The Role of Islamic Religious Education in Forming Sakinah Families

Rahmat Yudhi Septian, Zepri Hiptraspa

Abstract


Abstrak: Keluarga sakinah adalah suatu gambaran keluarga yang harmonis dan ideal, ditandai dengan rumah tangga yang dihiasi oleh pribadi-pribadi salih secara spiritual dan terpenuhinya kebutuhan pokok berupa sandang, pangan dan papan. Kehidupan suami istri adalah rumus dari kebahagiaan dunia. Menciptakan hidup bahagia di keluarga, secara otomatis kebahagiaan dunia dan akhirat akan tercapai bersama. Salah satu faktor penting untuk menciptakan keluarga sakinah adalah pendidikan agama Islam. Tujuan karya ilmiah ini adalah untuk mengetahui peran pendidikan agama Islam dalam membentuk kelurga sakinah. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah library research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga sakinah akan terbangun dengan memilih pasangan hidup, rumah tangga yang dilandasi cinta, ketenangan dalam rumah tangga, membagun rumah tangga yang baik dan pendidikan agama Islam memiliki andil besar dalam membangun keluarga sakinah

Abstract: A sakinah family is an image of a harmonious and ideal family, marked by a household adorned with spiritually righteous individuals and the fulfillment of basic needs in the form of clothing, food and shelter. Husband and wife life is the formula of world happiness. Creating a happy life in the family, automatically the happiness of the world and the hereafter will be achieved together. One important factor for creating a sakinah family is Islamic religious education. The purpose of this scientific work is to find out the role of Islamic religious education in forming a sakinah family. The research method used is library research. The results of the study show that a sakinah family will be built by choosing a life partner, a household based on love, calm in the household, building a good household and Islamic religious education has a big contribution in building a sakinah family


Keywords


pendidikan agama islam; keluarga sakinah; pernikahan; islamic religious education; sakinah family; marriage

References


Alfani, M. F. (2023). The Meaning of Rahmatan Lil Alamin in the Contemporary Tafseer of Muhammad Quraish Shihab. International Journal of Social Science and Religion (IJSSR), 61–76.

Anurogo, D., & Napitupulu, D. S. (2023). ESENSI ILMU PENDIDIKAN ISLAM: Paradigma, Tradisi dan Inovasi. Pustaka Peradaban.

Asman. (2020). Keluarga Sakinah Dalam Kajian Hukum Islam. Al-Qadha : Jurnal Hukum Islam dan Perundang-Undangan, 7(2), 99–118.

Asman, A., Sholihah, H., Zuhrah, Z., Abas, M., Hadi, A. I., Aziz, A., Muharman, D., Hidayatullah, H., Muchtar, M. I., & Qurtubi, A. N. (2023). Pengantar Hukum Perkawinan Islam Indonesia. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Carles, E., Hiptraspa, Z., Warsah, I., & Effendi, M. S. (2023). Peningkatan Kesejahteraan Mental Siswa melalui Bimbingan Konseling Islam. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 7(1), 149–164.

Daulay, H. P. (2019). Pemberdayaan Pendidikan Islam Di Indonesia. Rineka Cipta.

Falahudin, I. (2021). Konsep Keluarga Sakinah Sebagai Solusi Alternatif Konflik Rumah Tangga. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 2(1), 16–31.

Ja’far, H. K. (2021). Hukum Perkawinan Islam di Indonesia. Arjasa Pratama.

Jamil, M. (2022). Tantangan Keluarga Sakinah Era Generasi Milenial. Jurnal Literasiologi, 8(4), 39–49. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i4.392

Mubarok, A., & Hidayati, T. W. (2022). Pencatatan Pernikahan di Indonesia Ditinjau dari Maqashid Syariah Jasser Auda. Adhki: Journal of Islamic Family Law, 4(2), 157–170.

Muhaimin. (2016). Nuansa Baru Pendidikan Islam. PT Raja Grafindo Persada.

Nasution, H. A. (2020). Patologi sosial dan pendidikan Islam keluarga. Scopindo Media Pustaka.

Noor Justiatini, W., & Zainal Mustofa, M. (2020). Bimbingan Pra Nikah Dalam Membentuk Keluarga Sakinah. Iktisyaf: Jurnal Ilmu Dakwah dan Tasawuf, 2(1), 13–23.

Saifuddin, A. (2019). Psikologi agama: Implementasi psikologi untuk memahami perilaku agama. Kencana.

Septian, R. Y. (2023). Implementasi Pendekatan MIKIR dalam Mengembangkan Kecakapan Kolaborasi Peserta Didik pada Pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Rejang Lebong. IAIN Curup.

Septian, R. Y., Botifar, M., & Wanto, D. (2022). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Sikap Moderasi Beragama Siswa di SMA Negeri 1 Rejang Lebong. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 14(2), 198–213. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v14i2.679

Shihab, M. Q. (2020). Al-Quran dan Maknanya. Lentera Hati.

Warsah, I., & Septian, R. Y. (2022). Implementasi Kurikulum Tersembunyi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Rejang Lebong. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 1–11.

Zainal, A. (2020). Tantangan Membentuk Keluarga Sakinah Pada Generasi Milenial. Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman, 6(2), 197–211.

Zed, M. (2018). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/jpa.v10i2.33963

Refbacks



Copyright (c) 2023 Jurnal Penyuluhan Agama (JPA)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.