Ragam Studi Hadis di PTKIN Indonesia dan Karakteristiknya: Studi atas Kurikulum IAIN Bukittinggi, IAIN Batusangkar, UIN Sunan Kalijaga, dan IAIN Jember

Authors

  • Muhammad Alfatih Suryadilaga UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.15408/quhas.v4i2.2394

Keywords:

PTKIN, studi hadis, Ilmu Hadis, tekstual dan kontekstual, living hadis

Abstract

Studi hadis memiliki karekteristik yang khas berbeda dengan studi al-Qur’an. Oleh karena itu, kedua keilmuan tersebut yang berada di Program Studi Tafsir Hadis dibagi menjadi dua program studi, yaitu Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, serta Ilmu Hadis. Upaya tersebut adalah untuk menguatkan keilmuan kedua bidang tersebut dalam tubuh PTKIN.

Secara kelembagaan, adanya kebijakan tersebut direspons positif dengan tumbuhnya prodi Ilmu hadis di PTKIN. Ini kemudian memunculkan ragam studi hadis yang berkembang di PTKIN, yang didalamnya tidak saja secara tekstual namun juga dikaji secara kontekstual, dan bahkan living hadis (sosial kemasyarakatan). Adanya pengembangan kajian dari teks ke konteks serta ke masyarakat terkait erat dengan epistemologi keilmuan yang dibangun oleh masing-masing PTKIN

Author Biography

  • Muhammad Alfatih Suryadilaga, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
    Dosen Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam

Downloads

Published

2015-12-20

Issue

Section

Articles

How to Cite

Ragam Studi Hadis di PTKIN Indonesia dan Karakteristiknya: Studi atas Kurikulum IAIN Bukittinggi, IAIN Batusangkar, UIN Sunan Kalijaga, dan IAIN Jember. (2015). JOURNAL OF QUR’AN AND HADITH STUDIES, 4(2), 215-247. https://doi.org/10.15408/quhas.v4i2.2394