EFEKTIVITAS PEMASARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN JUMLAH JAMAAH UMRAH HAQEEM TRAVEL
Abstract
Kemajuan teknologi dan tingginya penggunaan media digital memberikan peluang besar bagi bisnis untuk melakukan pemasaran secara efektif. Hal ini juga berlaku bagi biro jasa umroh, seperti Haqeem Travel yang memanfaatkan pemasaran digital untuk menarik minat masyarakat Muslim Indonesia dalam beribadah umroh. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan dan efektivitas pemasaran digital oleh Haqeem Travel dalam menjual produk umrohnya dan meningkatkan jumlah jamaah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan mengumpulkan data deskriptif melalui wawancara dengan tim pemasaran Haqeem Travel serta analisis literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran digital yang diterapkan Haqeem Travel efektif dalam meningkatkan jumlah jamaah. Namun, sebagian besar jamaah yang mendaftar umroh di Haqeem Travel berasal dari pemasaran melalui kemitraan, bukan dari pemasaran digital.
Kata Kunci : Efektivitas, Pemasaran Digital, Produk Umrah
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Agus, 2009, Peta Perjalanan Haji Dan Umrah (Jakarta: PT. Elex Media Komputindo Kompas Gramedia)
Amiruddin, Zainal Asikin, 2010, Pengantar Metode Penelitian Hukum, (Jakarta: Rajawali Pers)
Iman, A.H. (2023) Optimalisasi Penggunaan Google Ads Dalam Pemasaran Digital Produk Umrah Yayasan Ar-Risalah Jakarta Manajemen Dakwah, Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Muhajir, Neong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Yogyakarta: Rake Sarasih, 1996)
Nazir, and Moh. Risman Sikmumbang, 2009, Metode Penelitian (Bogor: Ghalia Indonesia)
Noor, M. (2018). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Jurnal Humaniora dan Teknologi, 4(1), 39.
Novesal, A.D. (2020). Optimalisasi Penggunaan Sosial Media Instagram Dalam Pemasaran Digital Produk Umroh Pada PT Jejak Imani Berkah Bersama Pamulang Tahun 2019, Tangerang Selatan, Manajemen Dakwah, Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Puspitarini, Dinda Sekar, and Reni Nuraeni, ‘Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif Pada Happy Go Lucky House)’, Jurnal Common, 3.1 (2019), 71
Ridwan Sanjaya, d. (2019). Mudah Membuat Aplikasi Pemasaran Digital 360 Derajat. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.
Sadiah, Dewi, Metode Penelitian Dakwah Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015)
Sholihin MR. Arianto W & Khasanah D.F, 2018, Keunggulan Media Sosial Dalam Perkembangan Ekonomi Kreatif Era Digital di Indonesia.
Syahida. K, (2020). Penerapan Digital Marketing Dalam Pemasaran Umrah Pada Azkia Tours and Travel, Tangerang Selatan, Manajemen Dakwah, Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Widyani, Retno, and Mansyur Pribadi, 2010 Panduan Ibadah Haji Dan Umrah (Cirebon: Swagati Press)
Zain, Sugiharto, Optimalisasi Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Jemaah Umrah Pada PT Sakinah Mandiri Cibinong Kabupaten Bogor’, Jurnal Manajemen Dakwah, Vol.XI No.1 3.1 (2023), 33-47
DOI: https://doi.org/10.15408/jmd.v12i2.40958 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Dakwah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright © 2015, Jurnal Manajemen Dakwah, p-ISSN: 2338-3992, e-ISSN: 2797-9849
Indexed By: