Metode Pendidikan Anak Usia Dini: Analisis Hadits Tarbawi Tentang Perumpamaan Pohon Kurma dan Orang Beriman
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdussalam, A., & Surahman, C. (2022). Metodologi Tafsir Tarbawi. UPI Press.
Adawiyah, R., Rahardja, M. N. A., & Hasibuan, U. S. (2024). Membangun Konstruksi Sosial Anak Melalui Pendidikan Keluarga Perspektif Al-Qur’an: Analisis Pemikiran Muhammad Hamka dalam Tafsir Al-Azhar. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 21(2), 174–184.
Afif Firdaus, M. S. (2023). Perumpamaan seorang Mukmin bagaikan tumbuhan yang baik: Analisis tamsil al-Qur’an ayat 24-25 surat Ibrahim dalam Tafsir Ilmi Kemenag RI. UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Akmal, M. J., Rahardja, M. N. A., Syahidin, S., & Fakhruddin, A. (2024). Membangun Potensi Melalui Pendidikan Anak: Perspektif Ibnu Sina dalam Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 21(2), 250–263.
Al-Asqalani, I. H. (2000). Fath al-Baari’ bi Syarh Shahil al-Bukhari (Vol. 1). Daar al-Salam.
Al-Idrusi, S. A. I. (2012). Miftah al-Rahman di al-Mu’jam al-Mufahras li Alfazh al-Qur’an. Daar Kutub al-Islamiyyah.
Al-Najjar, Z. (2011). Sains dalam Hadits (Mengungkapkan Fakta Ilmiah dari Kemukjizatan Hadits Nabi). Amzah.
Al-Utsaimin, M. bin S. (2010). Syarah Shahih al-Bukhari (Vol. 7). Darus Sunnah Press.
Ardiningsih, D. (2019). Pengembangan game kuis interaktif sebagai instrumen evaluasi formatif pada mata kuliah teori musik. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 92–103.
Arifuddin, A., & Karim, A. R. (2021). Konsep Pendidikan Islam; Ragam Metode PAI dalam Meraih Prestasi. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 10 (1), 13–22.
Arsyad, J. (2017). Metode Perumpamaan Dalam Praktik Mengajar Rasulullah. NIZHAMIYAH, 7(1).
Aslan, A., Setiawan, A., & Hifza, H. (2019). Peran Pendidikan dalam Merubah Karakter Masyarakat Dampak Akulturasi Budaya di Temajuk. FENOMENA, 11(1), 11–30. https://doi.org/10.21093/fj.v11i1.1713
Ayu, R., Rambe, A. A., Rahardja, M. N. A., Putri, A. N. C., Kosasih, A., & Fakhruddin, A. (2023). Exploring the Concept of Wahdatul Wujud Ibn Arabi: Potential Solutions for Juvenile Delinquency in Indonesia. Kalimah: Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam, 21(1), 49–62.
Azizah, I., & Adawiyah, A. R. (2020). Pertumbuhan dan Perkembangan Anak (Bayi, Balita, dan Usia Prasekolah). Anggota IKAPI.
Birbik, M. H. (2020). Takhrij Hadits (Metode Penelitian Sumber-sumber Hadits untuk Meminimalisir Pengutipan Hadits secara Sepihak). Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan Dan Hukum Islam, 18(1), 174–192. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/ar-risalah.v18i1.984
Daud, M. (2015). Amthal al-Hadith Ibnu Hajar al-Asqalani (Studi Pemaknaan Hadis Perumpamaan Iman dalam Kitab Fath al-Bari). Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
Deviana, T., & Sulistyani, N. (2021). Implementing Hots-Based Interactive Quizzes Oriented on Local Wisdom Through Quizizz Application At Elementary Schools. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10 (1), 159–173.
Diana, R. (2022). Implementasi Metode Keteladanan dalam Meningkatkan Moral Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 69–76.
Firman, W., & Anhusadar, L. (2022). Peran Guru dalam Menstimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. KIDDO: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 28–37.
Gunawan, H. (2014). Pendidikan Islam: Kajian Teoritis dan Pemikiran Tokoh. Remaja Rosdakarya.
Hadi, S. A. (2021). Mengembangkan Potensi Keagamaan Anak Usia Dini melalui Implementasi Parenting. EDISI, 3(3), 364–376.
Hamidah, N. N., & Listiyandini, R. A. (2022). Reconstruction of Post-pandemic Early Childhood Religious Attitudes Against the Effects of Excessive Gadget Use Through Sigmund Freud’s Psycho-Analysis Approach. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 103–114.
Hernawati, S., Hafizh, M., & Rahardja, M. N. A. (2024). Adjusting the Ideal Islamic Religious Education Curriculum to the Development of AI-Based Technology. Progresiva: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 13(01), 129–144.
Hidayat, A. (2018). Metode Takhrij Hadits Digital dan Aplikasinya pada Hadits Spionase. Al-Ahkam, 14(1), 39. https://doi.org/10.37035/ajh.v14i1.1481
Ilyasa, F. F., Rahardja, M. N. A., Firmansyah, M. I., Faqihuddin, A., & Muflih, A. (2024). Implementation of ARKA Model (Aktivitas, Refleksi, Konseptualisasi, Aplikasi) in PAI Learning: Building 21st Century Competencies. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 179–195.
Indriani, T., Suyatna, A., & Ertikanto, C. (2015). Pengembangan kuis interaktif tipe true/false untuk melatih kemampuan eksplorasi fenomena fisika. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(1), 131–140.
Iqbal, A. M. (2013). Konsep Pemikiran al-Ghazali Tentang Pendidikan. Jaya Star Nine.
Jamrah, S. A. (2002). Metode Tafsir Maudhu’i (Sebuah Pengantar). Raja Grafindo Persada.
Jazāirī, A. B. J. al-. (2017). Tafsīr al-Qur’ān al-Aysār (S. dan F. Amali (trans.); Vol. 6). Darus Sunnah Press.
Khaidir, Kosilah, Kistian, A., Dafiq, N., Saputra, M., & Kholik, N. (2021). Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Mahmud, D. (2013). Pendidikan Agma Islam dalam Keluarga. Akademia Permata.
Makmudi, M., Tafsir, A., Bahruddin, E., & Alim, A. (2019). Urgensi pendidikan akhlak dalam Pandangan Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyyah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 17. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v8i1.1349
Marimba, A. D. (1989). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Al-Maarif.
Minarti, S. (2013). Ilmu Pendidikan Islam: Fakta Teoritis-Filosofis dan Aplikatif-Normatif. Amzah.
Muhaimin, & Mujim, A. (1993). Pemikiran Pendidikan Islam. Trigenda Karya.
Mushab, M. A. U. (2023). Pengembangan Interaksi dan Perilaku Sosial Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini di Abad 21. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 1–12.
Mustofa, A. (2019). Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 23–42.
Nasional, D. P. (2022). Kamus Besar Bahasa Indonesia (2nd ed.). Balai Pustaka.
Nasution, M. H. (2020). Metode nasehat perspektif pendidikan islam. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5(1), 53–64.
Qutb, M. (1993). Sistem Pendidikan Islam (S. Harun (trans.)). Al-Maarif.
Rahardja, M. N. A. (2023). Kepemimpinan Nabi Daud As dan Nabi Sulaiman As dalam al-Qur’an. Nizham: Jurnal Studi Keislaman; Vol 11 No 02 (2023): Nizham: Jurnal Studi KeislamanDO - 10.32332/Nizham.V11i02.7568 . https://www.e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/nizham/article/view/7568
Rahardja, M. N. A., Fahrudin, Rambe, A. A., & Dwietama, R. A. (2024). Pendidikan Akhlak Memuliakan Tamu dalam Qs. al-Ẓāriyāt/51: 24-31: Urgensi dan Metode Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.19105/kiddo.v5i1.11474
Rahardja, M. N. A., Ilyasa, F. F., Surahman, C., & Supriadi, U. (2024). Eksplorasi Gaya Bahasa dan Metode Pengulangan Qur’ani Serta Relevansinya Terhadap Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(2).
Rahardja, M. N. A., Rambe, A. A., Akmal, M. J., Putri, A. N. C., Dwietama, R. A., & Firdaus, E. (2024). Menuju Super Smart Era 5.0: Tantangan Baru dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 21(1), 65–82. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2024.vol21(1).16480
Rambe, A. A., Dwietama, R. A., Arya, M. N., Firdaus, E., & Rahman, R. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 21(2), 238–249.
Rambe, A. A., Supriadi, U., Firmansyah, M. I., Dwietama, R. A., Putri, A. N. C., Rahardja, M. N. A., & Marbun, J. (2024). Pendekatan Kasih Sayang dalam Pembentukan Karakter Pada Anak Usia Dini Perspektif Hadits Nabi Muhammad SAW. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 438–452.
Riskawati, R. (2017). Pengaruh Pemberian Kuis Pada Proses Pembelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X1 SMKN 4 Bulukumba. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 90–98.
Rosidin, M. (2018). Reading Tafsīr Tarbawī (Qurʾānic Educational Interpretation) of Abuddin Nata from the Perspective of Paul Ricoeur’s Hermeneutics. Al-Bayan: Journal of Qur’an and Hadith Studies, 16(1), 1–21.
Salim, M. H. (2013). Pendidikan Agama dalam Keluarga. al-Ruzz Media.
Salwa, A. (2022). Interpretation of the Meaning of Hadith about the Parable of the Date-Palm Tree with A Muslims through the Tahlili Method: Interpretasi Makna Hadis Tentang Perumpamaan Pohon Kurma Dengan Seorang Muslim Melalui Metode Tahlili. Jurnal Living Hadis, 7(2), 185–206. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/livinghadis.2022.4003
Setiawan, A., & Kurniawanto, E. (2016). Metode pendidikan islam masa kini dalam keluarga perspektif abdullah nashih ulwan. Educasia: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 1(2).
Sholeh, M. (2018). Pendidikan anak usia dini dalam perspektif pendidikan islam. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 13(1), 71–83.
Subekti, & Tjitrosudibio. (2002). Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. PT. Prdnya Paramita.
Sukariyadi, T. . (2022). Manajem Kurikulum (Vol. 6, Issue 2). Pena Persada.
Surahman, C., & Sumarna, E. (n.d.). Implementation of the Ummi Method in Learning to Read the Qur’an for Students with Special Needs ADHD. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 11(1), 62–74.
Susanto, H., Setiaji, A., & Sulastri, N. (2022). Strategi Internalisasi Nilai-nilai Akhlak dalam Upaya Membentuk Kepedulian Sosial Siswa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 556–564. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3178
Taubah, M. (2015). Pendidikan anak dalam keluarga perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(1), 109–136.
Ulwan, A. N. (2013). Pendidikan Anak dalam Islam (E. Ahmad (trans.)). Khatulistiwa Press.
Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter Usia Dini (Metode Membangung Karakter di Usia Emas). Pustaka Pelajar.
DOI: https://doi.org/10.15408/quhas.v13i2.42209 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By:
Â
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Qur'an and Hadith Studies, P-ISSN: 2089-3434 | E-ISSN: 2252-7060