Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Resiliensi Akademik Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Dian Puspita Melani, Muhtar Mochamad Solihin

Abstract


Abstract: Final year students need to have good academic resilience, this can happen if there is social support from outside parties, one of which is social support from peers. Therefore, the objectives of this research are: 1. To describe the level of academic resilience of final students at the Faculty of Da'wah and Communication Sciences, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2. To analyze the influence of the variable (X) Peer Social Support on the variable (Y) Academic Resilience of Students at the Faculty of Da'wah and Communication Sciences. This research approach uses the Quantitative Correlational Method with a sample size of 85 students from the Faculty of Da'wah and Communication Sciences, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. The data analysis techniques used in this research are the Kolmogrov Smirnov normality test, simple linear test, correlation coefficient test, coefficient of determination test, T hypothesis test (partial), and F hypothesis test (simultaneous) using the SPSS Statistics 20 application. Social Support from Peers' Social Friends influences Academic Resilience so that Ha is accepted. The results of this research show: 1) The level of peer social support on academic resilience is 0.410, which is classified as a moderate correlation and has a positive value, 2) There is a significant influence between the social support variable of peers on the academic resilience variable of students in the faculty of da'wah and communication sciences with a value of Tcount (4.091) > Ttable (1.989), meaning that the higher the social support of peers, the higher the academic resilience of students in the faculty of Da'wah and communication sciences at UIN Syarif. Hidayatullah Jakarta.

Abstrak: Mahasiswa tingkat akhir perlu memiliki resiliensi akademik yang baik, hal tersebut dapat terjadi apabila ada dukungan sosial dari pihak luar salah satunya yaitu dukungan sosial teman sebaya. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini : 1. Untuk mendeskripsikan tingkat Resiliensi Akademik Mahasiswa Akhir Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2. Untuk menganalisis pengaruh variabel (X) Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Variabel (Y) Resiliensi Akademik Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Pendekatan penelitian ini menggunakan Metode Kuantitatif Korelasional dengan jumlah sampel 85 Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini adalah uji normalitas kolmogrov smirnov, uji linear sederhana, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji hipotesis T (parsial), dan uji hipotesis F (simultan) dengan menggunakan aplikasi SPSS Statistics 20. Dukungan Sosial Teman Sosial Teman Sebaya berpengaruh terhadap Resiliensi Akademik sehingga Ha di terima. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Tingkat dukungan sosial teman sebaya terhadap resiliensi akademik sebesar 0,410 tergolong korelasi sedang dan memiliki nilai positif, 2) Terdapat pengaruh yang siginifikan antara variabel dukungan sosial teman sebaya terhadap variabel resiliensi akademik mahasiswa fakultas dakwah dan ilmu komunikasi dengan nilai Thitung (4,091) > Ttabel (1,989), artinya semakin tinggi dukungan sosial teman sebaya maka semakin tinggi resiliensi akademik mahasiswa fakultas dakwah dan ilmu komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.



Keywords


peer social suppor; academic resilience; final year students; dukungan sosial teman sebaya; resiliensi akademik; mahasiswa tingkat akhir

References


Achmad, K. (2023). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Psikologi Universitas Airlangga. Artikel Penelitian BRPKM (Bulletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental).

Amalia. (2024). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Resiliensi Akademik Pada Santri Akhir Pesantren Modern Al-Zahrah. Skripsi: rama.unimal.ac.id

Ardiyanti, S.A., dkk. (2021). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa Rantau Yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Jurnal PsikologiTabularasa,1(1).

Arikunto, S. (1998). Pendekatan Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyam, M, & Tahir, M. Y. (2021). Ragam jenis penelitian dan perspektif. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1).

Arthur, E. G. (2022). Peer Support and Academic Resilence for Students From 3T Regions at SWCU. Eduvest-Journal of Universal Studies, 2(12).

Ashari, N., & Salwah. (2020). Pengaruh Resiliensi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika: Pedagogy, 5(1).

Astuti, I. P. (2010). Prinsip Penulisan Kuesioner Penelitian. Jurnal Agribisnis dan Pengembangan Wilayah, 2(1).

Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS. Bogor: Guepedia.

Desmita. (2015). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Duli, N. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan Skripsi dan AnalisisData dengan SPP. Yogyakarta: Deepublish.

Evita, Y. W. (2019). Resiliensi Akademik Perspektif Psikologi Islam (111-140). Proceeding National Conference Psikoloig UGM 2018,1(1).

Fadhil, Muhammad, & Mardianto, M. (2024). Kontribusi Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Resiliensi Pada Remaja Yang Mengalami Kehilangan Akibat Kematian Orang Tuanya. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 11(2).

Fergus, S & Zimmerman, M. A. (2004). Adolescent Resilience: A Framework for Undestanding Healthy Development in the Face of Risk, Journal of Public Health, 26.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 Edisi 8. Semrang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hafifah, P. N. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Coping Stress Mahasiswa Tingkat Akhir Bimbingan Dan Penyuluhan Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Skripsi : Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hardiansyah, dkk. (2020). Penyusunan Alat Ukur Resiliensi Akademik. Jurnal Psikologi, 9(3).

Hasan, I. (2001). Pokok-pokok Meteri Statistik 2. Jakarta: Bumi Aksara.

https://fdikom.uinjkt.ac.id/id/visi-misi-tujuan-motto diakses pada 21 June 2024.

Indrawati, E. S., & Kartika, P. (2016). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Jurusan X Fakultas Teknik Univrsitas Diponegoro. Jurnal Empati, 5(2).

Janna, N. M., & Herianto, H. (2021). Konsep uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS.

Janti, S. (2014). Analisis validitas dan reliabilitas dengan skala likert terhadap pengembangan si/ti dalam penentuan pengambilan keputusan penerapan strategic planning pada industri garmen. Yogyakarta: Prosiding Snast.

Korinna, V. (2023). Dukunngan Sosial : Definisi, Jenis, Komponen, Sumber, Faktor Yang Mempengaruhi dan Pengukuran Dukungan Sosial. Posted in Psikologi Pendidikan. Diunduh dari 17 April.

Lee, D. S., Ybarra, O. (2017). Cultivating Effective Social Support Through Abstraction: Reframing Social Support Promotes Goal-Pursuit. Persinality and Social Psychology Bulletin, Journal of SAGE Publication.

Matondang, Z. (2009) Validitas Dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian, Jurnal Tabularasa SPSS Unimed, 6 (1).

Meiryani. (2024). Memahami Uji T dalam Regresi Linear. 2021. https://accounting.binus.ac.id/2021/08/12/mema hami-uji-t-dalam-regresi-linear.

Mulia, L.O. (2014). Hubungan dukungan sosial teman sebaya terhadap tingkat resiliensi remaja dipantiasuhan. Diss. Riau University.

Nugraha, V. S. (2023). Dukungan Sosial Dan Resiliensi Akademik Selama Pembelajaran Daring Dengan Mediasi Efikasi Diri Akademik Pada Siswa Smk. Jurnal Psikologi Malahayati: Magister Profesi Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Islam Indonesia.

Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi gaya belajar mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 15(1).

Pramono, A., Tama, T. J. L., & Waluyo, T. (2021). Analisis Arus Tiga Fasa Daya 197 Kva Dengan Menggunakan Metode Uji Normalitas Kolmogorov-Smirnov. Jurnal Resistor Rekayasa Sistem Komputer, 4(2).

Raharjo, S. (2024). Makna Koefisien Determinasi (R Square) dalam Analisis Regresi Linier Berganda. https://www.spssindonesia.com/2017/04/makna -koefisien-determinasi-r-square.html

Rif’ati, M .I., dkk. (2018). Konsep dukungan sosial. Jurnal Psikologi Universitas Airlangga.

Rifoh, F. (2022). Resiliensi Akademik Pada Siswa Kelas VII Dalam Mengikuti Pendidikan Di Pesantren Ditinjau Dari Dukungan Sosial Teman Sebaya. Proceeding Annual Conference on Madrasah Teacher, 5.

Santoso, M. D. Y. (2021). Dukungan sosial dalam situasi pandemi covid 19. Jurnal Litbang Sukowati: MediaPenelitian Dan Pengembangan, 5(1).

Sari, P. K. P., & Indrawati, E. S. (2016) Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan resiliensi akademik pada mahasiswa tingkat akhir jurusan x fakultas teknik universitas diponegoro. Jurnal Empati,5(2).

Singsrimbun, M., & Effendi, S. (2995). Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.

Siyoto, S & Sodik, M. A. (2016). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi MediaPublishing.

Solihin, M. M. (2021). Hubungan Literasi Digital dengan Perilaku Penyebaran Hoaks pada Kalangan Dosen di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pekommas, 6(Special Issue). https://doi.org/10.56873/jpkm.v6i3.4316

Subakti, H., dkk. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2021.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahputra, J. (2023). Kontribusi Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Resiliensi Akademik Pada Mahasisa Perantau Yang Sedang Mengerjakan Skripsi (2354). NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(5).

Wahidah, E. Y. (2019). Resiliensi Akademik Perspektif Psikologi Islam (121-122). Proceding National Conference Psikologi UMG 2018,1(1).

Yuliara, I. M. (2016). Regresi linier sederhana. Regresi Linier Sederhana

Yunianto, A. E. (2013). Penerapan Hasil Belajar Kimia Makanan Mahasiswa Prodi Pendidikan Tata Boga Pada Pemilihan Makanan Kemasan. Universitas Pendidikan Indonesia : Respository.upi.edu.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/jpa.v0i0.45218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.