Kesadaran Bencana Jamaah Majelis Taklim Nurul Iman Desa Ciagel Kecamatan Kibin Kabupaten Serang – Banten

Cherunnisa Cherunnisa, Muhtar Mochamad Solihin

Abstract


Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki beragam resiko bencana sehingga masyarakatnya diharapkan memiliki kesadaran bencana yang tinggi agar mampu bertahan ketika bencana yang tidak diharapkan terjadi. Salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran bencana tersebut dengan mengadakan penyuluhan mitigasi bencana yang diselenggarakan oleh pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang bekerjasama dengan lembaga swasta maupun Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Namun sayangnya kegiatan penyuluhan tersebut sering kali baru berfokus pada sudut pandang umum saja, belum menyentuh sudut pandang agama. Maka dari itu, tujuan penelitian ini (1) menganalisis pengaruh penyuluhan agama terhadap kesadaran bencana jamaah Majelis Taklim Nurul Iman (2) menganalisa faktor-faktor penyuluhan agama yang berpengaruh terhadap kesadaran bencana jamaah Majelis Taklim Nurul Iman. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan bentuk nonequivalent control group. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 66 responden yang terbagi ke dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis yang digunakan adalah uji regresi sederhana dengan mengguakan bantuan SPSS for windows 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penyuluhan agama berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesadaran bencana Jamaah Majelis Taklim Nurul Iman (2) faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran bencana adalah metode dan materi penyuluhan agama yang digunakan.


Keywords


Penyuluhan agama, kesadaran bencana, mitigasi bencana perspektif agama.

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2020). Update Bencana Indonesia Tahun 2020. (https:/ bnpb. go. id/ infografis/ update- bencana –indonesia – tahun - 2020, diakses: Juli 2020)

Hakim, A. (2013). Makna Bencana Menurut Al-Quran. Hermeunetik. 7(2)

Hidayati, D. (2018). Peningkatan Kompetensi Mitigasi Bencana Siswa Dengan Implementasi Pendekatan Bencana Dalam Perspektif Islam. SYAIKHUNA. 9(1)

Mujib, I. (2015).Mapping the Religious of the Disaster Hit Community Redefinition of Relationship between Human God Nature and Religion in Disaster Construction. Al-Albab 4(1)

Nasution, Z. (1990). Prinsip-Prinsip Komunikasi untuk Penyuluhan. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Rubaidi. (2018). Pengarusutamaan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Berbasis Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Al-Izzah:Jurnal Hasil-Hasil Penelitian. 13(2)

Widi, RK. (2018) Menggelorakan Penelitian; Pengenalan Dan Penuntun Pelaksanaan Penelitian. Yogyakarta: Deepublish


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/jpa.v8i2.24382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penyuluhan Agama (JPA)