Implementasi Nilai Agama Islam mMelalui Mauidhoh Hasanah di MT Baitul Atiq Sokolilo Tuban Jawa Timur
Abstract
Abstract: religious guidance using the mauidhoh hasanah method plays an important role in internalizing Islamic values among the congregants of the majelis taklim. The main issue faced is the lack of understanding and awareness in practicing Islamic teachings. Mauidhoh hasanah is an effective method as it is delivered wisely, touchingly, and relevantly, making it easier for the congregants to understand and apply these values in their daily lives. This study employs a qualitative method with a phenomenological approach. Data is obtained through interviews, observations, and documentation. The findings show that the internalization of Islamic values occurs in three stages: value transformation through sermons containing advice, stories, tabsyir wa tandzhir, and wasiat; value transactions through discussions; and value trans-internalization, reflected in changes in attitudes and behavior. The internalized values include faith (aqidah), worship (ibadah), and morality (akhlaq). The congregants experience increased faith, discipline in worship, and improved character. The forms of mauidhoh hasanah applied include direct advice, inspirational stories from the Qur’an and hadith, motivation through tabsyir wa tandzhir, and moral and spiritual messages.
Abtrak: bimbingan agama dengan metode mauidhoh hasanah berperan penting dalam menginternalisasi nilai-nilai Islam pada jamaah majelis taklim. Permasalahan utama yang dihadapi adalah kurangnya pemahaman dan kesadaran dalam mengamalkan ajaran Islam. Mauidhoh hasanah menjadi metode efektif karena penyampaiannya bijak, menyentuh, dan relevan, sehingga jamaah lebih mudah memahami dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai Islam berlangsung dalam tiga tahap: transformasi nilai melalui ceramah berisi nasihat, kisah, tabsyir wa tandzhir, dan wasiat; transaksi nilai melalui diskusi; serta transinternalisasi nilai dalam perubahan sikap dan perilaku jamaah.Nilai-nilai yang diinternalisasi meliputi akidah, ibadah, dan akhlak. Jamaah mengalami peningkatan keyakinan, kedisiplinan beribadah, serta perubahan akhlak menjadi lebih baik. Bentuk mauidhoh hasanah yang diterapkan mencakup nasihat langsung, kisah inspiratif dari Al-Qur’an dan hadis, motivasi tabsyir wa tandzhir, serta wasiat moral dan spiritual.
Keywords
References
Agusman, and Muhammad Hanif. 2021. “Konsep Dan Pengembangan Metode Dakwah Di Era Globalisasi.” Jurnal Da’wah 4 (2): 52–55.
Alim, Muhammad. 2016. Upaya Pembentukan Pemikiran Dan Kepribadian Muslim. Cet.3. Bnadung: Remaja Rosdakarya.
Aliyudin. 2010. “Prinsip-Prinsip Metode Dakwah Dalam Al-Qur’an.” Jurnal Ilmu Dakwah 4 (15): 181–96.
Halik, Al. 2020. “A Counseling Service for Developing the Qona’ah Attitude of Millennial Generation in Attaining Happiness.” Journal of Advanced Guidance and Counseling 1 (2): 82. https://doi.org/10.21580/jagc.2020.1.2.5810.
Hasyim, Farah Fadilah, Juliette Tamarischa Pirri, Prodi Psikologi, Nurfadhila Naifah Amar, and Shabrina Cinnong. 2023. “Nilai Kerukunan Etnis Jawa Terhadap Motivasi Berperilaku Masyarakat Jawa: Psikologi Budaya.” Jurnal Ilmu Budaya 11 (1): 27–35.
Hidayanti, Ema. 2015. Dasar-Dasar Bimbingan Rohani Islam. Semarang: CV.Karya Abadi Jaya.
Hillya. 2018. Bimbingan Keagamaan Bagi Masyarakat Di Desa Panca Mukti Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu. Skripsi: IAIN Bengkulu(Tidak Dipublikasikan). https://doi.org/10.1016/j.earlhumdev.2006.05.022.
Khalidi, Ahmet Al. 2021. “Penerapan Metode Dakwah Mauidzah Al-Hasanah Terhadap Pembinaan Remaja Gampong Uteun Geulinggang Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara.” Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta 8 (2): 123–34. https://doi.org/10.54621/jn.v8i2.128.
Kibtyah, Maryatul, Siti Fatimah, and Khabib Akbar Maulana. 2022. “Metode Bimbingan Agama Islam Bagi Santri Autis Di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah Kudus.” International Conference on Islamic Guidance and Counseling 2: 242–59. https://vicon.uin-suka.ac.id/index.php/icigc/article/view/667.
Lutfiana, K N N Elya. 2019. “Bimbingan Agama Untuk Mengembangkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Pada Anak Tunarungu Di SLB Negeri Desa Sukorejo Kecamatan ….” http://eprints.walisongo.ac.id/9990/.
Madani, Agung. 2024. “Jurnal Kajian Agama Dan Dakwah ISSN : 3030-8917.” Tashdiq Jurnal Kajian Agama Dan Dakwah 3 (1): 1–12.
Muhammad Yunus. 2024. “Majelis Taklim Dan Perannya Dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama.” Jurnal Budi Pekerti Agama Islam 2 (6): 116–22. https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i6.617.
Munir, K. 2007. Peningkatan Peran Serta Masyarakat Dalam Pendalaman Ajaran Agama Melalui Majelis Taklim. Edited by Kustini. Jakarta: Puslitbang Kehidupan Keagamaan.
Munir, M. 2009. Metode Dakwah. 1st ed. Jakarta: Kencana.
“Qur’an Kemenag.” 2024. Surat An-Nahl 125. 2024. ttps://quran.kemenag.go.id.
Saerozi. 2015. Pengantar Bimbingan Dan Penyuluhan Islam. Semaramg: Karya Abadii Jaya.
Shobihah, Siti Salma. 2024. “Implementasi Pembelajaran Bermakna ( Meaningful Learning ) Dalam Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti Di SMA Mutiara Bunda Doi” 00 (01): 57–74.
Suhada, Sandy Aji, Risladiba, Iksan Sa’dudin, Engkus Kusnandar, and Aah Syafaah. 2023. “Konsep Spiritualisme Masyarakat Di Era Modernisasi Dalam Kehidupan Sosial-Beragama.” Gunung Djati Conference Series 21: 151–59. https://conferences.uinsgd.ac.id/gdcs.
Supriatna, Mamat. 2011. Bimbingan Dan Konseling Berbasis Kompetensi,. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Wahyuni Mita. 2024. “Penanaman Nilai-Nilai Keislaman Siswa Melalui Kegiatan Mentoring Di MTs Ulumul Qur’an Medan Teladan Baru Barat Kecamatan Medan Kota.” Skripsi:Universitas Islam Sumatera Utara(Tidak Diupublikasikan). https://kupdf.net/download/buku-panduan-zahir-accounting_5b0484b7e2b6f523370db08a_pdf.
Widayanti, Rika. 2019. Metode Dakwah Mau’izhah Hasanah Majelis Ta’lim Nurul Yaqin Dalam Pembinaan Perilaku Masyarakat Desa Bumi Nabung Selatan Kecamatan Bumi Nabung Kabupaten Lampung Tengah. IAIN Metro.
DOI: 10.15408/jpa.v0i0.45667
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.