THE ROLE OF EDUCATORS IN PREVENTING PSYCHOLOGICAL VIOLENCE IN GRADE 1 CHILDREN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2(1), 18–25.
Anggraeni, G. N., & Nurabadi, A. (2016). Implementasi Peran KepalaTaman Kanak-Kanak (TK) Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Managemen Pendidikan,.
Anggraini, T., & Maulidya, E. N. (2020). Dampak Paparan Pornografi Pada Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 45–55. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6546
Asti, I. (2017). Strategi Pengembangan Moral dan Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 51–64.
Hasanah, U., & Raharjo, S. T. (2016). Penanganan Kekerasan Anak Berbasis Masyarakat. Share : Social Work Journal, 6(1). https://doi.org/10.24198/share.v6i1.13150
Irfan Nazwa, A. S. (2017). Situation Analysis of Child Labor in Commercial Areas of Islamabad City. International Journal Of Academic Research In Business And Social Sciences, 7(2), 466–476. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v7-i2/2021
Ivo Noviana. (2015). Kekerasan Seksual Terhadap Anak: Dampak Dan Penanganannya Child Sexual Abuse: Impact and Hendling. Sosio Informa, 1(1), 14. http://ejournal.kemsos.go.id/index.php/Sosioinforma/article/download/87/55
Justicia, R. (2016). Program Underwear Rules Untuk Mencegah Universitas Pendidikan Indonesia Masa dini sering penyerapan informasi yang sangat proses Komnas tersebut jauh melebihi kenyataannya. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 217–232.
Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran. Al Murabbi, 3(1), 69–80. http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/893
Lon, Y. S., & Widyawati, F. (2017). Lingkaran Kekerasan terhadap Anak dalam Masyarakat Manggarai. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10, 12–20.
Maqbulah, A. (2021). Kajian Referensi tentang: Biaya Pendidikan Mandiri yang Berorientasi pada Mutu. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 354–359. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.279
Miftakhul Jannah. (2020). Studi Deskripsi : Perekonomian Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus Terhadap Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. SPECIAL : Special and Inclusive Education Journal, 1(1), 49–58. https://doi.org/10.36456/special.vol1.no1.a2293
Mulyadi, Y. B. (2019). Peran Guru Dan Orangtua Membangun Nilai Moral Dan Agama Sebagai Optimalisasitumbuh Kembang Anak Usia Dini. DUNIA ANAK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 70–78. https://doi.org/10.31932/jpaud.v1i2.389
Natari, R., & Suryana, D. (2022). Penerapan Nilai-Nilai Agama dan Moral AUD Selama Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3659–3668. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1884
Olinda, Y. (2021). Hubungan Antara parenting syle, tingkat pengetahuan orang tua tentang pendidikan seksual (underwear rules) dengan pencegahan child sexual abuse di perum …. Jurnal Kesehatan, 10(1), 38–49. https://doi.org/10.37048/kesehatan.v10i2.366
Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9–19.
Pratiwi, J. C. (2015). Sekolah Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus : Tanggapan Terhadap Tantangan Kedepannya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi,” November, 237–242. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pip/article/download/7725/5551
Prayoga, A., & MUryanti, E. (2021). Peran Guru Dalam Pengenalan Literasi Digital Pada Anak Usia Dini Pada Masa Covid-19 Di Tk Se-Kecamatan Pauh Duo. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 11–22. https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas/article/view/7538
Probilla, S. M., Najemi, A., & Prayudi, A. A. (2021). Legal Protection for Children Victims of Sexual Violence. PAMPAS: Journal of Criminal Law, 2(1), 30–44.
Pulis, A. (2018). Mixed methods research on the role of pupils as assessors in quality assurance of schools in Malta. Management in Education, 32(1), 40–47. https://doi.org/10.1177/0892020617748152
Roemintoyo, R., & Budiarto, M. K. (2021). Flipbook as Innovation of Digital Learning Media: Preparing Education for Facing and Facilitating 21st Century Learning. Journal of Education Technology, 5(1), 8. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32362
Septiani, R. D. (2021). Pentingnya Komunikasi Keluarga dalam Pencegahan Kasus Kekerasan Seks pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 50–58. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/40031
Setiawan, D. (2021). Tindak Pidana Terkait Kekerasan Seksual Terhadap Anak Dalam Perspektif Perlindungan Anak Dibawah Umur 5 Tahun. Legal Spirit, 4(2), 1–10.
Sudrajat, R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Project Citizen Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PPKn SMA di Kota Semarang (Studi Eksperimen Mata Pelajaran PPKn Kurikulum 2013). Jurnal Pancaran, 5(1), 29–44. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/2601
Trisnawati, W., & Sugito, S. (2020). Pendidikan Anak dalam Keluarga Era Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 823–831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.710
Utami, P. N. (2018). Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak dalam Perspektif Hak Atas Rasa Aman Di Nusa Tenggara Barat. Jurnal HAM, 9(1), 1. https://doi.org/10.30641/ham.2018.9.1-17
Widayanti, W. P., Armawi, A., & Andayani, B. (2018). Wawasan Kebangsaan Siswa Sekolah Menengah Atas Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa (Studi Pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Umum Berasrama Berwawasan Nusantara, SMA Umum Di Lingkungan Militer Dan SMA Umum Di Luar Lingkungan Militer Di K. Jurnal Ketahanan Nasional, 24(1), 1. https://doi.org/10.22146/jkn.32229
Yunita, H., Meilanie, S. M., & Fahrurrozi, F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Pendekatan Saintifik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 425. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.228
Zahirah, U., Nurwati, N., & Krisnani, H. (2019). Dampak Dan Penanganan Kekerasan Seksual Anak Di Keluarga. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 6(1), 10. https://doi.org/10.24198/jppm.v6i1.21793
DOI: https://doi.org/10.15408/jece.v4i2.32156 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
© Copyright CC-BY-SA JECE, p-ISSN: 2686-2492 e-ISSN: 2715-8918 |