PENGARUH PERENCANAAN KEUANGAN, PENGETAHUAN WAKAF, MOTIVASI, PERSEPSI DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN WAKAF UANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perencanaan keuangan, pengetahuan wakaf, motivasi, persepsi, media sosial terhadap keputusan wakaf uang. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat beragama Islam. Sampel penelitian ini adalah masyarakat beragama Islam di DKI Jakarta, yang diambil dengan metode teknik pengambilan data dengan kuesioner atau yang disebut dengan instrumen penelitian Teknik pengolahan data menggunakan SPSS Versi 26 yaitu menggunakan analisis statistik, analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan keuangan memiliki nilai thitung -0,171 < ttabel 1,665, pengetahuan wakaf memiliki thitung 2,245 > ttabel 1,665, motivasi memiliki thitung 1.160 < ttabel 1,665, persepsi memiliki thitung 0,500 < ttabel 1,665, media sosial memiliki nilai thitung 2,659 > ttable 1,665 dan keputusan wakaf memiliki nilai fhitung 7.388 > ftabel 2,34.
Kata Kunci: Perencanaan Keuangan, Pengetahuan Wakaf, Motivasi, Persepsi,
Media Sosial, Wakaf Uang.
Full Text:
PDFReferences
Agusta, Adib. 2016.Skripsi “Analisis deskriptif tingkat literasi keuangan pada umkm di pasar kota bandar lampung” Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Alo liliweri, R.(2015). Pendidikan Multikultural: Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Addin, 7(1).
Alyusi, S. D. (2019). Media sosial: Interaksi, identitas dan modal sosial. Prenada Media.
Arifianto, W. (2013). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Distribusi Pendapatan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 1(3).
Badan Wakaf Uang Tunai Mui DIY. Panangkaran: Jurnal Penelitian Agama dan Masyarakat, 2(2), 249-262
Beik, I. S dan Arsyianti, L. D. (2016). Ekonomi Pembangunan Syariah, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Farid, D. (2016). The Waqf of Money as a Community Economic Empowerment Efforts. International Journal of Nusantara Islam, 4(2), 27-36
Fauzia, I, Y. (2014). Prinsip Dasar Ekonomi Islam Perspektif Maqashid al- Syariah. Kencana.
Fauziah, U. (2017). Survey Motivasi, Persepsi, Sikap, Religiusitas Wakif Kota Tangerang Selatan (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah.).
Fauziah, S., & El Ayyubi, S. (2019). Faktor-faktor yang Memengaruhi Persepsi Wakif terhadap Wakaf Uang di Kota Bogor. AL-MUZARA'AH, 7(1), 19-31.
Fuadi, N. F. Z. (2018). Wakaf Sebagai Instrumen Ekonomi Pembangunan Islam. Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 9(1), 151-177
Gunawan,Imam, Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik, (Jakarta: Bumi Aksara 2014),
Handayani, R. P., & Kurnia, T. (2015). Analisis Persepsi Masyarakat Kota Bogor terhadap Wakaf Tunai. Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam, 1(2).
Haura, A., Baga, L. M., & Tanjung, H. (2016). Analisys of Cash Waqf Management on Sharia Financial Service Cooperation (Analytical Network Process Approach). Jurnal Al-Muzara’ah, 3(1), 89-105.
Herawati, D. M. (2016). Penyebaran Hoax dan Hate Speech sebagai Representasi Kebebasan Berpendapat. Jurnal Promedia, 2(2).
Hujiriiman, B. (2018). Buku Ajar Hukumperwakafan di indonesia. Deepublish. Islamic Finance.
Indriani, P., & Darmawan, J. (2014). Pengaruh Tindakan Supervisi, perencanaan dan Kerjasama Terhadap Kinerja Auditor PT. Bank Negara Indonesia Tbk Palembang.
Ismail, H. F. (2018). Statistika untuk penelitian pendidikan dan ilmu-ilmu sosial. Kencana.
Junardi, A. Determinasi faktor yang mempengaruhi intensi masyarakat muslim Kota Yogyakarta dalam berwakaf uang (Bachelor's thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhmmdiyah Yogyakarta
DOI: https://doi.org/10.15408/jmd.v9i2.24952 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ahmadih Rojalih Jawab
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright © 2015, Jurnal Manajemen Dakwah, p-ISSN: 2338-3992, e-ISSN: 2797-9849
Indexed By: