sosial. Jurnal Penelitian Komunikasi, 21(2),
–186.
https://doi.org/10.20422/jpk.v21i2.523
Pratama, R. Y., Jenderal, U., & Yani, A. (2020).
Fungsi-Fungsi Manajemen “P-O-A-C.”
Prihatsanti, U., Suryanto, S., & Hendriani, W.
(2018). Menggunakan Studi Kasus sebagai
Metode Ilmiah dalam Psikologi. Buletin
Psikologi, 26(2), 126.
https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38
Rahardjo, M. (2011a). Metode Pengumpulan Data
Penelitian Kualitatif.
Sabillah, H. A. (2022). The Role of The Production
Team for Live Streaming of BRI League 1
Sports Broadcast on Vidio.com.
Propaganda, 2(2), 185–194.
https://doi.org/10.37010/prop.v2i2.751
Surokim, Rakhmawati, Y., Suratnoaji, C., Wahyudi.
Muhtar, Handaka, T., Dartiningsih, B. E.,
Julijani, B. M., Rachmawati, F. N.,
Kurniasari, N. D., Trisilowati, D.,
Suryandari, N., Cholil, H. A., Quraisyin, D.,
Moertijoso, B., Rachmad, T. H., Arifin, S.,
Rozi, F., & Camelia, A. (2016). Riset
Komunikasi: Surokim Diterbitkan oleh:
Pusat Kajian Komunikasi Publik Prodi Ilmu
Komunikasi, FISIB-UTM & Aspikom Jawa
Timur.
Wijaya Hengki. (2018). Ringkasan dan Ulasan Buku
Analisis Data Penelitian Kualitatif (Prof.
Burhan Bungin).
DOI: 10.15408/jsj.v6i1.39812
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.