PENINGKATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM UPAYA MEMBANGUN BUDAYA HUKUM YANG HUMANIS DAN RELIGIUS DI KALANGAN REMAJA

ahmad munawaru zaman

Abstract


 

Pendidikan karakter merupakan suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa (YME), diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan sehingga menjadi manusia insan kamil. Pendidikan karakter bertujuan untuk membentuk individu yang bermoral, berkepribadian yang baik, berakhlak dan bermartabat melalui sistem Pendidikan.

Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan di SMK Mathlaul Anwar yang berlokasi di Jl. Raya Mauk Km.16, Buaran Jati, Kec. Sukadiri, Kabupaten Tangerang, Banten. Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dalam rangka memenuhi kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan oleh Dosen dan mahasiswa Program Studi Teknik Infirmatika, Fakultas Teknik Universitas Pamulang. Dosen dan Mahasiswa telah diberikan tugas sesuai perannya masing-masing.

Saat ini tidak dapat dipungkiri angka kenakalan remaja semakin meningkat seperti penyalahgunaan narkoba dikalangan remaja, aksi tawuran, pergaulan bebas, dan lain-lain. Oleh karena itu, Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman siswa/siswi SMK Mathlaul Anwar tentang Pendidikan karakter agar para siswa dapat menjadi lulusan yang memiliki intelektualitas tinggi dan juga memiliki karakter kuat sehingga dapat mengimplementasikan karakter tersebut dalam kehidupan sehari-hari dalam rangka mendukung terciptanya budaya hukum masyarakat yang humanis dan religius.

Pengabdian masyarakat dilakukan dengan metode penyuluhan, dimana tema penyuluhan yang diambil dalam kegiatan PKM ini adalah tentang peningkatan pendidikan karakter dalam upaya membangun budaya hukum yang humanis dan religius di kalangan remaja. Teknis penyuluhan dibagi atas dua bagian, yaitu melalui pemaparan materi dan tanya jawab/diskusi.

Setelah kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Ini diharapkan siswa/siswi SMK Mathlaul Anwar dapat lebih memahami tentang pentingnya karakter dalam kehidupan nyata sehingga mereka kelak akan menjadi pribadi-pribadi yang taat hukum dan memiliki jiwa humanis dan religius. Hasil kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini akan dipublikasikan dalam Jurnal dan akan dipublikasikan pada media online.

 

Kata Kunci : Pengabdian Masyarakat, Pendidikan Karakter, Universitas Pamulang


Full Text:

XML XML

References


DAFTAR PUSTAKA

BUKU

Aqib, Zainal, Pendidikan Karakter Membangun Perilaku Positif Anak Bangsa, Yrama Widya, . Bandung, 2011.

Doni Koesoema A. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Modern. Grasindo, Jakarta, 2007

Hamid, H dan Saebani, BA, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, CV. Pustaka Setia, Bandung, 2013.

Heri Gunawan, Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi, Alfabeta, Bandung, 2012

PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

ARTIKEL JURNAL

Hetty Tumurang, PKM Pengembangan Model Pendidikan Karakter pada SMA Kosgoro TomohonDAYA, SAINS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Volume 2 | Nomor 1 | April | 2019 diunduh dari http://ejournal.unima.ac.id/index.php/jds/article/view/1114/1056




DOI: https://doi.org/10.15408/jmd.v10i2.32286 Abstract - 0 XML - 0 XML - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Dakwah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

View My Stats

Copyright © 2015, JMD  (Jurnal Manajemen Dakwah), p-ISSN: 2338-3992, e-ISSN: 2797-9849

 

Indexed By:

Â