Menelaah Pandangan Para Mufasir terkait Kisah Nabi Ibrahim dalam QS. Al-Baqarah ayat 260 dan Implikasinya bagi Pendidik serta Peserta Didik

Ega Nasrudin, Aceng Kosasih, Aam Abdussalam, Miftahul Haera, Muhammad Thoriq Alfaiza

Abstract


Penelitian ini bertujuan menggali pandangan mufasir dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 260 dan implikasinya terhadap pendidik dan peserta didik. Pendidik dan Peserta didik merupakan komponen yang tidak dapat dipisahkan dalam proses pendidikan. Al-Quran sebagai pedoman hidup dalam hal ini telah mengisyaratkan adanya konsep pendidik dan peserta didik. Penelitian ini mengkaji Q.S. Al-Baqarah ayat 260 dari rujukan enam kitab tafsir sebagai referensi utama dan jurnal serta referensi lainnya sebagai referensi sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ayat tersebut mengindikasikan bahwasannya media pembelajaran harus dibuat dengan memperhatikan beberapa hal, yaitu: diawali dengan nama Allah, sebaiknya dilengkapi dengan identitas pemateri yang akan menyampaikan, adanya isi materi pelajaran yang mengajarkan kebaikan, menggunakan konten yang indah, tertata rapi, isinya singkat dan jelas, menggunakan bahasa yang lemah lembut, tidak diiringi cercaan atau cacian, menarik perhatian, dan tidak diiringi dengan muatan materi yang melukai orang yang melihatnya. siswa dalam proses pembelajaran perlu mengarahkan dirinya menuju Allah SWT, mengedepankan adab, dan mengeksplor rasa ingin tahu yang ada. Selain itu, ayat tersebut mengandung isyarat bagi guru dalam proses pendidikan hendaknya menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik, menumbuhkan suasana kelas yang nyaman untuk bertanya, menggunakan metode pembelajaran yang tepat, dan mengarahkan proses pembelajaran untuk mencapai Ridha Allah SWT.


Keywords


Pendidik; Peserta Didik; PAI.

Full Text:

PDF

References


Abukari, A. (2014). Education of women in Islam: A critical Islamic interpretation of the Quran. Religious Education, 109(1), 4–23. https://doi.org/10.1080/00344087.2014.868203

Algraini, S. (2021). Education for human development: a capability perspective in Saudi public education. Compare, 51(3), 416–432. https://doi.org/10.1080/03057925.2019.1629275

Al-Jazairi, A. B. J. (2006). Tafsir Al-Aisar. Darus Sunnah.

Al-Maragi, A. M. (1993). Tafsir Al-Maragi: Vol. Juz XIX. PT. Karya Toha Putra Semarang.

Al-Qurthubi, S. I. (2009). Tafsir Al Qurthubi (Vol. 13). Pustaka Azzam.

Ansshori, L. F., Niam, K., & Nurhidayati, E. (2024). Komponen-Komponen dan Model Pengembangan Kurikulum PAI di Sekolah. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 2(4), 34–41.

Ash-Shiddieqy, T. M. H. (2000). Tafsir Al-Qur’anul Majid An-Nuur. Pustaka Rizki Putra.

Ath-Thabari, A. J. M. bin J. (2009). Tafsir Ath-Thabari (Vol. 19). Pustaka Azzam.

Bazna, M. S., & Hatab, T. A. (2005). Disability in the qur’an: The islamic alternative to defining, viewing, and relating to disability. Journal of Religion, Disability and Health, 9(1), 5–27. https://doi.org/10.1300/J095v09n01_02

Bleyhesh al-Amri, W. (2007). Qur’an translatability at the phonic level. Perspectives: Studies in Translatology, 15(3), 159–176. https://doi.org/10.1080/13670050802153954

Block, T., Goeminne, G., & Van Poeck, K. (2018). Balancing the urgency and wickedness of sustainability challenges: three maxims for post-normal education. Environmental Education Research, 24(9), 1424–1439. https://doi.org/10.1080/13504622.2018.1509302

Dhillon, P. (2011). The Role of Education in Freedom from Poverty as a Human Right. Educational Philosophy and Theory, 43(3), 249–259. https://doi.org/10.1111/j.1469-5812.2009.00595.x

Engeness, I. (2021). Developing teachers’ digital identity: towards the pedagogic design principles of digital environments to enhance students’ learning in the 21st century. European Journal of Teacher Education, 44(1), 96–114. https://doi.org/10.1080/02619768.2020.1849129

Firmansyah, M. I. (2019). Pendidikan Agama Islam: pengertian, tujuan, dasar, dan fungsi. Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(2), 79–90.

Geletu, G. M. (2024). Phenomenological exploration of educational mentoring relationships and concerns for 21st century pedagogical praxis in Fitche pre-service primary school college of teacher education, Ethiopia. Power and Education. https://doi.org/10.1177/17577438241297238

Hasibuan, U. S., Utami, P. I., Novia, S., Surahman, C., & Sumarna, E. (2024). Konsep Khalifah dalam Qs. Al-Baqarah/ 2: 30 dan Implikasinya Terhadap Tujuan Pendidikan Islam di Era Society 5.0. Journal of Qur’an and Hadith Studies, 13(2).

Hordern, J. (2018). Is Powerful Educational Knowledge Possible? Cambridge Journal of Education, 1–16. https://doi.org/10.1080/0305764x.2018.1427218

Kamal, H. (2019). Model Pembelajaran Pendidikan Menurut Al-Qur’an. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(2).

Kosasih, A. (2015). Konsep Pendidikan Nilai. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Makhmud, S., Syahidin, S., Firmansyah, M. I., Komariah, K. S., & Nasrudin, E. (2022). PENGUATAN AKIDAH MENGGUNAKAN MODEL AMTSAL AL-QURAN. Taklim : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 20(2), 115–126. https://doi.org/10.17509/tk.v20i2.53177

Marzuki, M., & Hapsari, L. (2015). Pembentukan karakter siswa melalui kegiatan kepramukaan di MAN 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2).

Mayasari, V., Indyastuti, D. L., & Daryono, D. (2024). Pedagogic Competence of Lecturers with Non-Educational Backgrounds in the Challenges of 21st Century Learning. Salud, Ciencia y Tecnología - Serie de Conferencias, 3. https://doi.org/10.56294/sctconf2024.996

Nasrudin, E., Anwar, S., & Islamy, M. R. F. (2024). Penguatan Moderasi Beragama Mahasiswa melalui Kegiatan Tutorial Keagamaan di Perguruan Tinggi Umum. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 10(2), 155–170.

Nasrudin, E., & Fakhruddin, A. (2023). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MAHASISWA MELALUI PROGRAM TUTORIAL KEAGAMAAN. WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 7(2). https://doi.org/10.21776/ub.waskita

Nasrudin, E., & Fakhruddin, A. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Religius untuk Menumbuhkan Literasi Moral Siswa SD melalui Program Kampus Mengajar . AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 215–230.

Nasrudin, E., & Iman Firmansyah, M. (2022). Progresivisme dalam Kebijakan Pendidikan Indonesia: Studi Literatur Nilai Sepanjang Hayat, Kemanusiaan, dan Keyakinan. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling.

Nasrudin, E., Ramadhan, A. F., & Parhan, M. (2024). Filsafat Eksistensialisme Kierkegaard Dan Implikasinya Terhadap Praktik Pendidikan Dalam Meningkatkan Spiritualitas Peserta Didik. Jurnal Kajian Ilmiah, 24(3), 229–240.

Nasrudin, E., Sumarna, E., & Surahman, C. (2024). Examining the Characteristics of Generation Z and Their Implications for Students’ Character Education. Jurnal Iman Dan Spiritualitas, 4(4), 363–372. https://doi.org/10.15575/jis.v4i4.40971

Nasrudin, E., Supriadi, U., & Firmansyah, M. I. (2023). Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PAI dengan Metode Ceramah di SD Kelas Tinggi. 32(02), 152–161.

Nasrudin, E., Surahman, C., & Sumarna, E. (2024). Konsep Media dalam QS An-Naml Ayat 29-31 dan Implikasinya bagi Pengembangan Media Pembelajaran PAI. JOURNAL OF QUR’AN AND HADITH STUDIES, 13(2), 233–243.

Papp, T. A. (2020). A Canadian study of coming full circle to traditional Aboriginal pedagogy: a pedagogy for the 21st century. Diaspora, Indigenous, and Minority Education, 14(1), 25–42. https://doi.org/10.1080/15595692.2019.1652587

Schlam Salman, J., & Inbar-Lourie, O. (2023). Exploring English language teachers’ beliefs about future readiness: Developing pedagogical practices for the 21st century. Language Teaching Research. https://doi.org/10.1177/13621688231179515

Shafiee, N. S., & Ghani, M. A. (2022). The Influence of Teacher Efficacy on 21st Century Pedagogy. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(1), 217–230. https://doi.org/10.26803/IJLTER.21.1.13

Shihab, M. Q. (2016). Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an (Vol. 9). PT. Lentera Hati.

Taja, N., Nurdin, E. S., Kosasih, A., Suresman, E., & Supriyadi, T. (2021). Character education in the pandemic era: A religious ethical learning model through Islamic education. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(11), 132–153.

Upadhyaya, G. R. (2023). Experience of Knowledge Sharing Among the Teachers in Higher Education. Amc Journal, 4(1), 26–37. https://doi.org/10.3126/amcj.v4i1.63708

Zulkarnain, M. Z., Suyana, I., & Chandra, A. F. (2022). Pengaruh Pembelajaran Inquiry Terhadap Kemampuan Practices of Scientific Investigation Peserta Didik : Analisis Menggunakan Pendekatan Instruksional Implisit Dan Eksplisit. Wapfi (Wahana Pendidikan Fisika), 7(2), 176–183. https://doi.org/10.17509/wapfi.v7i2.48006




DOI: https://doi.org/10.15408/quhas.v14i1.45385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By:


 

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Qur'an and Hadith Studies, P-ISSN: 2089-3434 | E-ISSN: 2252-7060