PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN “LITTLE SCIENTIST” DALAM PEMBELAJARAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS ANAK USIA 4-5 TAHUN

Siti Nur Fadilah, Kartika Rinakit Adhe, Melia Dwi Widayanti, Eka Cahya Maulidiyah

Abstract


Kemampuan kognitif dan literasi sains anak sangat penting untuk dioptimalkan dan distimulasi dengan metode yang tepat. Tujuan yang akan dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah buku panduan little scientist dalam pembelajaran STEAM untuk meningkatkan kemampuan literasi sains anak usia 4-5 tahun serta mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari buku panduan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) atau research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Data berupa penilaian mengenai kevalidan, kepraktisan dan keefektifan buku panduan little scientist diperoleh dengan teknik angket atau kuesioner dan uji coba lapangan. Hasil data yang diperoleh dari uji coba kevalidan dari ahli materi menunjukkan nilai persentase sebesar 97,72% dan hasil perolehan presentase dari ahli media sebesar 98,52% sehingga termasuk dalam kategori sangat baik. Adapun penilaian kepraktisan dari  buku panduan little scientist dengan menggunakan ngain score memperoleh nilai rata rata n gain score yang didapat adalah 0,73 berada pada kriteria g > 0,7. Hal ini menunjukkan bahwa buku panduan little scientist memiliki kepraktisan tinggi sehingga buku panduan little scientist cocok digunakan untuk sumber belajar guru dalam pembelajaran literasi sains anak. Selain itu penilaian yang dilakukan untuk menguji keefektifan dengan menggunakan uji Wilcoxon mendapatkan hasil Asymp Sing (2-tailed) sebesar 0.000 sehingga P  <  0,05 atau 0.000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan  bahwa terdapat pengaruh buku panduan little scientist untuk meningkatkan kemampuan literasi sains anak usia 4-5 tahun. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa buku panduan little scientist dinyatakan memenuhi standar kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dalam menstimulasi kemampuan literasi sains anak pada usia 4-5 tahun. Pengembangan buku panduan little scientist dapat menjadi inovasi bahan ajar bagi guru TK dalam rangka menstimulasi kemampuan literasi sains anak.

Keywords


Buku Panduan, Literasi Sains Anak, Pembelajaran STEAM

Full Text:

PDF

References


Adriyawati, Erry Utomo, Yuli Rahmawati, and Alin Mardiah. 2020. “Steam-Project-Based Learning Integration to Improve Elementary School Students’ Scientific Literacy on Alternative Energy Learning.” Universal Journal of Educational Research 8(5):1863–73. doi: 10.13189/ujer.2020.080523.

Fuadi, Husnul, Annisa Zikri Robbia, Jamaluddin Jamaluddin, and Abdul Wahab Jufri. 2020. “Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 5(2):108–16. doi: 10.29303/jipp.v5i2.122.

MIFTAHUL RESKI PUTRA NASJUM. 2020. “ANALISIS PERSEPSI SISWA SMP DI BANDA ACEH TENTANG KEGIATAN LITERASI.” Kaos GL Dergisi 8(75):147–54.

Munawar, Muniroh, Fenny Roshayanti, and Sugiyanti Sugiyanti. 2019. “IMPLEMENTATION OF STEAM (Science Technology Engineering Art Mathematics) - BASED EARLY CHILDHOOD EDUCATION LEARNING IN SEMARANG CITY.” CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif) 2(5):276. doi: 10.22460/ceria.v2i5.p276-285.

Nelsen, Matthew P., Robert Lücking, C. Kevin Boyce, H. Thorsten Lumbsch, Richard H. Ree, Brendan P. Hodkinson, Steven D. Leavitt, Establecimiento Escuela, Normal Superior, Alta Gracia, Mocona Srl, Formulario Control, D. E. Sintomas Declaracion, A. Si, A. Si, A. Si, Bloque E. N. Casa, Daniel Lenox Fay, Sergio Franco Maass, and Yolanda Cruz Balderas. 2021. “PERMAINAN SAINS MELALUI KEGIATAN MENCAMPUR WARNA DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIE ANAK KELOMPOK A TK IT WILDANI SURABAYA.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 119(4):361–416.

Putri, Suci Utami, and Abdurrohman Ahmad Taqiudin. 2021. “Steam-PBL: Strategi Pengembangan Kemampuan Memecahkan Masalah Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(2):856–67. doi: 10.31004/obsesi.v6i2.1270.

Qonita. 2018. “Pengembangan Science Didactical Book Untuk Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini.” Perpustakaan.I 6(6):5–24. doi: 10.31004/obsesi.v6i5.2010.

Reza, Muhammad, S. Psi, M. Si, Melia Dwi Widayanti, M. Pd, Dewi Komalasari, S. Pd, and M. Pd. 2022. “PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PROGRAM PEMBELAJARAN LITERASI BACA-TULIS BAGI ANAK USIA DINI Aisyah Tsabitah Fatin Abstrak.” 11:126–35.

Shaffer, Justin F., Julie Ferguson, and Kameryn Denaro. 2019. “Use of the Test of Scientific Literacy Skills Reveals That Fundamental Literacy Is an Important Contributor to Scientific Literacy.” CBE Life Sciences Education 18(3). doi: 10.1187/cbe.18-12-0238.

Sumarno, Wahyu Kyestiati, Ali Shodikin, Adinda Aulia Rahmawati, Putri Dian Shafira, and Imro’atus Solikha. 2021. “Gerakan Literasi Sains Melalui Pengenalan STEAM Pada Anak Di Komunitas ‘Panggon Moco’ Gresik.” JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat) 6(2):702–9. doi: 10.21067/jpm.v6i2.5835.

Syahmani, Syahmani, Ellyna Hafizah, Sauqina Sauqina, Mazlini Bin Adnan, and Mohd Hairy Ibrahim. 2021. “STEAM Approach to Improve Environmental Education Innovation and Literacy in Waste Management: Bibliometric Research.” Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE) 3(2):130–41. doi: 10.23917/ijolae.v3i2.12782.

Twiningsih, Anik, and Evi Elisanti. 2021. “Development of STEAM Media to Improve Critical Thinking Skills and Science Literacy: A Research and Development Study In SD Negeri Laweyan Surakarta, Indonesia.” International Journal of Emerging Issues in Early Childhood Education 3(1):25–34.

University of central florida. 2023. “COMPARING STEM VS. STEAM: WHY THE ARTS MAKE A DIFFERENCE.” UCF ONLINE. Retrieved February 6, 2023 (https://www.ucf.edu/online/engineering/news/comparing-stem-vs-steam-why-the-arts-make-a-difference/).

Wahyuningsih, Sri. 2021. Literasi Sains Di Sekolah Dasar Jakarta 2021. Jakarta.

Widayanti, Melia, Dewi Komalasari, and Ruqoyyah Fitri. 2023. “Pelatihan Penyusunan Kegiatan Pembelajaran Berbasis Literasi Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Guru Paud Di Kecamatan Prigen.” Transformasi Dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(1):14–18. doi: 10.26740/jpm.v3n1.p14-18.

Widayati, Jeni Roes, Rien Safrina, and Yetti Supriyati. 2020. “Analisis Pengembangan Literasi Sains Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1):654. doi: 10.31004/obsesi.v5i1.692.

Zahro, Ifat Fatimah, Ayu Rissa Atika, and Sharina Munggaraning Westhisi. 2019. “Strategi Pembelajaran Literasi Sains Untuk Anak Usia Dini.” Jurnal Ilmiah Potensia 4(2):121–30. doi: 10.33369/jip.4.2.121-130.




DOI: https://doi.org/10.15408/jece.v5i1.32850 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

CrossRef CrossRef Garuda dimension sinta


 

Creative Commons License


© Copyright CC-BY-SA

web analytics View My Stats

JECE, p-ISSN: 2686-2492 e-ISSN: 2715-8918