Konstruksi Isu Politik Melalui Jurnalisme Satire Di Media Online: Analisis Pemberitaan Isu #2019Ganti Presiden di MOJOK.CO
Abstract
Praktik jurnalisme identik dengan tanggung jawab media mengungkap kebenaran melalui bahasa. Kelugasan bahasa dalam menyampaikan pemberitaan menjadi penting untuk menyajikan fakta secara jelas. Penggunaan satire dalam praktik penulisan berita menjadi hiburan bagi pembaca. Akan tetapi disisi lain, gaya bahasa satire yang tidak lugas menunjukkan fakta rentan terhadap munculnya interpretasi yang tidak tepat oleh pembaca. Artikel ini bertujuan untuk melihat bagaimana penggunaan satiredalamkontruksi isu#2019GantiPresidendi media online Mojok.Co. Artikel ini menggunakan paradigma konstruktivis dan tehnik analisa semiotika untuk melihat bagaimana kontruksi isu yang dibangun oleh Mojok.Co tentang isu #2019GantiPresiden melalui penggunaan gaya bahasa satire. Artikel ini menunjukkan bahwa gaya bahasa satire digunakan Mojok.Co untuk menyerang kelompok pendukung isu #2019GantiPresiden secara umum, dan calon presiden yang beroposisi dengan kekuasaan. Penggunaan gaya bahasa satire sebagai praktik jurnalistik tampak jelas mengarah pada cara media membangun sentimen politik pada kelompok lain daripada menyampaikan kebenaran atas fakta.
Keywords
References
Baym, Geoffrey. 2006. “The Daily Show:Discursive Integration and the Reinvention of Political Journalism, Political Communication”. Taylor & Francis Inc.
Budiman, Kris. 2011. Semiotika Visual: Konsep, Isu, danProblemIkonitas.Yogyakarta:Jalasutra.
Fajar,Marhaeni.2009.IlmuKomunikasiTeoridan Praktik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Jambaruka, Apriadi. 2012. Agenda Setting Media Massa. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Kriyanto, Rachmat. 2007. Teknik Praktis Riset Komunikasi (Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Kusumaningrat,Hikmat.PurnamaKusumaningrat. 2005.Jurnalistik,Teori,danPraktik.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Severin, Werner J. James W. Tankurd Jr. 2005.
TeoriKomunikasi, Sejarah, Metode, dan Terapan di dalam Media Massa Edisi ke-5. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suryawati, Indah. 2011. Jurnalistik Suatu Pengantar; Teori dan Praktik. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Nuryanah, Yanty. 2017. Satir Dalam Kumpulan Cerpen Kuda Terbang Maria Pinto Karya Linda Christiany dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta.
https://www.merdeka.com/peristiwa/punya - tanggung-jawab-besar-ke-publik-media-harus- netral-di-pemilu-2019.html diakses pada 30 September 2019 pukul 22:13
DOI: 10.15408/jsj.v1i1.21758
Refbacks
- There are currently no refbacks.