PROGRAM PINJAMAN MODAL TANPA RIBA YAYASAN BAITUL MALL PLN DI LERENG MERAPI MERBABU

suryanto suryanto, Urip Budiarto, Abdu Rahman Wijaya

Abstract


ABSTRAK

 

Orang yang tidak memiliki modal dan aset sangat mengharapkan pinjaman tanpa bunga. Namun, hampir tidak mungkin lembaga keuangan mengucurkan pinjaman tanpa bunga. Mereka akhirnya menjadi terjerat dalam pinjaman lintah darat untuk mendapatkan sebuah modal pinjaman yang mana hal itu menyebabkan mereka hidup di dalam riba selama bertahun-tahun. Inilah latar belakang Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN hadir di tengah-tengah masyarakat melalui Pesantren Masyarakat Merapi Merbabu dengan meluncurkan Program Pemberdayaan Ekonomi Umat (PPEU) dengan bentuk berupa pinjaman modal pertanian tanpa riba. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan dan menilai dampak dari Program Pemberdayaan Ekonomi Umat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui pengisian kuisioner oleh 83 penerima manfaat dan metode kualitatif melalui wawancara dan Focuss Grup Discusions (FGD). Dampak dari program dievaluasi dengan ukuran Sustainable Livelihood Impact Assessment (SLIA) dan Most Significant Change (MSC). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerima manfaat merasa sangat puas dengan program “Pinjaman Modal Pertanian Tanpa Riba" dengan rata-rata skor penerimaan 86%. Sementara itu, hasil evaluasi berdasarkan 5 aspek SLIA adalah sebagai berikut: Aspek ekonomi meningkat sebesar 0.5, aspek sosial meningkat sebesar 0.6, aspek dakwah naik sebesar 2.0, aspek spiritual naik sebesar 1.4, dan aspek sumber daya manusia meningkat sebesar 0,8. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi rekomendasi bagi para pemangku kepentingan terkait dalam rangka untuk mengoptimalkan program peningkatan ekonomi masyarakat.

 

Kata Kunci: program pemberdayaan ekonomi, pinjaman modal, baitul maal, penerima manfaat


Full Text:

PDF

References


Anderson, E., Fornell,C, dan Lehmam, D.R. (1994). Customer Satisfaction Market Share, and Profitability. Journal of Marketing. Vol 58, hlm.53-66

Ashley, C. dan Hussein, K. (2000). Developing Methodologies for Livelihood Impact Assesment: Experience of the African Wildlife Foundation in East Africa. ODI Working Paper 129. London: ODI

Astuty, W. (2015). Solusi Luar Biasa untuk Krisis Ekonomi Indonesia: Pasar Modal Syariah. Jurnal Perbankan dan Keuangan Islam, 3 (2), 47-56.

BNPB. Potensi Ancaman Bencana. (2011). [diunduh 2012 Januari 19]. Tersedia di http:

//www.bnpb.go.id/website/asp/content.a sp? id = 31.

Boyle, Patrik.G (1981). Planning Better Programs, New York: McGraw-Hill. Book Company

Enggel, FJ, Blackwell, GR, Miniard, WF (1994). Perilaku Konsumen (Di Indonesiakan oleh FX Budiyanto Drs.) Jilid 1 & 2. Binarupa Aksara: Jakarta.

Fornell, Claes. (1992). A. national customer satisfaction barometer : The Swedish Experience. Journal of Marketing Hilman, I. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Simpanan Mudharabah pada Perbankan Syariah di Indonesia.

Jurnal Internasional Bisnis dan Penemuan Manajemen, 5 (9), 56-66.

Ife, J. (1995). Community Development Creating Community Alternatives- Vision, Analysis dan Practice. Melbourne (AU): Longman

Kelsey, L.D. and Hearne C.C. (1955). Cooperative Extension Work Ithaca. Comstock Publishing Associates Kountur,

R. (2003). Metode penelitian untuk skripsi dan tesis. Jakarta: PPM

Said, S. (2015). Kinerja Perbankan Syariah di Makassar. Jurnal Al-Ulum, 15 (1), 21-42. Satrio, T. & Yuni, M. (2014). Dana Perwalian Sosial. Ciputat: Dompet Dhuafa.

Suharto, E. (2005). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: Reflika Aditama. Tjiptono, Fandy. (2014). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Wardiwiyono, S. (2012). Sistem Pengendalian Internal Pembiayaan Mikro Syariah: Kajian Eksplorasi Baitul Maal wat Tamwil di Kota Yogyakarta Indonesia. Jurnal Keuangan dan Manajemen Islam dan Timur Tengah, 5 (4), 340-352.

Bank Dunia. (2009). Meningkatkan akses layanan keuangan di Indonesia Vol. 2. Ringkasan Eksekutif. Makalah Kerja 52032, Washington, DC: Bank Dunia.

Wulandari, D. & Subagio, A. (2015). Pengambilan Kputusan Konsumen pada Bank Konvensional dan Bank Syariah berdasarkan Persepsi Kualitas Layanan. Procedia-Ilmu Sosial dan Perilaku, 211, 471-475.




DOI: https://doi.org/10.15408/jmd.v12i2.40959 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Dakwah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

View My Stats

Copyright © 2015, Jurnal Manajemen Dakwah, p-ISSN: 2338-3992, e-ISSN: 2797-9849

 

Indexed By:

Logo Sinta Ristekbrin Logo Google Scholar Logo Garuda Logo Crossref Logo  Base  Logo Dimensions Logo Indonesia Onesearch