Religious Humanism Synergy to Develop Creative Industry-Based Halal Tourism in Indonesia
Abstract
This study aims to propose a halal tourism model by adopting religious humanism integrated with the creative industry as a baseline. This is a legal study with a statutory approach, relying on various laws and regulations as the primary data, including MUI’s fatwas. This study found that religious humanism can be integrated into the development of the halal tourism industry based on creative industries, with Regional Regulations (Perda) as the guideline. The integration of religious humanism in development is possible with the participation of all stakeholders. This is because the development of halal tourism is not merely about tourism objects but also the community. In this case, religious people easily accept the idea and are willing to participate as long as the integration is structured.
Keywords
References
Bahardeen, F. (2019). Mastercard-Crescent Rating Global Muslim Travel Index 2019. Crescent Rating
Kemenparekraf/Baparekraf RI, potensi pengembangan wisata halal di Indonesia, Kemenparekraf.go.id, 14 Agustus 2021
Andi Fariana. (2016). Hukum Islam Sebagai the Living Law Dalam Meminimalisasi Dampak Negatif Pariwisata di Pulau Lombok bagian Utara, Jurnal of Islamic Law, Vol. 15, no. 2.p.163-334
Undang Undang Nomor 10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan, https://jdih.Kemenparekraf.go.id Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Siaran Pers HM.4.6/133/SET.M.EKON.3/06/2021, Pemerintah Dorong Pengembangan UMKM dan Pariwisata Halal untuk bangkitkan Perekonomian Lokal, 03 Juni 2021
Woro Swesti. (2019). Dampak Pariwisata Terhadap Kondisi Sosial Budaya Masyarakat Di Banda Aceh, Jurnal Kepariwisataan Indonesia 13 (2).p. 49-65
Andi fariana, Urgensi fatwa MUI di dalam Pembangunan Sistem Hukum Ekonomi Islam di
Indonesia, Al Hikam: Jurnal Hukum dan Pranata Sosial 12 (1), 87-106, 2017
Husna Amin. (2013). Aktualisasi Humanisme Religius Menuju Humanisme Spritual Dalam Bingkai Filsafat Agama, Jurnal Substantia, Vol. 15, No. 1
Jaelani,A. (2017). Halal Tourism Industry in Indonesia: Potential and Prospects. International Review of Management and marketing, 7 (3), 25-34
Andriani, D,. K.A., dkk. (2015). Kajian Pengembangan Wisata Syariah. Kementrian Pariwisata Republik Indonesia
Ratnasari, R.T. (2020). Halal Tourism Based on Value Creation. Al-Uqud: Journal of Islamic Economics, 4(2), 268-284, https://doi.org/10/26740/al-uqud.v4n2,p268-284
DSN-MUI. (2016). Fatwa Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia No. 108/DSN-MUI/X/2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata Berdasarkan Prinsip Syariah. Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia, https://ubico.id.2019/02
DSN-MUI. (2016). Fatwa Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia No. 108/DSN-MUI/X/2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata Berdasarkan Prinsip Syariah. Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia
Undang Undang Nomor 24 Tahun 2019 tentang Ekonomi Kreatif. Peraturan.bpk.go.id
Isna Rifka, Pengertian ekonomi kreatif dan hubungannya dengan Industri kreatif, Kompas.com, 30 Desember 2021
Caria Ningsih, Sinergitas Industri Kreatif Berbasis Pariwisata dengan Strategi Pembangunan Industri Nasional Menuju Globalisasi, Jurnal Manajemen Resort & Leisure, Vol.11., No. 1, April 2014
Kemenparekraf, Panduan Potensi Pembangunan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kemenparekraf.go.id, 28 Mei 2022
Koran Sindo, Potensi besar ekonomi kreatif, ekbis.sindonews.com, 07 Juni 2021
Hiru Muhammad, Tiga Komponen bangkitkan Pariwsata dan industry kreatif, republika.co.id, 12 November 2020
I Ketut Muka Pendet, Ni Made Rai Sunarini, Produk Industri Kreatif Sebagai Penunjang Pariwisata, makalah Seminar Nasional Sandyakala, 2019, https://eproceeding.isi-dps.ac.id
Yudha Manggala P Putra, Industri Kreatif Digital Perkuat Identitas Bangsa, Republika.co.id, 07 Desember 2016
Nugraha Sitanggang, Tehnologi digital solusi industry kreatif Indonesia demi capai era yang baru, agribisnis.co.id, diakses pada 1 Agustus 2022
Undang Undang Republik Indonesia Nomor 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, 17 Oktober 2014, https://halal.go.id
Peraturan Pemerintah Nomor 39 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Jaminan Produk Halal , 2 Februari 2021, https://jdih.setkab.go.id
Titi Wahyuni, Wisata Syariah Dalam Upaya Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Potensi Lokal, Jurnal Ar Rehla: journal Of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling and Creative Economy, Vol. 1, issue 2, November 2021
Ajeng Saraswati, Mengenal Dasar Dasar Humanisme Religious, Kompasiana.com, 26 Mei 2017
Kamus Besar Bahasa Indonesia: humanis adalah orang yang mendambakan dan memperjuangkan terwujudnya pergaulan hidup yang lebih baik berdasarkan pada perikemanusiaan, pengabdi kepentingan sesama umat, sedangkan religius-bersifat religi artinya bersifat keagamaan
Imam Mukhyidin, Analisis Konsep Pendidikan Islam Humanisme Religius Menurut Abdurrahman Mas’ud,Jurnal Millah, Vol. 20, No. 1, Agustus 2020
Akilah Mahmud, Insan Kamil Perspektif Ibnu Arabi, Jurnal Sulesana jurnal wawasan keislaman, Vol. 9 No. 2, 2014
Psikologi Islam-Jiwa Manusia, fpscs.uii.ac.id, diakses pada 17 Juni 2022
Tyas palupi, Dian ratna Sawitri, Hubungan natara sikap dengan perilaku pro-lingkungan ditinjau dari perspektif theory of planned behavior,proceeding Biology Education Conference, Vol 14, Nomor 1, hlm 214-217
DOI: 10.15408/aiq.v14i2.28354
Refbacks
- There are currently no refbacks.