Strategi Produksi Televisi Palang Merah Indonesia Tentang Edukasi Kesehatan Pada Masa Pandemi COVID-19 melalui Media Sosial Youtube
Abstract
Di masa pandemi berbagai organisasi kemanusiaan berperan serta mengedukasi masyarakat melalui beragam media, salah satunya adalah Palang Merah Indonesia dengan akun PMI TV (@pmitv17945). Terdapat 11 konten video PMI TV terkait edukasi kesehatan di masa pandemi COVID -19. Konten edukasi tersebut mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat. Kredibilitas PMI TV dalam memproduksi konten edukasi kesehatan terlihat melalui beberapa konten mereka yang kemudian digunakan sebagai materi edukasi oleh stasiun televisi nasional. Karena itu, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi tim produksi PMI TV dalam mengembangkan pesan edukasi kesehatan di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yang di dalamnya semua informan ditentukan secara purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, serta studi literatur. Sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan coding tematik. Hasil penelitian memperlihatkan ada tiga strategi yang dilakukan oleh tim produksi PMI TV dalam mengembangkan pesan edukasi di masa pandemi Covid-19, yaitu diseminasi pesan edukasi kesehatan melalui saluran media yang dapat diakses oleh target khalayak yang dituju dalam hal ini Youtube; adanya proses kolaborasi tim produksi PMI TV dengan berbagai pihak terkait produksi pesan edukasi kesehatan; serta upaya mempertahankan kredibilitas PMI TV sebagai komunikator yang berpengalaman di bidang kemanusiaan dan kesehatan sehingga pesan yang disampaikannya dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.
Keywords
References
Benski, C., Goto, A., & Reich, M. R. (2020). Developing Health Communication Materials during a Pandemic. Frontiers in Communication, 5(November). https://doi.org/10.3389/fcomm.2020.603656
Bora, K., Pagdhune, A., Patgiri, S. J., Barman, B., Das, D., & Borah, P. (2021). Does social media provide adequate health education for prevention of COVID-19? A case study of YouTube videos on social distancing and hand-washing. Health Education Research, 36(4), 398–411. https://doi.org/10.1093/her/cyab028
Chater, N. (2020). Facing up to the uncertainties of COVID-19. Nature Human Behaviour, 4(5), 439. https://doi.org/10.1038/s41562-020-0865-2
Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2018). The Sage Handbook of Qualitative Research. In N. K. Denzin & Y. S. Lincoln (Eds.), The SAGE Handbook of Qualitative Reasearch (5th ed., Vol. 195, Issue 5). Sage Publication. https://doi.org/10.1007/s11229-017-1319-x
Dewi, R. D. C. (2021). Literatur Review: Dinamika Komunikasi Kesehatan Di Masa Pandemi Dan Pasca Vaksin Covid-19. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 206–213. https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/linimasa/article/view/4220
Goeritman, H. I. N. (2021). Komunikasi Krisis Pemerintah Indonesia di Masa Pandemi Covid-19 melalui Media Sosial. Jurnal IPTEK-KOM, 231(1), 1–19. https://doi.org/https://doi.org/10.33164/iptekkom.23.1.2021.1%20-%2019
Hursting, L. M., & Comello, M. L. G. (2021). Creating Narrative Entertainment for Health Communication: Perspectives from Practice. Journal of Creative Communications, 16(3), 249–265. https://doi.org/10.1177/0973258621992847
Indasari, F., & Anggriani, I. (2020). KRISIS KOMUNIKASI PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Pemberitaan Penyebaran Covid-19 melalui Udara). Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.37676/professional.v7i1.1086
Najih, A. (2020). Komunikasi Selama Pandemi Covid-19: Belajar Dari Kegagalan Komunikasi Risiko Kesehatan Yang Efektif. JISIP : Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 9(2), 111–122. https://doi.org/10.33366/jisip.v9i2.2225
Nguyen, M. H., Gruber, J., Fuchs, J., Marler, W., Hunsaker, A., & Hargittai, E. (2020). Changes in Digital Communication During the COVID-19 Global Pandemic: Implications for Digital Inequality and Future Research. Social Media and Society, 6(3). https://doi.org/10.1177/2056305120948255
Nunuk, P. (2022). Strategi redaksi dalam produksi berita Info Covid-19 Terkini di masa pandemi (studi kasus di TVRI Nasional Jakarta). Jurnal Ilmiah Teknik Studio, 19–31. http://karya.brin.go.id/id/eprint/13953/
Onuora, C., Torti Obasi, N., Ezeah, G. H., & Gever, V. C. (2021). Effect of dramatized health messages: Modelling predictors of the impact of COVID-19 YouTube animated cartoons on health behaviour of social media users in Nigeria. International Sociology, 36(1), 124–140. https://doi.org/10.1177/0268580920961333
Paramasari, S. N., & Nugroho, A. (2021). Strategi Komunikasi Kesehatan dalam Upaya Membangun Partisipasi Publik pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 5(1), 123–132. https://doi.org/10.51544/jlmk.v5i1.2036
Patton, M. Q. (2002). Qualitative Research and Evaluation Method. In Sage Publication Inc (3rd ed.). http://books.google.com/books/about/Qualitative_research_and_evaluation_meth.html?id=FjBw2oi8El4C
Putri, N. I., Suharya, Y., Munawar, Z., & Komalasari, R. (2021). Pengaruh Komunikasi Digital di Masa Pandemi Covid-19 terhadap Perubahan Perilaku Masyarakat. Komversal : Jurnal Komunikasi Universal, 3(2), 89–100. https://doi.org/10.38204/komversal.v3i2.649
Rodiah, S., Budiono, A., & Rohman, A. S. (2018). Model Diseminasi Informasi Komunikasi Kesehatan Masyarakat Pedesaan di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(2), 175. https://doi.org/10.24198/jkk.v6i2.17771
Shukla, A. (2021). COVID-19 pandemic: An analysis of popular YouTube videos as an alternative health information platform. Health Informatics Journal, 27(2). https://doi.org/10.1177/1460458221994878
Tran, B. X., Dang, A. K., Thai, P. K., Le, H. T., Le, X. T. T., Do, T. T. T., Nguyen, T. H., Pham, H. Q., Phan, H. T., Vu, G. T., Phung, D. T., Nghiem, S. H., Nguyen, T. H., Tran, T. D., Do, K. N., Van Truong, D., Van Vu, G., Latkin, C. A., Ho, R. C. M., & Ho, C. S. H. (2020). Coverage of health information by different sources in communities: Implication for COVID-19 epidemic response. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(10). https://doi.org/10.3390/ijerph17103577
Yulius, Y., & Pratama, E. (2021). Metode Design Thinking Dalam Perancangan Media Promosi Kesehatan Berbasis Keilmuan Desain Komunikasi Visual. Besaung : Jurnal Seni Desain Dan Budaya, 6(2), 111–116. https://doi.org/10.36982/jsdb.v6i2.1720
Yuningsih, A., & Suherman, M. (2020). Creative Publicity in Health Promotion for Urban Communities. 409(SoRes 2019), 548–552. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200225.119
DOI: 10.15408/jsj.v5i1.31707
Refbacks
- There are currently no refbacks.