PELAYANAN PRIMA DALAM MENINGKATKAN KEPUASAAN JAMAAH UMROH PADA PT. KHAZZANAH AL – ANSHARY TAHUN 2023

Ahmadih Rojali Jawab

Abstract


Kepuasaan pelanggan adalah perasaan seseorang setelah membandingkan hasil yang di dapatkan sesuai dengan keinginannya. Perusahaan travel haji dan umroh pastinya bekerja sama dengan pemerintahan Arab Saudi dalam memberangkatkan jamaah nya, itu akan memudahkan travel untuk membantu proses keberangkatan seluruh jamaahnya maka dari itu travel tidak bisa sembarangan dalam memberangkatkan jamaahnya ke Tanah Suci harus mengikuti semua prosedur-prosedur yang di berikan oleh pemerintahan Arab Saudi. Oleh karena itu perusahaan travel umroh harus meningkatkan pelayanan yang akan diberikan kepada jamaah agar perusahaan dapat bersaing dengan perusahaan travel lainnya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pelayanan prima yang diberikan terhadap jamaah umroh dan mengetahui faktor pendukung maupun penghambat dalam memberikan pelayanan prima terhadap jamaah umroh. Dalam mengukur kualitas pelayanan terdapat lima dimensi diantaranya: (bukti nyata, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati). Pada penelitian ini digunakan data primer yang diperoleh dari penelitian lapangan dengan objek Direktur utama dan 1 atau 2 staff PT. Khazzanah Al – Anshary.

Metode penulisan yang penulis gunakan adalah metode kualitatif desktiptif. Metode kualitatif deskriptif ini menggunakan teknik pengumpulan data dari wawancara langsung dan obeservasi. Hasil analisis dari penulis, penulis menjelaskan bahwa PT. Khazzanah Al – Anshary telah menerapkan pelayanan prima yang efektif. Dikarenakan setiap adanya keinginan dan keluhan dari jamaah umroh langsung di tangani dengan cekatan dan tangkas, dengan adanya pelayanan prima ini maka kepuasaan jamaah akan semakin meningkat di travel Khazzanah.

Kata Kunci : Pelayanan Prima, Kepuasaan Jamaah.

ABSTRACT

Customer satisfaction is a person's feeling after comparing the results obtained according to his wishes. Hajj and Umrah travel companies certainly work with the government of Saudi Arabia in dispatching their pilgrims, this will make it easier for travel to assist the departure process of all pilgrims, therefore travel cannot be arbitrary in sending their pilgrims to the Holy Land, they must follow all the procedures given by government of Saudi Arabia. Therefore Umrah travel companies must improve the services that will be provided to pilgrims so that the company can compete with other travel companies.

The purpose of this study was to see the excellent service provided to Umrah pilgrims and to find out the supporting and inhibiting factors in providing excellent service to Umrah pilgrims. In measuring the quality of service there are five dimensions including: (real evidence, reliability, responsiveness, assurance and empathy). In this study used primary data obtained from field research with the object of the main director and 1 or 2 staff of PT. Khazzanah Al-Anshary.

The writing method that the writer uses is descriptive qualitative method. This descriptive qualitative method uses data collection techniques from direct interviews and observation. The results of the analysis of the authors, the authors explain that PT. Khazzanah Al – Anshary has implemented an effective excellent service. Because every wish and complaint from the Umrah pilgrims is immediately handled deftly and agilely, with this excellent service, the satisfaction of the pilgrims will increase on Khazzanah travel.

Abstract consist of the purposes/research questions, method of research, and results/findings. Don’t copy all abstract of skripsi in this article, just copy some important parts as needed. Abstract using English in a paragraph, 100-150 words. (Style Jurnal_1.ba Abstract Body)

Keywords : Excellent service, congregation satisfaction.


Full Text:

PDF

References


Sumber Buku

Afifudin. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: Pustaka Setia.

Agama RI, K. (n.d.). Tuntutan Manasik Haji dan Umroh . Jakarta: Direktorat Jenderal Penyelenggara Haji dan Umroh.

Assauri, S. (2019). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Bungin, B. (2003). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Drs. Daryanto, & Setyobudi M.Pd, D. (2014). Konsumen dan pelayanan prima. Malang: Gava Medika.

Gerson, R. F. (2002). Mengukur kepuasan pelanggan. Jakarta: PPM.

H, M. (2009). Pengertian Haji dan Umroh. Jakarta: kementerian Agama kota Depok.

I nyoman Trisantosa, D. K. (2022). Pelayanan Publik Berbasis Digital. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Ismayanti, & Firdaus, A. N. (2019). Modul Pelayanan publik Digital: Pelatihan Kepemimpinan pengawas. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.

Jazuli, I. (2017). Buku pintar Haji dan Umroh. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Joko, P. S. (1991). Metode Penelitian (Dalam teori dan praktek). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

kasmir. (2010). Manajemen Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grasindo Persada.

Kasmir, D. (2017). Customer Services Excellent Teori dan praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Priansa, D. J. (2018). Manajemen Organisasi Publik. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Maprudin, A. (2020). Strategi pemasaran jasa haji dan umroh pendekatan teori dan praktik. Ciputat.

Mastanah. (n.d.). Filosofi Haji. Tangerang Selatan : UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Mulyadi. (2015). Implementasi kebijakan. Jakarta: Balai Pustaka.

Rahmayanty, N. (n.d.). Manajemen pelayanan prima. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Raya, M.A, P. A., & Mulia, M.A.Apu, D. S. (2003). Menyelami seluk-beluk ibadah dalam Islam. Jakarta: Prenada Media.

Salim, & Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Salim, & Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Subagyo, P. J. (1991). Metode penelitian (Dalam Teori dan Praktek). Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Susilawati, I, Sabrini A, & Setiawan, A, I. (2016). Implementasi Fungsi Manajemen dalam pelayanan bimbingan manasik haji di kelompok bimbingan ibadah haji, Tadbir. Manajemen dakwah, 1(2), 190-200.

Raya, M.A, P. A., & Mulia, M.A.Apu, D. S. (2003). Menyelami seluk-beluk ibadah dalam Islam. Jakarta: Prenada Media.

Usman, N. (2002). Implementasi berbasis kurikulum. Jakarta: Grasindo.

Zurinal Z, D., & M.Ag, A. (2008). Fiqih Ibadah, cet 1. Jakrta: UIN Syarif Hidayatullah.

Sumber Journal dan Website

Arofta. (2021). Keutamaan Ibadah dalam Islam yang benar dan lengkap. https://arofta.id/keutamaan-ibadah-dalam-islam/#ixzz7y1DkmC4i.

Azizah, K. (2022, 17 Februari Kamis). Pengertian Haji dan Umroh beserta dalilnya, pahami rukun hukum hingga waktunya . Retrieved from Merdeka.com: https://www.merdeka.com/trending/pengertian-haji-dan-umroh-beserta-dalilnya-pahami-rukun-hukum-hingga-waktunya.html

Barantum. (2022). Apa itu pelanggan? pengertian, jenis dan karakteristiknya. https://www.barantum.com/blog/pelanggan-adalah/.

Kurniawan, B. (2022). Kepuasaan Pelanggan: Pengertian, manfaat dan cara meningkatkannya. Komerce.id, https://komerce.id/blog/kepuasan-pelanggan-adalah/.

Parasuraman, A. (2002). The Behaviorial Consequenses of Service Quality. Jurnal of Marketing.

Pengertian Haji dan Umroh beserta dalilnya, pahami rukun, hukum hingga waktunya . (2020, 17 Februari Kamis). Retrieved from Merdeka.com: https://www.merdeka.com/trending/pengertian-haji-dan-umroh-beserta-dalilnya-pahami-rukun-hukum-hingga-waktunya.html

Ramdhoni, M. R., & A. H. (2022). Efektivitas Digitalisasi Pelayanan Pada Himpunan penyelenggara Umroh dan haji (HIMPUH) dalam Meningkatkan Layanan haji. Manajemen dakwah, https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/jmd/article/view/28083/11679.

Rachmawati, K. D. (2020, Oktober 30). Standar layanan prima (pengertian standar layanan prima. dimensi keunggulan atau kualitas layanan dan penyebab buruknya kualitas layanan. Retrieved Mei 10, 2023, from Unesa: http://kalinggadewirachmawati.blog.unesa.ac.id/standart-layanan-prima-pengertian-standart-layanan-prima-dimensi-keunggulankualitas-layanan-dan-penyebab-buruknya-kualitas-layananpertemuan-4.

Rifan Aditya. (2021, Februari 09). Retrieved Maret 29, 2023, from Suara.com: https://www.suara.com/news/2021/02/09/175201/apa-itu-implementasi-tujuan-dan-contoh-penerapannya?page=1

Rahadian, I. S. (2019). Mutu pelayanan Prima yang baik dan benar. Blog Unesa, http://septaindrarahardian.blog.unesa.ac.id/standar-mutu-pelayanan-prima-yang-baik-dan-benar.

Siadari, C. (2019, Januari 29). Retrieved Maret 30, 2023, from Pengertian Kepuasaan Pelanggan Menurut Para Ahli: https://www.kumpulanpengertian.com/2019/01/pengertian-kepuasan-pelanggan-menurut.html

Suwamo, J. S. (2016). Manajemen Pelayanan Jamaah Haji Kementerian Agama Kabupaten Kendal Tahun 2015. Semarang: Skripsi, UIN walisongo.

Susilawati, I, Sabrini A, & Setiawan, A, I. (2016). Implementasi Fungsi Manajemen dalam pelayanan bimbingan manasik haji di kelompok bimbingan ibadah haji, Tadbir. Manajemen dakwah, 1(2), 190-200.

KhazzanahTours.com. (n.d.). Retrieved April 01, 2023, from Khazzanah Tours dan Travel: https://khazzanahtours.com/15/profile

Binro RSI Sultan Hadlirin Jepara. (2014, January). Retrieved February Minggu, 2023, from https://binrohrsij.wordpress.com/2014/01/11/196/#:~:text=%E2%80%9CSebaik-baiknya%20manusia%20adalah%20yang,akan%20menghilangkan%20kesukarannya%20dihari%20kiamat.

Wikipedia. (2021). Ibadat. https://id.wikipedia.org/wiki/Ibadat.

Widagdo, B. (2012). Aqidah & Ibadah. Malang: UMM Press.

Sumber Skripsi

Yani, F. (2019). Analisis pelayanan prima (service excellence) terhadap kepuasan nasabah (studi pada PT. Bank Syariah Mandiri kantor cabang Padangsidimpuan . Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Prayogi , G. (2018). Analisis pengaruh pelayanan prima terhadap kepuasan pengguna jasa kereta penumpang di tinjau dari prespektif ekonomi Islam. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.




DOI: https://doi.org/10.15408/jmd.v12i1.39888 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Dakwah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

View My Stats

Copyright © 2015, JMD  (Jurnal Manajemen Dakwah), p-ISSN: 2338-3992, e-ISSN: 2797-9849

 

Indexed By:

Â