Praktik Tahfiz Al-Qur’an selama Masa Pandemi COVID-19 (Studi Living Qur’an di SD Islam Al Azhar 17 Bintaro)
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, N. M. S. A. N., & Sabbri, F. S. M. (2022). Exploring Students’ Motivation In Tahfiz Class In Selected Private Islamic Secondary Schools: A Case Study. UMRAN-International Journal of Islamic and Civilizational Studies, 9(1), 80.
Ahimsa-Putra, H. S. (2012). The Living Al-Qur’an: Beberapa Perspektif Antropologi. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 20(1), 249.
Anwar, D. (2003). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Amelia.
Bahan Sosialisasi Program Tahfiz Kepada OTM Kelas 1 SD Islam Al Azhar 17 Bintaro. (n.d.).
Chirzin, M. (2007). Mengungkap Pengalaman Muslim Berinteraksi dengan Al-Qur’an. In Metodologi Living Qur’an dan Hadis (pp. 42–43). Teras.
Dewi, D. R., Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Aspek Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Golden Age, 5(1), 60.
Farhan, A. (2017). Living Al-Qur’an sebagai Metode Alternatif dalam Studi Al-Qur’an. El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Tafsir Hadis, 6(2), 88.
Fitriasih, R. (n.d.). Wakil Kepala Sekolah SD Islam Al Azhar 17 Bintaro.
Handhika, J., Fatmaryanti, S. D., Winarti, Budiarti, I. S., Khasanah, N., & Viyanti. (2020). Pembelajaran Sains di Era Akselerasi Digital. CV. AE Medika Grafika. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=2hXmDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=representasi+eksternal&ots=Po8eed7QAg&sig=6ylvPEBfmfXXxeLG7jKPY0JRAB8
Hasan, I. (2004). Analisis Penelitian dengan Statistik. Bumi Aksara.
Idris, U., & Muttaqin, M. Z. (2021). Pandemi di Ibu Pertiwi: Kajian Literatur “Penanganan Pandemi Covid-19 di Indonesia. Syiah Kuala University Press.
Irwan, Ichsan, F. N., Gustiati, N., & Marsidin, S. (2021). Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Darurat Covid-19. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 913. https://doi.org/10.36418/jurnalsostech.v1i9.191
Jihad, A. (n.d.). Koordinator Program Unggulan Tahfiz SD Islam Al Azhar 17 Bintaro.
Junaedi, D. (2015). Living Qur’an: Sebuah Pendekatan Baru dalam Kajian Al-Qur’an (Studi Kasus di Pondok Pesantren As-Siroj Al-Hasan Desa Kalimukti Kec. Pabedilan Kab. Cirebon). JOURNAL OF QUR’AN AND HADITH STUDIES, 4(2), 173.
Kumalasari, R. (2022). Program 1000 Hafiz Sebagai Upaya Mewujudkan Generasi Islamis Di Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh. In Optimalisasi Support Sistem (p. 132). Akademia Pustaka.
M.Mansur, Suryadi, Yusuf, M., Mustaqim, A., Najwah, N., Chirzin, M., & Suryadilaga, M. A. (2007). Metodologi Penelitian Living Qur’an dan Hadis. Teras.
Mansur, M. (2007). Living Qur’an. In Lintasan Sejarah Studi Qur’an (pp. 6–7). Teras.
Maslu’in. (n.d.-a). Pedoman Program Tahfizul Qur’an Sekolah Dasar Islam Al Azhar 17 Bintaro.
Maslu’in. (n.d.-b). Wakil Kepala Sekolah SD Islam Al Azhar 17 Bintaro.
Merriam, S. B. (2009). Qualitative Research A Guide to Design and Implementation. Jossey Bass.
Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Nurani, S., Maulana, L., & Purwati, E. (2022). Living Qur’an as New Market Trends of Islamic Education in Indonesia. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 6(1), 2.
Panji, A. L., Afendi, A. R., Ramli, A., Sudadi, S., & Mubarak, A. (2023). PENDIDIKAN ISLAM DENGAN PENANAMAN NILAI BUDAYA ISLAMI. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6(1), 19.
Rafq, A. (2014). The Reception of the Qur’an in Indonesia: A Case Study of the Place of the Qur’an in a Non-Arabic Speaking Community. Temple University.
Ramdhani, F., Amiruddin, I., Muhajjalah, G., & Rifai, A. (2022). Quran in Everyday Life : Resepsi Al-Quran Masyarakat Congaban Bangkakalan Madura The Quran in Everyday Life : The Reception of the Quran in the Congaban Fawaidur Ramdhani Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya , Jawa Timur , Indonesia , Jl . Potret Pemikiran, 26(2), 224–241.
Rasyid, M. M. (2015). Kemukjizatan Menghafal Al-Qur’an. PT Elex Media Komputindo Kompas Gramedia.
Rochman, B. A., Mudrikah, A., & Sauri, S. (2022). Implementation of Tariqah Dhikr in Strengthening the Character of Tahfidz Santri in Al-Qur’an Al-Falah Islamic Boarding Schools and Suryalaya Islamic Boarding Schools. International Journal Of Science Education and Technology Management (IJSETM), 1(2), 44.
Rohman, N., & Ahmad, H. P. (2022). New Trajectories of Quranic Studies in Indonesia: A Critical Dissertation Review. DINIKA: Academic Journal of Islamic Studies, 7(1), 38.
Sa’dullah. (2008). 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an. Gema Insani.
Sabarguna, B. S. (2008). Analisis Data pada Penelitian Kualitatif. Penerbit UI Press.
Saeed, A. (2008). The Qur’an an Introduction. Routledge.
Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Darurat Covid 19. Jurnal Mappesona, 3(2), 1.
Semradova, I., & Hubackova, S. (2016). Teacher Responsibility in Distance Education. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 217, 544–550.
Seybolt, R. F. (1970). The Private Schools of Colonial Boston.
Situmorang, J. C. P. (2020). Perjuangan Guru di Tengan Pandemi Corona. In Book Series Minda Guru Indonesia: Peran Guru dan Keberlangsungan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19 (pp. 35, 36). Syiah Kuala University Press.
Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. CV Alfabeta.
Sun, L., Tang, Y., & Zuo, W. (2020). Coronavirus Pushes Education Online. Nature Materials, 19(6), 687.
Tarigan, J. (2020). BELAJAR DARING SELAMA PANDEMI COVID-19. In Book Series Minda Guru Indonesia: Peran Guru dan Keberlangsungan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19 (p. 45). Syiah Kuala University Press.
Telaumbanua, D. (2020). Urgensi Pembentukan Aturan Terkait Pencegahan Covid-19 Di Indonesia. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(1), 59.
Ulfatin, N. (2015). Metode Penelitian Kualitatif di bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Media Nusa Creative.
Watermeyer, R., Crick, T., Knight, C., & Goodall, J. (2021). COVID-19 and digital disruption in UK universities: afflictions and affordances of emergency online migration. Higher Education, 81(3), 623–641. https://doi.org/10.1007/s10734-020-00561-y
Yunus, M. (1990). Kamus Arab – Indonesia. PT. Mahmud Yunus Wdzuhryah.
Yusuf, M. (2007). Pendekatan Sosiologi dalam Penelitian Living Qur’an. In S. Syamsuddin & M. A. Suryadilaga (Eds.), Metodologi Penelitian Living Qur’an dan Hadis (First Edit, p. 50).
Zen, A. M. (n.d.). Metode Pengajaran Tahfiz Al-Qur’ān di Pondok Pesantren, Tsanawiyah, Aliyah, dan Perguruan Tinggi. Percetakan Online.
DOI: https://doi.org/10.15408/quhas.v12i1.32840 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By:
Â
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Qur'an and Hadith Studies, P-ISSN: 2089-3434 | E-ISSN: 2252-7060